24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Musibah Mina : Haji Itu Sabar
M

Kategori -

Oleh: Ahmad Baraas

Di pelataran Masjidil Haram terpampang layar monitor berukuran tinggi sekitar dua meter dan lebar tiga meter. Di dalamnya tertulis pesan nasihat dari berbagai bahasa yang isinya mengatakan bahwa haji itu adalah sabar. Layar monitor tersebar di berbagai titik di kawasan itu.

Apa kaitan sabar itu dengan musibah Mina dalam pelaksanaan ibadah haji 1436 H yang menewaskan ratusan orang dan ratusan lainnya terluka. Bahwa peristiwa itu juga berawal dari ketidaksabaran. Sabar dapat dikaitkan dengan upaya menata hati, menahan diri agar tidak melanggar aturan. Sabar berbuah pada disiplin dan menaati aturan yang berlaku.

Ibadah haji memang bertujuan memupuk kesabaran, maka pelaksanaanya mulai dari persiapannya sampai pada pelaksanaan manasiknya haruslah dilakukan dengan cara-cara yang sabar juga. Ayat Al Quran di dalam surah Albaqarah ayat 153-158 mengaitkan sabar dengan haji dan umroh. Sabar dapat menjadi penolong bagi orang-orang yang beriman.

Bahkan dalam pelaksanaan kurban yang erat kaitannya dengan ibadah haji, Nabiullah Ismail AS ketika hendak dikorbankan, kepada Nabi Ibrahim dia mengatakan bahwa kelak Ibrahim mendapatinya sebagai orang yang sabar. Intinya berhaji itu adalah perjuangan seseorang menjadi orang yang sabar.

Kaitan ibadah haji dengan sabar sudah dimulai dari sejak persiapan mendaftar haji. Di Indonesia, hampir di seluruh tanah air calon jamaah haji harus bersabar menunggu antrean lebih dari 19 tahun agar dapat kesempatan berhaji. Melewati pemeriksaan haji dengan sejumlah tes kesehatan dan menerima tamu yang bertandang ke rumah juga harus bersabar melewati kelelahannya.

Begitu pula dalam perjalanan mulai dari embarkasi sampai Mekkah harus bersabar menunggu giliran diangkut kendaraan. Begitu juga saat bertawaf dan sai umroh, jamaah haji harus bersabar menjalaninya, sesuai dengan tertib rukun atau urutan-urutannya. Tidak boleh karena ingin cepat selesai, jamaah haji melompati salah satu tahapan ritual haji. Misalnya langsung wukuf di Arofah tanpa melakukan umroh haji untuk haji tamattu atau tidak melakukan towaf qudum untuk ifrad.

Agar ibadah hajinya sah, para haji harus tertib, mengikuti tahapan haji sesuai dengan urutan-urutan yang berlaku. Melewati ritual haji yang panjang itu, seyogyanya sudah tumbuh sikap disiplin, bahkan walaupun tahapan pelaksanaan ibadah haji belum selesai.

Bila dikaitkan dengan musibah jamaah haji yang tewas karena terinjak-injak di Mina menjelang jamarat, juga karena sikap kurang disiplin memenuhi imbauan jadwal melontar di Mina. Sebagaimana diketahui, Pemerintah Saudi sudah membuat jadwal yang membagi waktu melempar yakni sore hari bagi jamaah haji Asia Tenggara dan mereka melempar dari lantai tiga, begitu juga untuk jamaah haji asal negara lainnya mendapat waktu dan tempat yang berbeda. Penetapan jadwal dan lokasi melempar sudah melalui simulasi komputer dan semestinya tidak terjadi crash atau ada jamaah haji yang bertabrakan bila tidak melanggar ketentuan.

Tetapi sekali lagi musibah Mina sudah terjadi. Apa pun alasannya, kejadian itu telah menjadi tulisan atau takdir Allah dan para hujjaj yang syahid akan mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -