27 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Muhammad Muazri Fazil juara 3 Nasional di ajang FSL2N
M

PAYAKUMBUH,Beritasumbar.com– Siswa kelas IX SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Boarding School (ICBS), Muhammad Muazri Fazil berhasil mempersembahkan juara 3 Tingkat Nasional dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Ia menjadi satu-satunya perwakilan dari Sumatera Barat untuk mengikuti festival bergengsi tersebut.

Keberhasilan Fazil dimulai ketika ia sukses menyebet juara 1 FLS2N tingkat provinsi yang digelar bulan Juli 2016 lalu. Setelah itu, ia digadang-gadang untuk mengikuti FLS2N Tingkat Nasional untuk bertarung dengan 34 peserta lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah. Semua ini karunia dan berkah dari Allah SWT. Terima kasih sebesar-besarnya kepada ustadz-ustadz yang telah mendidik ana (saya) hingga menghantarkan sampai mendapat juara,” ujar Fazil kepada wartawan di Pesantren Terpadu ICBS, Sabtu (8/10).

Perlombaan selama dua hari tersebut diselenggarakan di di Hotel Aston Jakarta pada tanggal 5-7 Oktober 2016. Fazil ditemani langsung oleh kepala sekolah SMP IT ICBS Ustadz Zulherman Syafril, S.PdI dan Waka Kesiswaan Ustadz Penggiyunizal, S.PdI.

Dirjen Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) menilai, sebenarnya nilai Fazil tak jauh beda dengan peserta yang meraih peringkat satu dan dua. Sebenarnya Fazil lebih unggul dalam kreativitas ide. Hanya bakat dari Fazil perlu diasah lebih dalam.

“Fazil ini anaknya kalem. Pembawaannya santai. Waktu dia juara 1 tingkat provinsi, tidak ada yang menyangka. Kami melihat bakatnya besar. Apalagi orangnya fear dan kesungguhan belajarnya tinggi,” papar Kepala Sekolah SMP IT ICBS, Zulherman Syafril.

Menurutnya, capaian Fazil di ajang bergengsi FLS2N ini sangat berharga. Menurutnya, Fazil membuktikan bahwa remaja Minang punya kreativitas tinggi yang belajar dari konsep “alam takambang jadi guru”.

“Melalui Cipta Seni ini
kita mengajarkan anak-anak bagaimana menghargai alam. Karena yang di usung dalam tema lomba ini adalah mengenal lingkungan dan alam sekitar. Mereka diminta menciptakan lomba yang terinsipirasi dari alam sekitar,” jelas Zulherman.

Zulherman berjanji akan lebih serius menggarap bakat anak-anaknya di bidang kreatifitas seni. Menurutnya, sayang sekali jika para siswa yang memiliki bakat luar biasa tersebut tidak difasilitasi dan dilatih oleh pihak sekolah.

“Melalui FSL2N inilah anak-anak disalurkan bakat seninya hingga ke tingkat nasional. Mereka dilatih berkreasi dan berinovasi, menciptakan daya kritis, dan cara komunikasi yang baik,” pungkas Zulherman.(ICBS)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -