Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Payakumbuh gelar bakti sosial dalam rangka HUT ke 44 PPNI. Jumat 16/3 pagi bertempat di pelataran parkir Ngalau Indah Payakumbuh berbagai kegiatan sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis.

Antusias warga untuk memeriksakan kesehatannya, seperti periksa gula darah dan cek tekanan darah terlihat antri menunggu giliran.

Yarni Kumala Sari, 33 Tahun, pegawai Dinas Koperindag, warga Kubu Gadang Utara, Kota Payakumbuh misalnya, Ia mengatakan, ” sangat senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan PPNI ini. Informasi acara ini saya dapatkan barusan dari kantor dan saya langsung kesini untuk periksa gula darah,” katanya.

Yarni berharap, “semoga kegiatan ini dapat diselenggarakan tiap tahun oleh PPNI, sebagai wujud profesi yang dekat dengan masyarakat,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan media ini, jumlah total warga yang ikut periksa tekanan darah dan periksa gula darah sebanyak 129 orang. Dan, yang mendapatkan penyuluhan kesehatan tentang penyakit kronis hampir 300 orang.

Kegiatan PPNI tersebut juga melibatkan BPJS Kesehatan. Customer Service Mobile dari BPJS juga hadir memberi penyuluhan dengan mendirikan posko bergabung bersama PPNI.

“PPNI adalah mitra BPJS Kesehatan, kami sangat mendukung program penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini, maka dari itu kami juga ikut hadir bersama-sama disini memberikan pencerahan kepada masyarakat, ” kata Asfurina, Kepala Kantor (Pjs) BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh.

Saat pembukaan acara, Erwin Yunaz wakil walikota Payakumbuh apresiasi kegiatan bakti masyarakat PPNI, dan beliau juga mengucapkan selamat ulang tahun PPNI ke – 44 Tahun.

“Perawat adalah profesi terbanyak di kesehatan, jika PPNI bergerak tentunya menjadi dukungan yang bagus untuk kesehatan masyarakat. Saya ucapkan selamat ulang tahun PPNI ke-44 tahun kepada seluruh Perawat yang ada di Kota Payakumbuh,” katanya memberikan sambutan.

“Kita sangat senang bakti masyarakat PPNI dalam rangka hari ulang tahun PPNI ke-44 ini berjalan lancar, dan mendapat sambutan baik dari masyarakat dan pemerintah,” ungkap Ns.Vanda Sandriana, S.Kep selaku ketua PPNI Kota Payakumbuh.

“Tadi, ada sekitar 2 orang warga yang gula darahnya lebih dari 300 mg/dl dan kita sudah beri penyuluhan tentang pola hidup sehat, serta menganjurkan selalu memeriksakan kesehatan ke pelayanan kesehatan terdekat,” tambahnya.

Terakhir, Vanda mengucapkan, “terima kasih pada masyarakat, pemerintah, rekan media massa, dan stakeholder yang telah hadir dan ikut peduli terhadap kesehatan dengan secara sukarela berpartisipasi senam bersama, serta memeriksakan gula darah, kolesterol , dan tekanan darah bersama Perawat di Ngalau Indah,” tutupnya.(*)

loading...