26 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Mahasiswa Minang Se-Jabodetabek Adakan Pertemuan di Taman Ismail Marzuki
M

Kategori -

Jumat (3/4), Keluarga Besar Mahasiswa Minang (KBMM) adakan kegiatan “ Temu Mahasiswa Minang se-Jabodetabek “. Pertemuan yang berlansung di Taman Ismail Marzuki ini dihadiri oleh pengurus KBMM, mantan pengurus KBMM, Serta mahasiswa minang yang berkuliah di UI, dan IPB.

PJS Ketua umum KBMM Budi Pratama mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang rutin dilakukan KBMM yang bertujuan untuk menghimpun aspirasi dari mahasiswa minang yang ada di sumbar ataupun yang berada di rantau terkait kondisi Negara Indonesia secara umum dan minangkabau/Sumatera Barat secara khusus.

Pertemuan ini berjalan dengan suasana yang penuh keakraban, dimulai dengan makan siang dan berlanjut dengan agenda diskusi hingga menjelang magrib. Dalam pertemuan ini pengurus KBMM mengawali diskusi dengan memaparkan beberapa kondisi terkini ranah minang, mulai dari kondisi pendidikan, ekonomi ,social budaya , hingga mulai semaraknya Suasana Menjelang Pilkada yang akan berlansung tahun ini di Sumatera Barat. Peserta terlihat sangat antusias terbukti dengan banyaknya pertanyaan , tanggapan dan saran yang keluar dari peserta pertemuan ini.

“Sumatera Barat memilki potensi SDA dan SDM yang tidak kalah jauh dari propinsi lain, untuk itu masyarakat Sumbar butuh Pemimpin yang cerdas dan mampu memicu kreativitas masyarakat Sumbar untuk mengelola atau mengembangkan potensi yang ada di Sumbar “, ungkap Nuri mahasiswa minang yang saat ini Berkuliah di Universitas Indonesia.

“Siapapun Gubernur Sumbar yang terpilih nanti, hendaknya gubernur tersebut mesti lebih fokus dalam pemerataan pembangunan serta infrastruktur sebagai sarana penunjang kesejahteraan dan memudahkan transportasi keluar dan masuk Sumatera Barat“, ujar Inda mahasiswi yang saat ini berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kemudian pada pembahasan “kriteria pemimpin ideal Sumatera Barat” Efri Yunaidi mantan ketua KBMM yang saat ini sedang melanjutkan studinya di Pasca sarjana Univesitas Indonesia berpendapat “pemimpin Sumatera Barat berikutnya hendaklah orang yang memahami falsafah & adat istiadat minangkabau, serta memiliki perencanaan pembangunan yang jelas untuk Sumatera Barat kedepan. Yang tidak kalah pentingnya dia juga orang yang mampu mengikutsertakan perantau dalam setiap upaya peningkatan kesjahteraan masyarakat Sumatera Barat.”

Dalam bahasan lain peserta pertemuan ini juga mengapresiasi kegiatan pertemuan ini dan berharap akan ada pertemuan-pertemuan lain lagi yang dapat melibatkan mahasiswa minang lebih banyak lagi. Rekan-rekan mahasiswa minang ini juga meminta KBMM dapat memantau jalannya Pilkada ini agar berjalan dengan lancar dan tidak merusak tatanan berkehidupan serta budaya minangkabau. Mereka juga merharap KBMM dapat menjadi sarana penghubung antara para mahasiswa di rantau dengan masyarakat minang secara umum dan khususnya dengan pemerintahan Sumatera Barat.

Sebelum sesi penutupan sekretaris KBMM M.Syukur, menyampaikan beberapa rencana kegiatan KBBM kedepan, diantaranya akan diselenggarakannya sarasehan Mahasisswa Minang yang direncanakan dalam beberapa bulan kedepan. Beliau Juga berharap keterlibatan rekan-rekan mahasiswa yang berkuliah di rantau untuk dapat hadir dan menyukseskan acara tersebut.

Menjelang magrib, Budi Pratama selaku PJS Ketua KBMM menutup pertemuan ini dengan mengucapkan terimakasih dan memohon maaf kepada rekan mahasiswa yang sudah hadir dan meminta rekan-rekan mahasiswa minang yang belum berkesempatan hadir untuk dapat hadir dalam kegiatan-kegiatan KBMM lainnya.

 

Sumber: Public Relation KBMM
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -