31 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Liburan Di Kampus Unand
L

Kategori -
- Advertisement -

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

Padang,Beritasumbar.com,–  Rutinitas pekerjaan yang dilakukan setiap memang melelahkan dan menyita waktu. Sebagian orang, sangat susah mencari waktu untuk sekedar bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Apalagi waktu akhir pekan terbilang hanya satu atau dua hari saja sehingga waktu tersebut terkadang hanya digunakan untuk beristirahat ataupun bersih-bersih rumah saja. Disatu sisi, anak-anak ingin menikmati liburan dan keluar dar rasa bosan didalam rumah saja. Biasanya untuk moment seperti harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Berbicara liburan diakhir pekan, meskipun tidak bisa terlalu jauh sperti ke Bukittinggi, Alahan panjang ataupun kawasana mandeh khususnya masyarakat yang berada dikota Padang masih bisa menikmati suasana liburannya bersama keluarga. Salah satunya ya itu di Universitas Andalas.

Upzz.. kampus kok dijadikan tempat liburan? Tunggu dulu sanak.. Universitas Andalas atau disebut juga dengan Unand menyajikan berbagai lansekap yang memanjakan mata yang bisa dinikmati semua orang. Kampus dengan Peringkat Sepuluh Besar Perguruan Tinggi Terbaik Nasional Versi THE WUR 2024 ini setiap tahun selalu berbenah diri menjadi kampus yeng terkemuka dan bermartabat berkelas dunia. Tentunya dengan berbagai pembangunan baik sarana dan prasarana dalam menunjang tujuan tersebut.

Nah sanak semua, berdasarkan catatan pribadi ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berliburan dengan keluarga. Diantaranya yaitu :

1.    Gedung Rektorat Unand

Gedung yang didesain layaknya markas Power rangers ini memiliki daya tarik tersendiri. Biasanya setiap sore mahasiswa akan bersantai ria sambil menikmati pemandangan kota Padang dan melihat matahari terbenam dari ketinggian. Lalu lalang mahasiswa yang jogging atau sekedar jalan santai menambh suasana ramenya sore hari.

Pada hari Sabtu atau Minggu, terkadang ini menjadi titik kumpul yang sengaja dikunjungi. Meskipun hanya sekedar berfoto ria ataupun mnghilangkan penatnya seharian belajar di kelas.

2.    Penangkaran Rusa Fakultas Peternakan

Ini merupakan spot Favorit anak-anak yang wajib dikunjungi. Spot ini memang agak tersembungi tepatnya terletak dibelakang kampus Politeknik Negeri Padang. Jika kita sudah sampai di Politeknik, nanti lurus mengambil jalan kek kiri pada saat pertigaan, jika arah sebelah kanan itu jalan menuju lahan percobaan. Nanti disana terdapat gerbangnya dan langsung masuk. Biasanya rame pada hari minggu dan didominasi oleh anak-anak.

Disana kita bisa memberikan makan langsung para rusa dan kancil. Meskipun beberapa ekor namun sudah bisa membuat sikecil bahagia. Bisa juga memperkenalkan sapi-sapi yang ada disana. Untuk kesana semuanya tidak dipungut biaya alias gratis.

3.    Mushola Batu Fakultas Pertanian

Mushola mungil yang terletak diujung lahan percobaan fakultas Pertanian ini dikenal dengan mushola batu karena disusun dengan bongkahan batu-batu yang lumayan besar. Untuk kesini kita harus melewati kebun percobaan yang masuknya dekat politeknik yang berbelok ke kiri. Bisanya sabtu dan minggu ini sangat banyak dikunjungi. Disini juga bisa melihat kota Padang dan matahari terbenam.

4.    Patung Sapi Fakultas Peternakan

Terdapat dua patung sapi si mental yang pertama dipinggir jalan belakang Fakultas Peternakan dan satu lagi di depan fakultas Peternakan atau didepan Perpustakaan Unand. Bagi anak-anak, ini merupakan sesuatu yang unik sehingga banyak yang berfoto dan sekedar mengenalkan bentyuk sapi pada anak-anak

5.    Jalanan Rindang

Unand memang menawarkan Susana yang begitu asri. Pohon –pohon disepanjang jalan memberikan suasana yang menyejukkan. Setiap sore jalanan ini akan penuh dengan orang yang melakukan jogging ataupun jalan santai. Jalanan ini tidak pernah sepi apalagi di hari minggu pagi.

Jalanan rindang ini juga terbilang unik, pada waktu tertentu pohon-pohon akan menggugurkan daunnya sehingga bagi para pemburu foto aestetik spot ini tidak akan pernah tertinggal dan bgitupun pada waktu bermunculan langi kuncupnya seolah-olah seperti disebuah negeri yang berbeda.

Selain itu, jalanan ini juga sering diabadikan dalam pengambilan video lagu-lagu minang atau kegiatan lainnya.

6.    Lapangan Panjat Tebing

Lapangan ini terletak di depan laboratorium sentral, biasanya disini banyak mahasiswa atau masyarakat yang menghabis kan waktu untuk bermain bulutangkis, ataupun mengajarkan anak-anak bersepeda. Selain itu juga bisa menikmati matahari terbenam dan perkampungan Batu Busuk.

7.    Wahana melukis

Wahana melukis hanya terdapat pada hari minggu saja sekitar jam 8 hingga jam 11 siang. Disela lari-lari pagi, sanak juga bisa menemani buah hatinya untuk menyalurkan imajinasi dan hobbi. Biasanya disini harganya tidak terlalu mahal hanya 10.000 sampai 15.000 saja.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img