21 C
Padang
Selasa, September 26, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lama Menentukan Pasangan, Pengamat: Politik Bukan Matematika
L

- Advertisement -

Payakumbuh-Lamanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menentukan pasangan Riza Falepi definitif, menurut Pengamat Politik The Indonesian Institute Benni Innayatullah boleh jadi karena PKS masih masih berharap ada partai lain mendukung tanpa syarat. Dengan dukungan tanpa syarat itu PKS bisa memasangkan Riza dengan kader sendiri.

“Hal ini tentu tak lepas dari strategi PKS jangka panjang bila riza terpilih lagi maka untuk periode selanjutnya wakil Riza yg dari PKS diskenariokan bisa menggantikan Riza utk periode selanjutnya”, kata Benni.

Putera asli Luak Limopuluah ini melihat kepercayaan diri PKS yang sedemikian besar. Menurutnya hal itu mungkin datang dari hasil survei saat ini yang menunjukkan elektabilitas Riza begitu tinggi melewati bakal calon lainnya.

“Survei memang sangat membantu kandidat untuk mengukur kekuatan diri dan lawan sekaligus menentukan strategi kedepannya. Namun survei tampaknya juga berhasil mematahkan semangat bakal calon untuk bertarung seperti yang terlihat di Payakumbuh”, lanjut Benni.

Kepada Beritasumbar.com, ayah dari tiga orang anak ini memaparkan, bakal calon walikota harusnya paham bahwa hasil survei saat ini adalah gambaran pilihan warga saat ini pula, belum tentu pilihan sama akan terjadi pada Pilkada mendatang.

Politik bukan matematika, kerja politik adalah seni meyakinkan pemilih. Karena itu seharusnya bakal calon walikota payakumbuh tidak terpaku pada hasil survei saat ini melainkan fokus untuk melakukan kerja-kerja politik yang kreatif dan inovatif untuk meyakinkan pemilih sehingga pilihan masyarakat bisa berubah.

“Sebagai contoh bahwa politik itu bukan matematika, bisa dihat ketika pilgub DKI 2012 silam pada awalnya pasangan Foke-nara menurut survei bulan April dipilih 49 % pemilih DKI sementara pemilih Jokowi-Ahok hanya 14%. Namun karena kerja politik tim Jokowi-ahok yang efektif maka ketika Pilgub dilangsungkan jokowi-ahok berhasil memenangkan Pilgub dalam dua putaran.” Paparnya

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img