BeritaSumbar.com – Padang (28/04/2016). Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak. Pernyataan ini merupakan salah satu hak dari warga negara yang tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945. Untuk memenuhi hak tersebut adalah kewajiban bagi pemerintah untuk menjamin pendidikan bagi seluruh rakyatnya. Namun, bukan berarti masyarakat bahkan mahasiswa dapat terlepas dari kewajiban ini. Jika dilihat, tidak hanya di daerah-daerah terpencil yang terbatas akses transportasi dan teknologi, di sekitar perkotaan besar bahkan di ibu kota provinsi tak jarang masih ditemukan daerah dengan tingkat pendidikan yang kurang. Berangkat dari kondisi pendidikan tersebut, maka dibentuklah suatu komunitas independen yang bergerak dalam pemantapan pendidikan dan karakter, khususnya untuk anak-anak.

Lentera Juara adalah komunitas sosial yang bertujuan membantu meningkatkan pendidikan anak-anak khususnya di pinggiran kota yang mengedepankan aspek intelligent, emotional dan spiritual. Komunitas yang dipelopori oleh Ayu Efrizal, SE, Ridho Prahmi, Febri Ningsih, dan Tika Apri Elni yang merupakan alumni dan mahasiswa aktif Universitas Andalas, resmi terbentuk pada 09 Maret 2016 dengan diketuai oleh Ayu Efrizal, SE. Launching Lentera Juara, 10 April 2016, menandakan dimulainya kegiatan pendidikan di daerah Koto Baru, Kecamatan Limau Manis Selatan, Kota Padang. Kegiatan ini diresmikan oleh Buya Zainul Arifin (anggota DPRD Kota Padang tahun 2004-2009) selaku Ketua RW di desa Koto Baru. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting membantu  anak-anak baik yang bersekolah maupun tidak, dalam memperoleh pendidikan dan memahami nilai-nilai adat budaya serta norma dalam masyarakat. Selama menjalankan kegiatan di Koto Baru, Lentera Juara  mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan anak-anak, terlihat dari antusiasnya tokoh masyarakat dalam membantu lancarnya kegiatan serta mendukung  kehadiran peserta belajar yang meningkat disetiap pertemuan. Lentera Juara saat ini beranggotakan 40 orang yang terdiri atas mahasiswa-mahasiswa yang tersebar di seluruh Kota Padang dan telah memiliki banyak anak didik.

Kegiatan Lentera Juara dirancang sedemikian rupa, tidak hanya monoton layaknya proses belajar mengajar formal, namun dibungkus dengan kegiatan yang bervariatif dan menyenangkan bagi anak-anak. Selain mengajarkan pelajaran sekolah, mengasah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang harus menjadi modal bagi penerus bangsa, Lentera Juara juga mengedepankan pendidikan karakter dengan menanamkan jiwa kekeluargaan, etika, dan kepemimpinan. Kegiatan sudah berlangsung sebanyak tiga kali, setiap hari Minggu. Untuk meningkatkan semangat belajar siswa, disela-sela belajar diselingi dengan permainan rakyat dan motivasi melalui video menarik. Kedepannya diharapkan program demi program di daerah binaan mampu menjadikan anak-anak daerah yang bersangkutan mandiri dalam segala hal, baik dalam akademik maupun kesehariannya, serta bagi yang beruntung mendapat pendidikan formal di sekolah, dapat berprestasi dan menjadi kebanggaan keluarga.

Hadirnya Lentera Juara tentunya dapat mendorong kita, baik sebagai masyarakat maupun sebagai mahasiswa untuk turut aktif dalam memajukan generasi penerus bangsa. Tanpa bantuan, dukungan, dan partisipasi masyarakat luas, maka kegiatan-kegiatan komunitas seperti ini tidak dapat berjalan dengan lancar di tengah-tengah masyarakat global seperti sekarang.

loading...