27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Komisi A DPRD Himbau Agar Tetap Laksanakan Protap Standar Kesehatan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Seiring meningkatnya angka pasien positif Covid-19 di kota Payakumbuh saat ini, Komisi A DPRD Kota Payakumbuh lakukan tinjauan lapangan ke posko Covid-19 di wilayah kota Payakumbuh.
Kunjungan lapangan dipimpin langsung ketua Komisi A, Sri Joko Purwanto (Demokrat), Sekretaris Komisi A Zainir (PKB) dan Anggota Komisi A Nasrul (PKS), dan juga turut didampingi oleh sekretaris dan Kabid Kemas dan P3 dinas kesehatan Wawan Sofianto dan Asmarini serta didampingi dari Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh.
baca juga: Komisi B Desak Pemko Cairkan Dana Bantuan Sebelum Lebaran
Adapun untuk tinjauan lapangan Komisi A dan tim ke posko Covid-19 meliputi posko di simpang by pass Ngalau indah, posko puskesmas tiakar, posko kelurahan Koto Panjang Payakumbuh Timur dan terakhir ke posko puskesmas tarok Payakumbuh utara.
Pada tinjauan pertama, Komisi A mengunjungi posko Covid-19 yang berada di simpang by pass Ngalau indah. Dalam kesempatan kunjungan itu, komisi A tidak ada melihat tenaga kesehatan berada di lokasi posko.
Saat ditanya ketua Komisi A Sri Joko Purwanto ke petugas yang jaga di posko Covid-19 tentang kemana petugas kesehatan di posko tersebut, petugas jaga mengatakan jika untuk petugas kesehatan memang kondisi nya dirumahkan sementara waktu, “iya, dengan telah terdapatnya petugas kesehatan yang positif Covid-19 saat ini, maka para petugas kesehatan yang standby di posko sementara waktu di rumahkan dahulu. Hal ini untuk antisipasi supaya wabah ini tidak meluas”, ungkap salah seorang petugas jaga ke ketua Komisi A tersebut.
Dengan telah dilakukannya kunjungan ke posko covid-19 di simpang by pass Ngalau indah, komisi A beserta rombongan lanjutkan ke posko covid-19 puskesmas tiakar. Pada kesempatan itu, tim langsung disambut oleh camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi saat tiba di lokasi.
Dalam kunjungan tersebut, ketua Sri Joko Purwanto beserta tim mengapresiasi kepada seluruh tim di posko yang hadir dan jaga secara penuh.
“Kami apresiasi sekali melihat kondisi petugas yang lengkap hadir di posko ini. Tapi kenapa di posko simpang by pass tadi kami tidak menemukan petugas kesehatan disana ?”, Tanya Joko ke petugas kesehatan yang jaga.
Atas pertanyaan ketua komisi A itu, salah seorang petugas kesehatan mengatakan memang saat ini untuk petugas kesehatan yang biasanya berjaga di posko lintas perbatasan memang dirumahkan, “karna sudah adanya petugas kesehatan yang positif, maka mereka diistirahatkan sementara. Tapi hal ini tidak berlaku bagi petugas kesehatan di posko yang ada di puskesmas, kami tetap bertugas seperti bisanya”, jawab seorang petugas kesehatan kepada ketua komisi A.
Dan juga atas pertanyaan ketua Komisi A itu, sekretaris dinas kesehatan juga turut mengatakan jika untuk di posko lintas dan perbatasan yang tidak ada petugas medisnya, pihak dinas telah mengerahkan 8 orang petugas pengganti untuk standby di posko,
“Adapun petugas pengganti ini kita ambil dari setiap dinas yang ada, dan mereka ini tentunya juga mengerti akan standar protap kesehatan dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Dan juga untuk posko di puskesmas tetap seperti biasa, petugas kesehatan tetap standby”, ucap Wawan Sofianto.
Ketua komisi A Sri Joko Purwanto menyampaikan harapannya kepada petugas medis yang bertugas agar jangan sampai nanti untuk protap kesehatan selama bertugas jangan sampai terlewatkan,
“karna dengan adanya kondisi petugas kesehatan yang positif Covid-19 saat ini, banyak terdapat petugas kesehatan yang dirumahkan, dan hal ini jangan sampai kita petugas medis kedodoran dan kebobolan lagi, kita harus selaku menerapkan protap kesehatan yang telah ditetapkan agar tidak terjangkit wabah ini”, ujar Joko.
Sementara itu sekretaris Komisi A Zainir mempertanyakan kondisi terkini terkait sudah adanya petugas kesehatan yang positif Covid-19, “dengan sudah adanya petugas kesehatan yang positif, apakah tidak berpengaruh terhadap kinerja petugas lainnya yang ada di kota Payakumbuh ?”, tanya Zainir.
Atas pertanyaan tersebut, salah seorang petugas kesehatan mengatakan jika dengan telah terdapatnya seorang petugas medis yang positif ini, kinerja petugas medis lainnya tetap seperti biasa,
“Kami yang bertugas sampai saat ini masih tetap seperti biasanya, tanpa ada kekurangan semangat untuk tetap menjaga warga agar tidak terjangkit wabah Covid-19”, ungkap salah seorang petugas medis di posko Puskesmas Tiakar.
Setelah berbincang dan mendengar aspirasi dari petugas di posko, Komisi A beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke posko lainnya. Di posko Covid-19 kelurahan Koto Panjang dan posko puskesmas tarok Payakumbuh Utara rombongan tidak butuh waktu lama, dikarenakan kondisi di posko sesuai yang diharapkan oleh komisi A dan rombongan ini tentunya.
Di kedua posko terakhir, rombongan tidak menemukan kendala yang berarti, karna untuk kebutuhan petugas di posko yang ada sudah terpenuhi, baik itu kebutuhan APD maupun kebutuhan lainnya dalam menunjang kinerja petugas di posko.(humas)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Weekend, 9 WARGA PAYAKUMBUH POSITIF CORONA, Sembuh 5 Orang

Payakumbuh --- Libur akhir pekan atau weekend, Sabtu dan Minggu (24-25/10), kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh masih terjadi. Selama dua hari...

Geger Penemuan Mayat Didasar Jurang kelok 9

Limapuluh Kota, Minggu Sore kelok Sembilan Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota digegerkan dengan ditemukan seseorang yang jatuh ke jurang. 

HMI Sumbar Pertanyakan Kesiapan KPU Sukseskan Pemilu

Padang,- Pesta demokrasi pilkada serentak sudah hampir memasuki babak final. Komisi pemilihan umum ( KPU) provinsi ataupun kabupaten/ kota sudah menyiapkan strategi...

Pimpinan IMM Pariaman dan Padang Pariaman Dilantik

Padang Pariaman,- Acara pelantikan pimpinan baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman berlangsung Di Hall Saiyo Sakato Pemda...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

3 Kabag Sekretariat Daerah Jadi Kepala Dinas

Payakumbuh --- Tiga posisi kepala dinas yang sebelumnya kosong di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh telah terisi kembali. Tahapan demi tahapan penilaian cukup...

Pengukuhan Pengurus Baru Forum Kota Sehat Payakumbuh, Erwin Yunaz “Kita Siap Meraih Penghargaan Kota Sehat”

Payakumbuh— Sebagai bentuk usaha dalam mewujudkan kota sehat, Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Kota Sehat dan Pengukuhan Pengurus Forum...

Tim Gabungan Terpadu Ikut Turun Tegakkan Perda AKB Di Payakumbuh

Payakumbuh - Tim Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh mendapatkan asistensi sekaligus dimonitor oleh Tim Gabungan Terpadu penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 Provinsi...

Selama 3 Hari, Guru PAUD Payakumbuh Dibimtek Lewat Virtual

Payakumbuh -- Ratusan kepala dan tenaga pendidik PAUD di Kota Payakumbuh mengikuti bimbingan teknis secara virtual untuk peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD Holistik...
- Advertisement -