24 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Komisi A DPRD Himbau Agar Tetap Laksanakan Protap Standar Kesehatan
K

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Seiring meningkatnya angka pasien positif Covid-19 di kota Payakumbuh saat ini, Komisi A DPRD Kota Payakumbuh lakukan tinjauan lapangan ke posko Covid-19 di wilayah kota Payakumbuh.
Kunjungan lapangan dipimpin langsung ketua Komisi A, Sri Joko Purwanto (Demokrat), Sekretaris Komisi A Zainir (PKB) dan Anggota Komisi A Nasrul (PKS), dan juga turut didampingi oleh sekretaris dan Kabid Kemas dan P3 dinas kesehatan Wawan Sofianto dan Asmarini serta didampingi dari Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh.
baca juga: Komisi B Desak Pemko Cairkan Dana Bantuan Sebelum Lebaran
Adapun untuk tinjauan lapangan Komisi A dan tim ke posko Covid-19 meliputi posko di simpang by pass Ngalau indah, posko puskesmas tiakar, posko kelurahan Koto Panjang Payakumbuh Timur dan terakhir ke posko puskesmas tarok Payakumbuh utara.
Pada tinjauan pertama, Komisi A mengunjungi posko Covid-19 yang berada di simpang by pass Ngalau indah. Dalam kesempatan kunjungan itu, komisi A tidak ada melihat tenaga kesehatan berada di lokasi posko.
Saat ditanya ketua Komisi A Sri Joko Purwanto ke petugas yang jaga di posko Covid-19 tentang kemana petugas kesehatan di posko tersebut, petugas jaga mengatakan jika untuk petugas kesehatan memang kondisi nya dirumahkan sementara waktu, “iya, dengan telah terdapatnya petugas kesehatan yang positif Covid-19 saat ini, maka para petugas kesehatan yang standby di posko sementara waktu di rumahkan dahulu. Hal ini untuk antisipasi supaya wabah ini tidak meluas”, ungkap salah seorang petugas jaga ke ketua Komisi A tersebut.
Dengan telah dilakukannya kunjungan ke posko covid-19 di simpang by pass Ngalau indah, komisi A beserta rombongan lanjutkan ke posko covid-19 puskesmas tiakar. Pada kesempatan itu, tim langsung disambut oleh camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi saat tiba di lokasi.
Dalam kunjungan tersebut, ketua Sri Joko Purwanto beserta tim mengapresiasi kepada seluruh tim di posko yang hadir dan jaga secara penuh.
“Kami apresiasi sekali melihat kondisi petugas yang lengkap hadir di posko ini. Tapi kenapa di posko simpang by pass tadi kami tidak menemukan petugas kesehatan disana ?”, Tanya Joko ke petugas kesehatan yang jaga.
Atas pertanyaan ketua komisi A itu, salah seorang petugas kesehatan mengatakan memang saat ini untuk petugas kesehatan yang biasanya berjaga di posko lintas perbatasan memang dirumahkan, “karna sudah adanya petugas kesehatan yang positif, maka mereka diistirahatkan sementara. Tapi hal ini tidak berlaku bagi petugas kesehatan di posko yang ada di puskesmas, kami tetap bertugas seperti bisanya”, jawab seorang petugas kesehatan kepada ketua komisi A.
Dan juga atas pertanyaan ketua Komisi A itu, sekretaris dinas kesehatan juga turut mengatakan jika untuk di posko lintas dan perbatasan yang tidak ada petugas medisnya, pihak dinas telah mengerahkan 8 orang petugas pengganti untuk standby di posko,
“Adapun petugas pengganti ini kita ambil dari setiap dinas yang ada, dan mereka ini tentunya juga mengerti akan standar protap kesehatan dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Dan juga untuk posko di puskesmas tetap seperti biasa, petugas kesehatan tetap standby”, ucap Wawan Sofianto.
Ketua komisi A Sri Joko Purwanto menyampaikan harapannya kepada petugas medis yang bertugas agar jangan sampai nanti untuk protap kesehatan selama bertugas jangan sampai terlewatkan,
“karna dengan adanya kondisi petugas kesehatan yang positif Covid-19 saat ini, banyak terdapat petugas kesehatan yang dirumahkan, dan hal ini jangan sampai kita petugas medis kedodoran dan kebobolan lagi, kita harus selaku menerapkan protap kesehatan yang telah ditetapkan agar tidak terjangkit wabah ini”, ujar Joko.
Sementara itu sekretaris Komisi A Zainir mempertanyakan kondisi terkini terkait sudah adanya petugas kesehatan yang positif Covid-19, “dengan sudah adanya petugas kesehatan yang positif, apakah tidak berpengaruh terhadap kinerja petugas lainnya yang ada di kota Payakumbuh ?”, tanya Zainir.
Atas pertanyaan tersebut, salah seorang petugas kesehatan mengatakan jika dengan telah terdapatnya seorang petugas medis yang positif ini, kinerja petugas medis lainnya tetap seperti biasa,
“Kami yang bertugas sampai saat ini masih tetap seperti biasanya, tanpa ada kekurangan semangat untuk tetap menjaga warga agar tidak terjangkit wabah Covid-19”, ungkap salah seorang petugas medis di posko Puskesmas Tiakar.
Setelah berbincang dan mendengar aspirasi dari petugas di posko, Komisi A beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke posko lainnya. Di posko Covid-19 kelurahan Koto Panjang dan posko puskesmas tarok Payakumbuh Utara rombongan tidak butuh waktu lama, dikarenakan kondisi di posko sesuai yang diharapkan oleh komisi A dan rombongan ini tentunya.
Di kedua posko terakhir, rombongan tidak menemukan kendala yang berarti, karna untuk kebutuhan petugas di posko yang ada sudah terpenuhi, baik itu kebutuhan APD maupun kebutuhan lainnya dalam menunjang kinerja petugas di posko.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.
- Advertisement -

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar FGD Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2021.

Sehubungan dengan semakin dekatnya percepatan rilis Publikasi Payakumbuh. Dalam Angka 2021 yang jatuh pada akhir bulan Februari tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh mengadakan Forum Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting, Selasa(19/1).
- Advertisement -

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -