27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Kejar Target Sanitasi Layak, MCK Plus Parik Rantang Diresmikan

Masyarakat Kelurahan  Parit Rantang Kecamatan  Payakumbuh Barat berbahagia menyambut peresmian MCK Plus di Masjid Batirai oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi,  Selasa (23/2). Kebahagiaan itu tidak saja terlihat dari antusiasme warga yang menyaksikan acara peresmian tetapi juga disampaikan tokoh masyarakat setempat Drs. Ridwan secara lisan.

“Kami sangat bergembira dan berterimakasih kepada pemko,  sehingga kami memiliki MCK dan tempat berwudhu yang layak” tutur  Ridwan penuh semangat dalam sambutannya.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita, penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, anggota DPRD Marhidayandi, Kadis PU Marta Minanda, Kapolsek Nusyirwan, Camat Payakumbuh Barat, dan Lurah Parit Rantang.

MCK Plus itu dibangun di bawah koordinasi KSM Berkah dan pengawasan Dinas PU kota Payakumbuh. MCK Plus dibangun dengan dana sebesar Rp350 juta, berasal dari DAK Kementerian PU  lewat program SLBM dan  swadaya masyarakat.

Pembangunan MCK plus ini dikatakan Walikota Riza Falepi sebagai bagian dari program 100-0-100 Kementerian PU dan PR. Program ini menargetkan Indonesia pada tahun 2019 mencapai 100% pelayanan air minum, 0% kawasan kumuh dan 100% sanitasi layak. Akan tetapi Wako Riza optimis Payakumbuh bisa mencapai pelayanan air minum 100% pada tahun 2017.

Walikota Riza Falepi,  berharap MCK plus ini dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik. Walikota juga menghimbau agar warga Parik Rantang meninggalkan kebiasaan buang air besar ke tabek atau kolam ikan atau ke pinggir sungai.

Harapan yang sama juga dikemukakan anggota DPRD Marhidayandi dan Kadis PU Marta Minanda. Bahkan Marhidayandi meminta jamban darurat di atas kolam yang masih terlihat disisi MCK Plus dibongkar. Pada kesempatan itu Kadis PU Marta Minanda mengingatkan pengelolaan dan pemeliharaan MCK plus adalah yang terpenting dan paling sulit dilaksanakan.

“Karena itu diperlukan kesadaran kita bersama untuk menjaga dan merawatnya”, tegas Marta.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Club Sepak Bola LPPKI FC Ikut Ambil Bagian Dalam Turnamen U-14

Padang,- Club sepak bola LPPKI FC turut ambil bagian dalam kejuaraan sepak bola U-14 memperebutkan Piala SIWO PWI Sumatra Barat yang diselenggarakan...

Sultani : Petani Itu Adalah Kita

Tanah Datar,- Sultani, calon wakil bupati tanah datar mengatakan bahwa kita harus memperhatikan petani dengan memunculkan berbagai program yang menguntungkan dan membantu...

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

HMI Sumbar Pertanyakan Kesiapan KPU Sukseskan Pemilu

Padang,- Pesta demokrasi pilkada serentak sudah hampir memasuki babak final. Komisi pemilihan umum ( KPU) provinsi ataupun kabupaten/ kota sudah menyiapkan strategi...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -