28 C
Padang
Kamis, September 16, 2021
Beritasumbar.com

Jokowi ke Sumbar, Mahasiswa “Gerilya” Temui Presiden Suarakan Jeritan Rakyat
J

Kategori -

Bukittinggi – Setelah beberapa kali batal, akhirnya Joko Widodo mengunjungi Sumatera Barat. Kunjungan tersebut disambut baik oleh BEM KM Unand karena diharapkan dapat membuka kesempatan berdiskusi langsung dengan Presiden RI terkait problematika bangsa ini. Dengan jadwal kunjungan yang berubah-ubah mengharuskan BEM KM Unand bergerak ke Bukittinggi untuk bertemu langsung dengan presiden.

Berangkat dari keprihatinan dan kepedulian terhadap derita rakyat, kemarin malam (08/10) Keluarga Mahasiswa Unand bergerak dari Padang menuju Bukittinggi. Tujuannya adalah untuk menemui presiden dan menyampaikan kajian dari BEM KM Unand terhadap kondisi terkini. Terkhusus masalah kabut asap yang tak kunjung selesai dan merosotnya perekonomian bangsa.

bem unand temui Jokowi

Tantangan bertemu Jokowi begitu berat, mulai dari tantangan alam dan pengamanan. Hingga mencapai Bukittinggi rombongan BEM KM Unand dan mahasiswa STIKES Fort de Cock diiringi hujan dan selalu dipantau oleh pihak kepolisian berpakaian sipil, bahkan saat rehat di perjalanan. Kondisi ini tidak menyurutkan langkah mahasiswa untuk berjumpa dengan pemimpin bangsa ini. Sebagai bentuk kecintaan kepada ibu pertiwi.

Hingga lewat tengah malam rombongan aksi masih berdiskusi untuk mempersiapkan diri agar dapat berjumpa dengan Jokowi besoknya. Perubahan jadwal Jokowi yang secara tidak terduga mengharuskan BEM KM Unand untuk siap sedia menyiapkan berbagai alternatif strategi. Bahkan Reido Deskumar, Presiden KM Unand harus berdiskusi panjang dengan pihak keamanan hingga dini hari agar diberikan kesempatan bertemu langsung dengan Jokowi.

Waktu istirahat yang terbatas tidak menjadi alasan untuk mundur, setelah subuh rombangan aksi langsung turun ke beberapa titik yang menjadi kemungkinan bertemu langsung dengan Jokowi, yakni di Hotel The Hills, area Jam Gadang dan rumah kelahiran proklamator Bung Hatta. Pembagian titik aksi tersebut disengajakan agar kesempatan bertemu dengan presiden tidak tersia-siakan.

Titik pertama di Hotel The Hills, BEM KM Unand diwakili Presiden KM Unand berhasil masuk ring 1 pengamanan presiden. Kesempatan tersebut ingin dimanfaatkan untuk berdialog langsung dengan RI 1. Sayangnya pengawalan yang sangat ketat dari Paspampres dan kepolisian memaksa mundur Presiden KM Unand. Sehingga kajian yang sudah disiapkan untuk menjadi tuntutan kepada pemerintah tidak dapat tersampaikan. Bahkan Jokowi dari dalam mobil dinasnya yang dibeli dari uang rakyat tidak mau sekedar turun dari mobil menerima lembaran kajian tersebut.

Sebagian rombongan aksi lainnya standby di area Jam Gadang, berharap mendapatkan kesempatan lainnya untuk berjumpa dengan Jokowi. Namun hasil yang didapat tidak jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya. Penjagaan yang ketat menghalangi kesempatan untuk bertemu Jokowi. BEM KM Unand belum menyerah, rombongan aksi melanjutkan perjuangan ke rumah kelahiran Bung Hatta yang menjadi tempat terakhir yang dikunjungi Jokowi di Bukittinggi.

Di tempat terakhir ini, salah seorang dari rombongan aksi, Gusti Fauzi, Gubernur BEM KM Fakultas Kesehatan Masyarakat dapat bertatap muka dengan Jokowi sembari hendak menyerahkan lembaran kajian dari BEM KM Unand. Namun usaha tadi terhenti karena ditarikpaksa oleh pihak keamanan. Bahkan anggota rombongan lainnya turut dibawa ke markas Polresta Bukittinggi. Selama satu jam lebih rombongan aksi berdialog dengan pihak kepolisian. BEM KM Unand menjelaskan maksud baik aksi tersebut. Selama ini aksi yang dilaksanakan BEM KM Unand terkenal damai dan tertib.

Aksi BEM KM Unand tidak dapat berlangsung sesuai rencana karena pihak keamanan membekukan gerak, hingga akhirnya Jokowi meninggalkan Bukittinggi. Di luar kondisi tersebut kajian BEM KM Unand sudah tersampaikan dan suara rakyat sudah diteriakkan.

[images cols=”three” lightbox=”true”]
[image link=”http://beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/10/aksi-mahasiswa-unand-temui-jokowi-dibekuk-polisi.jpg” image=”6888″]
[image link=”http://beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/10/aksi-mahasiswa-unand-temui-jokowi-dibekuk-polisi-2.jpg” image=”6889″]
[/images]

Sumber: Humas BEM KM Unand
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

20 Pasang Catin Ikuti Bimwin di Aula KUA Padang Panjang Timur

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Aula KUA Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (14/09/2021)
- Advertisement -

Saat PLEK, Poktan Diminta Catat Biaya-Usaha Tani

Sijunjung, beritasumbar.com - Tenaga Ahli (TA) keuangan pedesaan IPDMIP Regional  II, Sri Sumaryani meminta peserta Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK) membiasakan diri mencatat biaya...

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.
- Advertisement -

Bukittinggi Dapat Bantuan Becak Sampah, Marfendi: Itu Pokir Anggota DPR RI Fraksi PKS

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Dalam mendukung penanganan sampah di Kota Bukittinggi, sejumlah pihak turut serta membantu agar kota dengan ikon Jam Gadan tersebut, bisa memaksimalkan...

Matangkan Persiapan MTQ, Panitia Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Persiapan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Rabu (15/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.

Proyek Fisik di SMPN 1 Bukittinggi Terkesan Dikerjakan Secara Diam-diam

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Di tengah pendemi covid19, sejumlah kegiatan fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi tetap berjalan, seperti yang terjadi di SMP...

Tiga Tantangan Besar Hambat Gerakan Perburuhan di Indonesia

Jakarta,- DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 menyebutkan Tiga tantangan besar tengah menghambat pergerakan Serikat Buruh saat ini di Indonesia.
- Advertisement -