26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gelar Kreatifitas dan Karya, SD Plus Marhamah Padang Tampilkan Pameran Bertajuk Kearifan Lokal
G

Kategori -
- Advertisement -
Guru dan Siswa SD Plus Marhamah Padang saat pameran P5 dengan tema “Makananku Budayaku”

Padang, beritasumbar.com – SD Plus Marhamah Padang mengadakan pameran karya Makanan Ku Budaya Ku”  yang diadakan di gedung SD Plus Marhamah Padang, Parupuk Tabing, Koto Tangah pada Selasa, (28/02/23)

Dalam proses pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila pada diri murid, dan juga warga sekolah melalui kegiatan-kegiatan pengetahuan, keterampilan, olah fikir, olah raga dan olah karya.

“Ini adalah puncak dari dari proses pembelajaran P5 yang telah dimulai pada Juli 2022 lalu. Dimana  guru dan murid merancang kegiatan dengan mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan semenjak Semester 1, dengan Kearifan Lokal (kelas 1) dan Kewirausahaan (kelas 4),” ungkap Ihksanul Arif selaku kepala sekolah

Pada pameran  tersebut ditampilkan hasil olahan produk multiguna dari barang bekas seperti hiasan dinding, figura foto, berbagai macam bentuk kolase, dan tiruan barang-barang kebutuhan sehari-hari dari kardus bekas serta beraneka ragam olahan makanan modern dan tradisional.

“Dalam hal ini, kami juga melibatkan orang tua/wali murid sebagai narasumber bagi murid dalam melakukan pengolahan produk-produk tersebut. Sedangkan   untuk prosesnya, murid merancang, memilih dan menyusun tahapan yang difasilitasi oleh guru,” ungkap Kepala Sekolah tersebut

“Mulai dari menyusun rencana jadwal kegiatan, melakukan kunjungan/observasi untuk memperoleh informasi, melakukan diskusi, hingga menetapkan keputusan produk belajar yang akan dihasilkan,” lanjut Iksanul Arif lagi.

Beberapa hal jadi lebih menarik dengan hadirnya kegiatan pembelajaran P5 yang bermuara kepada pembentukan karakter murid dan guru yang tangguh ini.

Kepala Sekolah bersama Guru-guru mengalokasikan pembelajaran dalam jam khusus yang terintegrasi dalam pembelajaran intrakurikuler. Penerapannya mata pelajaran P5 yaitu 1 jam pelajaran (35 menit) tiap minggu di hari efektif.

Kurikulum Merdeka merupakan pola pembelajaran yang dimulai SD Plus Marhamah sejak Tahun Ajaran 2022/2023 secara mandiri dimulai di Kelas 1 dan 4, yang menitik beratkan pada program dan kegiatan pembelajaran yang berpusat terhadap murid dalam menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki murid berdasarkan lingkungan dan kondisi sekolah.

“Besar harapan kami, semoga dengan diadakan kegiatan ini murid-murid memiliki jiwa dan semangat inovatif dan kreatif dalam menjalankan tiap proses untuk menghasilkan proyek. Bukan saja, melakukan apa yang diinstruksikan tetapi berinisiasi di dalam kelompoknya untuk melakukan persiapan dan pembuatan proyek,” tutur Ratna Dewi, salah satu wali kelas 1 SD Plus Marhamah.

“Melalui kegiatan proyek yang telah dijalankan tersebut, terbentuk pengembangan profil Pelajar Pancasila khususnya semangat Gotong Royong, Mandiri dan Bernalar Kritis,  harapnya

Tidak hanya itu, pada pameran karya kali ini juga melibatkan murid kelas 2, 3, 5 dan 6 sebagai observer. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman belajar, dimana mereka berkesempatan melakukan penilaian secara objektif, menggali informasi, hingga menyelesaikan penugasan yang berhubungan dengan materi pelajaran di kelasnya.

Selanjutnya, para murid dan guru setelah menyelesaikan pameran karya, akan melakukan refleksi dan evaluasi untuk mengkaji dan menganalisis kelebihan dan kekurangan selama proses yang telah dijalani.

Hal ini dilakukan, agar dapat dilakukan peningkatan untuk pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Fase lanjutan.

Kegiatan pameran dalam P5 yang dilakukan SD Plus Marhamah Padang ini juga  menarik perhatian banyak wali murid

“Pameran kemaren sangat bagus sekali, bisa mengembangkan kreativitas dan bakat anak yang hobi memasak, makan, jualan,” ungkap Dirra Arisan, salah seorang wali murid kelas 1 saat ditemui media sehari usai pameran tersebut

Hal senada juga diungkapkan wali murid kelas 4, Fivit Andriani mengungkapkan bahwa antusiasme anak-anak terhadap kegiatan P5 ini terlihat sangat tinggi

“Kedepannya, agar kegiatan terselenggara dengan lebih terstruktur, libatkan  anak-anak lebih banyak lagi, dan kalau bisa dijadikan agenda rutin tiap semester,” harap Fivit

Penulis: Iza
Editor: Fitria

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img