28 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Dampak Pandemi, Kelulusan Siswa SD-SMP Di Sijunjung Kewenangan Penuh Pihak Sekolah
D

Kategori -

Sijunjung, – Penentuan kelulusan siswa kelas VI dan IX tahun 2021 kewenangannya di serahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah, mengingat saat ini masih masa Pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Usman Gumanti, Senin (15/3) mengatakan kondisi saat ini serba sulit, karena kita harus mematuhi protokol kesehatan untuk kelangsungan pendidikan di daerah ini.

“Tahun ini tidak ada ujian nasional sesuai dengan surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan RI nomor 1 tahun 2021 tertanggal 4 Februari 2021, tentang ketiadaan ujian nasional dan kesetaraan,” katanya.

Ia menjelaskan, pengganti ujian akhir nilai rapor siswa mulai dari kelas 1 sampai semester terakhir untuk sekolah dasar sangat menentukan bagi kelulusan siswa yang tidak melaksanakan ujian sekolah.

Bagi sekolah yang melaksanakan ujian sekolah, maka nilai ujian sekolah akan dikombinasikan dengan nilai- nilai tugas yang berikan guru pada masa pembelajaran di rumah.

Begitu juga dengan siswa kelas IX pada tingkat SMP, nilai tugas-tugas yang diberikan guru mata pelajaran sangat menentukan hasil akhir siswa kelas lX, kemudian ditambah dengan nilai ujian sekolah.

Untuk soal-soal ujian sekolah dibuat oleh pihak sekolah. Soal yang disajikan dalam ujian sekolah adalah materi pembelajaran yang pernah diajarkan ke siswa dan guru tidak boleh membuat soal di luar materi yang sudah diajarkan kepada siswa. Jadi untuk siswa SMP, materinya bisa dari kelas Vll dan kelas Vlll. 

“Bagaimana  pembagian soal-soal tersebut sudah menjadi kewenangan pihak sekolah yaitu guru mata pelajaran bersama kepala sekolah,” jelasnya.

Pada saat ini ada beberapa sekolah yang libur karena ada gurunya yang dinyatakan positif covid-19  seperti SMP 36 Manganti Sumpur Kudus. Ia berharap kondisi ini tidak berkembang kepada siswa dan untuk itu siswa libur sampai keluar hasil swab para guru-guru yang pernah bersentuhan dengan guru yang dinyatakan positif.

Adapun jadwal ujian sekolah SD mulai 5 April ujian agama Islam, 6 April ujian  Bahasa Indonesia, 7 April ujian Matematika, 8 April ujian Pancasila, 9 April Ujian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA), 10 April ujian ilmu pendidikan Sosial ( IPS).

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama ( SMP) ujian sekolah di mulai sejak 29 Maret ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKN, 30 Maret pelajaran matematika dan seni budaya, 31 Maret pelajaran Bahasa Inggris dan PAI, 1 April pelajaran  IPA dan PJOK, 2 April pelajaran IPS dan TIK/Prakarya, tambah Usman.

Kita berharap proses ujian sekolah tingkat SD dan tingkat SMP bisa berjalan sesuai rencana, baik para guru dan siswa terhindar dari wabah covid-19. Untuk itu seluruh warga belajar harus mematuhui protokol kesehatan covid-19, menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menghindari kerumunan, pesannya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...
- Advertisement -