29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Dampak Pandemi, Kelulusan Siswa SD-SMP Di Sijunjung Kewenangan Penuh Pihak Sekolah
D

Kategori -

Sijunjung, – Penentuan kelulusan siswa kelas VI dan IX tahun 2021 kewenangannya di serahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah, mengingat saat ini masih masa Pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Usman Gumanti, Senin (15/3) mengatakan kondisi saat ini serba sulit, karena kita harus mematuhi protokol kesehatan untuk kelangsungan pendidikan di daerah ini.

“Tahun ini tidak ada ujian nasional sesuai dengan surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan RI nomor 1 tahun 2021 tertanggal 4 Februari 2021, tentang ketiadaan ujian nasional dan kesetaraan,” katanya.

Ia menjelaskan, pengganti ujian akhir nilai rapor siswa mulai dari kelas 1 sampai semester terakhir untuk sekolah dasar sangat menentukan bagi kelulusan siswa yang tidak melaksanakan ujian sekolah.

Bagi sekolah yang melaksanakan ujian sekolah, maka nilai ujian sekolah akan dikombinasikan dengan nilai- nilai tugas yang berikan guru pada masa pembelajaran di rumah.

Begitu juga dengan siswa kelas IX pada tingkat SMP, nilai tugas-tugas yang diberikan guru mata pelajaran sangat menentukan hasil akhir siswa kelas lX, kemudian ditambah dengan nilai ujian sekolah.

Untuk soal-soal ujian sekolah dibuat oleh pihak sekolah. Soal yang disajikan dalam ujian sekolah adalah materi pembelajaran yang pernah diajarkan ke siswa dan guru tidak boleh membuat soal di luar materi yang sudah diajarkan kepada siswa. Jadi untuk siswa SMP, materinya bisa dari kelas Vll dan kelas Vlll. 

“Bagaimana  pembagian soal-soal tersebut sudah menjadi kewenangan pihak sekolah yaitu guru mata pelajaran bersama kepala sekolah,” jelasnya.

Pada saat ini ada beberapa sekolah yang libur karena ada gurunya yang dinyatakan positif covid-19  seperti SMP 36 Manganti Sumpur Kudus. Ia berharap kondisi ini tidak berkembang kepada siswa dan untuk itu siswa libur sampai keluar hasil swab para guru-guru yang pernah bersentuhan dengan guru yang dinyatakan positif.

Adapun jadwal ujian sekolah SD mulai 5 April ujian agama Islam, 6 April ujian  Bahasa Indonesia, 7 April ujian Matematika, 8 April ujian Pancasila, 9 April Ujian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA), 10 April ujian ilmu pendidikan Sosial ( IPS).

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama ( SMP) ujian sekolah di mulai sejak 29 Maret ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKN, 30 Maret pelajaran matematika dan seni budaya, 31 Maret pelajaran Bahasa Inggris dan PAI, 1 April pelajaran  IPA dan PJOK, 2 April pelajaran IPS dan TIK/Prakarya, tambah Usman.

Kita berharap proses ujian sekolah tingkat SD dan tingkat SMP bisa berjalan sesuai rencana, baik para guru dan siswa terhindar dari wabah covid-19. Untuk itu seluruh warga belajar harus mematuhui protokol kesehatan covid-19, menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menghindari kerumunan, pesannya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.
- Advertisement -

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

49 Orang Petugas Lapas Sijunjung Di Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Sebanyak 49 ( Empat Puluh Sembilan ) orang petugas Lembaga Permasyarakatan ( Lapas) kelas ll B Muaro Sijunjung di vaksin covid-19, pada Senin (5/4). Kepala Lapas Muaro Sijunjung B.O.Situngkir mengatakan seharus ada 51 orang pegawai Lapas yang harus di vaksin, tapi yang 2 ( dua) orang lagi cuti. Pada pelaksanaan vaksin di lapas juga ada dari anggota Polres Sijunjung.

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -