31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Dafrul Pasi, Personil LH Dilapangan Tetap Wajib Perhatikan Protap Covid-19
D

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Belum sepenuhnya Kota Payakumbuh terbebas dari virus korona serta masih adanya beberapa warga Payakumbuh yang berstatus Orang Tampa Gejala (OTG) dan melakukan isolasi mandiri, Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh tetap menjalankan protap covid-19 untuk melindungi personil lapangan dalam mengumpulkan sampah bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dafrul Pasi mengatakan walaupun sekarang Kota Payakumbuh sudah memasuki Tatanan Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNBPAC) bukan berarti virus tersebut menjadi tidak berbahaya.
“Untuk sampah masyarakat yang masih berstatus ODP dan OTG itu masih menjadi tanggung jawab kita untuk memungut sampahnya, untuk itu kita masih menerapkan SOP bagi personil dilapangan dengan memakai APD agar mereka terlindungi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dafru Pasi saat diwawancarai Humas di ruang kerjanya, Jumat (12/06).
Dafrul menyebut sampah medis dari masyarakat yang berstatus ODP serta OTG tergolong kepada sampah Infeksius, karena berkorelasi dengan covid-19 maka dari itu sampahnya harus dipisah dengan sampah rumah tangga biasa.
“Untuk sampak Infeksius ini kita memfasilitasi transportasinya bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan selanjutnya kita antar ke TPS limbah B3 yang ada di Puskesmas yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan,” ucap dafrul.
Untuk produksi sampah sendiri dikatakan Dafrul saat ini terjadi penurunan dibandingkan masa menjelang berakhirnya PSBB.
“Produksi sampah yang paling tinggi terjadi saat klaster (YA, 58th), dikarenakan banyak yang melakukan isolasi mandiri yang mana produksi sampah sekitar 30kg perhari,” ujarnya.
Untuk kelancaran proses pemungutan sampah bagi masyarakat yang melakukan isolasi, Dafrul mengatakan pihaknya selalu didukung oleh TNI dan Polri.
“Kami atas nama Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Polri atas bantuannya kepada personil kita dilapangan dan untuk data masyarakat yang berstatus ODP dan OTG kita selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” pungkas Dafrul. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.
- Advertisement -

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -