24 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Tim Gugus Tugas Kota Payakumbuh Terus Lakukan Pendisiplinan Warga Di Masa New Normal
T

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Sudah 6 hari sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir, Payakumbuh bersiap memasuki New Normal yang dicanangkan bersama Gubernur Sumatera Barat. Untuk memastikan pelaksanaan tatanan normal baru produktif aman Covid-19 (TNBPAC) berjalan dengan baik, tim gugus tugas Kota Payakumbuh terus gencar melakukan pendisiplinan kepada warga yang melakukan aktifitas keramaian.
Tak hanya area pasar dan objek wisata di siang hari, area nongkrong anak muda seperti kafe-kafe di tepi jalan Soekarno-Hatta yang menjadi ciri khas Kota Kuliner itu pada malam hari tak luput menjadi sasaran patroli satgas yang terdiri dari TNI, Polri, dan Satpol PP itu.
Terbukti pada Kamis (11/6) malam, petugas tak akan segan menegur pengunjung yang tidak mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Teguran sekaligus sosialisasi secara humanis dilaksanakan satgas dihadapan para pengunjung kafe serta warung.
Dari pantauan media, pengunjung bukan saja warga lokal Payakumbuh, bahkan ada juga anak-anak muda dari daerah tetangga. Sehingga, sosialisasi diberikan secara komprehensif, terkesan nyinyir, namun itu semua demi mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memutus penyebaran Virus Corona.
“Teguran yang diberikan ini adalah bentuk rasa sayang kita kepada warga, agar mereka memahami betul meskipun PSBB tahap ketiga sudah berakhir, bukan berarti aturan protokol kesehatan ditiadakan, karena virus corona itu masih ada. Kesadaran untuk mematuhi aturan ini harus dimulai dari warga sendiri, karena kalau tidak, pandemi corona ini tak akan berakhir. Tentu kita tidak mau ini terus menerus terjadi, serasa terkekang kita karena corona ini,” kata Wali Kota Riza Falepi sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Kota Payakumbuh kepada media.
Sementara itu, dari data kasus positif Covid-19 di Payakumbuh tidak ada penambahan dalam seminggu terakhir, malahan warga berangsur pulih menjadi 15 orang, tinggal 5 orang lagi yang menunggu kesembuhan.
“Ini adalah pertanda baik, kalau kita bisa mempertahankan tidak terjadi penularan di luar klaster yang ada, Insyaallah Corona angkat kaki dari Payakumbuh, kita bakal bisa hidup normal kembali,” tegas Wako Riza.
Kemudian, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe menegaskan pihak TNI siap mendukung penuh TNBPAC di Payakumbuh dengan menyiagakan Babinsa di lapangan bersama jajaran Polri dan Satpol PP. Untuk urusan kedisiplinan tentu TNI lebih baik. Para babinsa yang sudah terbiasa di lapangan berbaur dengan warga pasti mudah menarik perhatian saat edukasi diberikan, mereka bukan mempertakut dengan tegasnya aparat TNI, namun ada teknik bagaimana berbicara dari hati ke hati kepada warganya.
“Babinsa kita siagakan di posko maupun di tim yang mobile, kita perintahkan agar jangan jangan segan-segan menegur warga yang tak mau patuh pada aturan, tujuannya supaya warga itu mau perhatian sama dirinya dan orang lain, biar tidak ada lagi yang egois-egois, bukannya menuju ke New Normal ini komitmen kita bersama? Ya tentu kita harus saling dukung untuk itu,” tandas Dandim.
Di sisi aparat hukum, Kapolres AKBP Dony Setiawan mengatakan saat PSBB dulu, aturan yang ditegakkan sangat ketat, bahkan warga dan pengendara yang tidak pakai masker kalau ke pasar Payakumbuh saat itu digelandang ke kantor polres untuk diberikan edukasi tentang bahayanya virus corona ini. Ada yang dipulangkan malam hari, ada juga yang dipulangkan setelah sahur. Warga yang ditindakpun tak dipilih-pilih, untuk memberi efek jera.
“Hal itu adalah bentuk terapi kepada warga agar mereka mau dengan kesadaran sendiri patuh kepada aturan, hanya pakai masker saja keluar rumah dan selalu jaga jarak di kerumunan apa susahnya ya gak sih? Itu artinya kita sudah peduli kepada diri sendiri dan orang lain. Dengan patuh pada aturan akan membawa kebaikan disekitar kita, ya kita masih perang dengan corona, mari sama-sama bangga kita pernah menjadi bagian dari itu,” kata Kapolres Dony.
Antusias, tentu kita harus menyambut New Normal dengan semangat kebersamaan gotong royong untuk menang berperang melawan corona, di tengah penularannya yang tak kasat mata, disitu kita siaga dan waspada memproteksi diri dengan alat pelindung diri. Perang bukan dengan mengangkat senjata, bukan dengan mengorbankan diri melainkan cukup dengan memakai masker kemana saja dan menghindari bekerumun. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah

Padang Pariaman, beritasumbar.com, Hari pertama pelaksanaan SR (Safari Ramadhan) Kabupaten Padang Pariaman secara serentak dilepas keberangkatannya menuju Masjid dan Mushola yang telah ditetapkan yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.
- Advertisement -

Bersama Kajati Sumbar, Wako Bersafari Ramadhan Ke masjid Muhsinin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi bersama rombongan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat disambut hangat pengurus Masjid dan jamaah Masjid Muhsinin Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (17/4).

AM Kuncoro Rilis ‘Kau Dewiku’, Lagu Kontemplasi untuk Bersyukur

Eksistensi AM. Kuncoro punya magnet tersendiri bagi industri musik Indonesia. Penyanyi asal Kota Yogyakarta tersebut hadir menyajikan karya-karya lagu anti mainstream, mengikuti idealisme bermusiknya sendiri tanpa terimbas trend musik yang ada, seperti pada lagu Kau Dewiku yang dirilis di channel YouTube Prima Founder TV dan diputar serentak di 78 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 20 April 2021.
- Advertisement -

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS

Sijunjung, beritasumbar.com - Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan...

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Walikota dan Kapolres komit Atas Keputusan Pemerintah Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1442 H

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berdasarkan surat telegram Kapolda Sumbar nomor : STR/1235/VI/OPS.1.1/2021 tanggal 20 April 2021, Polres Payakumbuh menerima undangan zoom meeting Rakor lintas sektoral Ops Ketupat SGL 2021.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Pelatihan Rendang Go Digital Oleh Pertamina, Peserta Diberi Materi “Dagiangnyo Bana”

ayakumbuh,BeritaSumbar.com,- 40 orang pengusaha Randang telah mengikuti pelatihan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce dilaksanakan oleh BUMN Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh selama dua hari, bahkan mereka mendapat bantuan tabung LPG Bright Gas ukuran 5 Kg.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -