Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Ahad 13/01 sekitar jam 09.00 wib prosesi Mambali Kabau untuk Alek Batagak Pangulu Di Nagari Koto Nan Gadang Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh Sumatera Barat akan dilansungkan. Niniak Mamak, Dubalang, Bundo Kanduang,Tuangku dan Tokoh Masyarakat lainnya akan berarak dari Balai Adat Nagari Koto Nan Gadang menuju Pasar Ternak Payakumbuh.

Turun dari Balai Adat dengan dilepas letusan meriam, rombongan babendi bendi menuju pusat kota Payakumbuh. Ditugu adipura belok kiri menuju Labuah Basilang. Dilabuah Basilang kembali belok ke kiri menuju Payobasuang dimana pasar ternak Payakumbuh berada.

Setelah melalui beberapa prosesi di pasar ternak, seperti minum kawa di warung, melihat lihat dan menawar kerbau untuk dibeli buat dimasak di acara alek batagak Pangulu tersebut rombongan kembali berjalan menuju bala adat.

Saat dipasar ternak ini ada beberapa cerita unik dan menarik yang dilakoni para Dubalang saat minum kawa dan prosesi tawar menawar harga kerbau. Sangat menarik untuk ditonton dan didokumentasikan bagi para penggemar foto.

Pulang dari pasar ternak rombongan akan menempuh jalur Lingkar Utara. Payobasuang-Tanjuang Anau,Jln Soedirman menuju Balai Adat Nagari di Balai Gadang Koto Nan Gadang.

Acara ini selesai sebelum waktu zuhur masuk. Ba’da Zuhur ada prosesi balanjo bumbu masak yang dilakukan para Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Gadang.

Lengkap dengan pakaian kebesaran mereka akan berarak menuju Pakan Ahad (Pasar Payakumbuh) untuk membeli kelengkapan dapur. Dan Bundo Kanduang ini juga turun dari Balai Adat tempat dimana nantinya proses pesta batagak Pangulu diadakan.

Para bundo Kanduang berjalan dengan pengawalan dubalang.

Penasaran akan tradisi dan ragam pakaian adat Koto Nan Gadang, Mari ikut hadir diacara Mamboli Kobau dan Bahan Dapua di Olek Pangulu Koto Nan Godang pada Minggu 13/01/2019.(red)

Foto: Dokumentasi Redaksi pada Olek Pangulu Nagari Koto Nan Gadang Tahun 2012