Agam,BeritaSumbar.com,-Moment lebaran pada umumnya dimanfaatkan umat muslim untuk bersilaturahmi,baik dengan keluarga ataupun dengan orang kampung. Terutama bagi perantau yang merayakan lebaran dikampung halaman.

Apalagi masyarakat Sumatera Barat terkenal dengan sifat merantau dan pulang kampung di saat lebaran tiba. Dimana mana di Tanah Minang ini setiap hari yang Fitri datang selalu ada kegiatan silaturahmi anak rantau dengan yang ada di kampung halaman.
Hal ini juga dilaksanakan perantau dan masyarakat Sidang Lurah Nagari Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam pada Senin 18/6. Berbagai kegiatan digelar dalam rangka silaturahmi perantau pulang basamo dengn masyarakat Sidang Lurah. Ribuan warga tumpah ruah dihalaman Rice Milling Magek jaya dalam kegiatan ini.

Walau dihiasi rintik hujan tidak menyurutkan semangat masyarakat baik yang dari rantau ataupun yang berdomisili di kampung halaman memeriahkan jalan santai maupun makan basamo Ala Kabanda dengan beralaskan daun pisang. Serta hiburan musik orgen tunggal yang sudah disiapkan panitia acara tersebut.
Penanggung jawab acara Muchsin Prawira mengatakan acara ini bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi antara perantau dan kampung halaman sekaligus saling berkenalan dengan sebagian perantau yang selama ini jarang pulang dan juga memperkenalkan seperti apa adat budaya kampung halaman.

Karena banyak anak kemenakan yang sudah lahir dan besar dirantau dan tentu sangat minim pengetahuan akan kampung halaman mereka ujar Muchsin.

Hal senada juga diucapkan Donny Magek perantau Jogja yang tahun ini juga ikut berlebaran dikampung halaman. Kita menyambut positif kegiatan ini dan berharap bisa terlaksana setiap tahun,ucap Donny kepada BeritaSumbar.com disela sela kegiatan silaturahmi perantau dan kampung halaman tersebut.

Dalam kegiatan yang di gelar dari pagi hingga sore tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana untuk kegiatan MTQ tingkat anak anak dan dewasa di daerah ini. (*)