24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Ternak Sapi dan Kerbau Diasuransikan
T

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Usaha peternakan memiliki berbagai resiko kematian, diantaranya diakibatkan oleh Kecelakaan, bencana alam juga oleh penyakit.
Untuk memberikan perlindungan kepada usaha peternak jika terjadi kematian dan kehilangan, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan Polis Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK) kepada kelompok ternak Kabupaten Lima Puluh Kota di Halaman Rumah Dinas Bupati Labuah Silang Payakumbuh, Selasa (11/8).
“Mari peternak bersama dengan Petugas Kesehatan Hewan sebagai pendamping di lapangan untuk terus memanfaatkan Asuransi Usaha Ternak Sapi / Kerbau (AUTS/K) agar tenang dalam beternak karena AUTS/K menjamin ganti  rugi  bila  ternak sapi yang dipelihara terjadi kematian karena penyakit, kecelakaan, mati karena beranak dan kehilangan akibat kecurian”
“Terlindunginya usaha peternakan sehingga peternak dapat melanjutkan usahanya”, Karena itu, agar peternak mempunyai daya saing usaha, dan untuk meningkatkan motivasi beternak, kata Irfendi Arbi.
Sementara Plt Kadis Peternak dan Kesehatan Hewan Ir.Indra Suryani mengatakan,resiko yang ditanggung Polis AUSTK harga sapi/kerbau yang asuransikan adalah 10 Juta. Jangka waktu asuransi adalah 1 tahun dan Premi Asuransi 2% dari harga sapi/kerbau yang diasuransikan. Bantuan pemerintah 80% (Rp. 160.000) dan swadaya petani 20% (Rp.40.000)/ekor/tahun.
Selama tahun 2020 ini terjadi Klem AUSTK 9 ekor sapi/kerbau. Kriteria AUTSK, sapi/kerbau yang melakukan usaha pembibitan dan/ atau pembiakan. Sapi/ kerbau betina minimal berumur Satu (1) tahun, masih produktif dan dalam kondisi sehat. Sapi / kerbau yang didaftarkan menjadi peserta AUSTK paling banyak 15 ( Lima belas) ekor per ternak skala kecil, ucap Indra Suryani.
Di Kecamatan Luak ada 11 ( sebelas) kelompok ternak dengan jumlah sapi/ kerbau 88 ekor. Kecamatan Lareh Sago Halaban Jumlah kelompok 5, Jumlah sapi/kerbau 43 ekor, Kecamatan Harau Jumlah Kelompok 4 kelompok Jumlah Sapi/kerbau 11 ekor, Kecamatan Pangkalan Koto Baru Jumlah kelompok 9 Jumlah sapi/kerbau 31 ekor, Kecamatan Guguak Jumlah kelompok 15 Jumlah sapi/ kerbau 30 ekor.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...
- Advertisement -

Ustadz Irsyad Safar Serahkan Bantuan Pemprov Sumbar Untuk Masjid Baitussalam

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Wakil Ketua DPRD Sumbar Ustadz Irsyad Syafar gelar safari Ramadan ke Masjid Baitussalam, Kelurahan Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sabtu malam (17/4).

Tentang Kompensasi Lahan Di PLTMH, Ini Komentar Walinagari Tanjuang Bonai

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Proses ganti rugi tanaman dilahan masyarakat yang telah ada proses pembayaran sebelumnya,di wilayah kerja pengembangan Perusahaan Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara,diduga ada permainan tidak sehat antara pemilik lahan dan salah satu lembaga nagari terhadap Ikhwan Mega Power (IMP) selaku pengembang proyek Kalo Kalo dengan pembiayaan Penanaman Modal Asing (PMA).
- Advertisement -

Bersama Pertamina, Pelaku UMKM Payakumbuh Ikuti Workshop Digital

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz membuka secara resmi kegiatan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce yang berlokasi di Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh, Selasa (20/4).

Ustadz Irsyad Safar Serahkan Bantuan Pemprov Sumbar Untuk Masjid Baitussalam

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Wakil Ketua DPRD Sumbar Ustadz Irsyad Syafar gelar safari Ramadan ke Masjid Baitussalam, Kelurahan Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sabtu malam (17/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS

Sijunjung, beritasumbar.com - Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan...

Jumlah Warga Positif Covid Sumbar Meningkat, Bupati Minta Aksi Serius Sampai Ke Nagari

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Positif rate Covid-19 terus menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Langkah dan aksi terus menjadi prioritas pemerintah daerah untuk menekan lonjakan positif Covid-19 yang terjadi.

Untuk Jangkau Pasar Yang Luas, Bupati Dorong UMKM Sertifikasi Produk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Rabu 21/4 Inspektur Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Dra, Maya Gustina Andarini, Apt, Msc berkunjung ke Limapuluh Kota. Tim Dari Balai Obat Dan Makanan ini disambut lansung oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo

Wabup Limapuluh Kota Pimpin Rapat Pembahasan Geopark

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri Pimpin Rapat Pembahasan Geopark Senin ( 19/04/2021 ) di Ruang Rapat Bupati Limapuluh Kota.

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -