29 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Seragam “Militer” Loreng Brimob Disebut Kemunduran Polisi
S

Kategori -

Keputusan pemakaian seragam loreng untuk Korps Brigade Mobil (Brimob) disebut sebagai bentuk kemunduran institusi Kepolisian Republik Indonesia.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, klaim Kapolri Jenderal Sutarman bahwa pemakaian kembali seragam loreng adalah sebagai salah satu bentuk revolusi mental tak berdasar.

Neta mengingatkan bahwa tahun 1999 saat Polri memisahkan diri dari  TNI, polisi juga lantas meninggalkan hal-hal yang berbau militer. Mulai dari atribut seragam, hingga penggantian nama di sisi pangkat para anggota Polri, semuanya diubah.

“Jadi, penggunaan kembali seragam loreng, dapat disebut juga sebagai bentuk kemunduran Polri. Karena sejak awal, polisi itu harus mengenakan atribut sipil, namun tetap profesional,” ujar Neta kepada CNN Indonesia, Ahad (23/11).

Menurut Neta, lebih dari itu, penggunaan kembali atribut loreng oleh Korps Brigade Mobil Polri memberi efek psikologis bagi anggota Polri ataupun TNI.

Bentrok di Batam, yang terjadi lima hari setelah Kapolri Jenderal Sutarman mengumumkan dikenakan kembali seragam loreng oleh anggota Korps Brigade Mobil, dinilai sebagi efek psikologis yang dirasakan anggota TNI dan Polri.

Neta menyebut, bentrok yang terjadi di Batam adalah bentuk dari rasa tidak rela para anggota TNI yang menilai dirinya sebagai militer sejati.

“Ada ketidakrelaan di TNI. TNI merasa mereka adalah militer, sedangkan mereka melihat polisi sebagai masyarakat sipil yang bertugas di bidang ketahanan,” ujar Neta

Tidak hanya memberi efek tak rela kepada anggota TNI, pengenaan seragam loreng oleh para anggota Brimob juga disebut Neta dapat menjadi pemicu sikap arogan dalam tubuh Polri. Alasannya, karakter militer sudah sangat kental melekat di seragam loreng. Di sisi lain, korps Brimob kerap disebut sebagai ‘militer’nya polisi.

“Jika hal-hal yang berbau militer dikenakan oleh yang bukan militer, sangat mungkin dapat memunculkan karakter arogan, represif sekaligus militeristik,” kata Neta.

Dia meyakini sikap arogan yang muncul saat mengenakan seragam loreng dapat menjadi pemicu bentrok lain yang tak pernah selesai antara TNI dan Polri. “Seperti yang terjadi di Batam,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada Jumat lalu (14/11), Sutarman telah mengumumkan penggunaan seragam loreng kembali dalam perayaan ulang tahun Korps Brimob di Markas Komando (Mako) Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. (rdk/obs/cnn indonesia)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -