24.5 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Sebagai Perpanjangan Tangan Bupati, Camat Dituntut Mampu Jalin Kerjasama
S

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Seorang camat dituntut mampu menjalin koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak termasuk Forkopimca, pemerintahan nagari dan unit kerja lainnya. Harus dipahami, camat merupakan perpanjangan tangan bupati yang ditempatkan di wilayah kecamatan.
Hal itu ditegaskan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya dalam acara serah terima jabatan Camat Mungka dari Harman, A.Md yang memasuki masa pensiun kepada Eripal, BA selaku pelaksana tugas (plt) Camat Mungka di aula pertemuan kantor camat setempat, Selasa (3/4).
“Saya berharap, setiap Camat dapat meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga meningkatkan, komunikasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak untuk terwujudnya kecamatan nyang lebih baik dan maju,” ungkap Bupati Irfendi.
Dikatakan, camat juga mesti mampu meningkatkan sinergitas dan menciptakan harmonisasi dan kerjasama dengan semua pihak. Tak kalah pentingnya, camat harus bisa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab serta menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan.
“Saya berharap plt camat yang baru bisa laksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, bekerja sesuai mekanisme dan aturan berlaku,” ingat Irfendi yang ikut didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Monalisa Irfendi Arbi, Asisten Pemerintahan Dedi Permana, Kepala BPMD/N Ahmad Zuhdi Perama Putera, dan sejumlah unsur Forkopimda dan kepala OPD lainnya.
Begitu juga terhadap berbagai pihak lainnya termasuk seluruh lapisan masyarakat di Mungka, ujar Irfendi, hendaknya sama-sama mendukung plt camat dalam menjalankan tugas dan fungsinya di kecamatan ini.
“Harus disadari, tanpa dukungan masyarakat, camat itu sulit bagi seorang camat melaksanakan tugasnya dengan baik,” tutur Irfendi.

Lebih jauh Bupati Irfendi juga menjelaskan, seorang camat diharapkan bisa menjadi panutan bagi para bawahannya dan masyarakat. Untuk itu, pemimpin di kecamatan ini harus bisa menjaga sikap serta perilakunya. Tak kalah pentingnya, camat bersama wali nagari harus benar-benar menguasai data, situasi dan kondisi wilayah serta masyarakatnya.

Camat dan wali nagari harus tahu warganya yang tidak makan karena miskin atau warga yang dipasung karena mengalami gangguan jiwa.

“Saya tidak mau lagi ada warga yang tidak makan, atau dipasung karena mengalami gangguan jiwa. Jika ada, camat dan wali nagari harus segera menyampaikannya agar segera bisa kita sikapi,” tekan Irfendi.

Sebelum mengakhiri sambutannya Irfendi juga menyampaikan ucapan terimaksih dan apresiasi kepada camat yang pensiun Harman, AM.d yang telah mengabdi selama hampir 35 tahun di Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.
“Saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian saudara Harman yang hampir 35 tahun mengabdi di daerah ini,” simpul Irfendi di hadapan ratusan masyarakar yang memadati tempat acara serahterima jabatan tersebut.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Anggota Satgas TMMD Lakukan Kunjungan Terakhir Ke SDN 01 Talang Maur

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com, - Di hari terakhir penugasan, anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mengunjungi SDN 01 Talang Maur untuk menjalin tali silaturahmi dengan para guru disana, Rabu (14/7/2021).
- Advertisement -