24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Sampah Membusuk di Titik Kumpul, Tak Pernah Terjadi saat Ramlan Nurmatias Pimpin Bukittinggi
S

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Tumpukkan sampah di titik kumpul sampah belakang Pasar Atas, tak habis dibawa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi, mengeluarkan aroma busuk menyengat hidung hingga radius puluhan meter, dikeluhkan masyarakat.

“Tak biasa terjadi. Apakah sisa sampah di titik kumpul sengaja dilakukan, yang tujuannya supaya wali kota Bukittinggi, Erman Safar mendapat penilaian jelek di mata masyarakat,” kata seorang warga kota Bukittinggi, H. Efi di Bukittinggi, Rabu (9/6/2021).

Menurut dia, adanya sampah tersisa alias tak habis dibawa DLH, baru kali ini terjadi, dan sudah berlangsung sekitar satu bulan terakhir ini.

“Ada apa ini. Kadis kah dibalik semua ini, yang bisa saja disangkakan belum mau move on atas terpilihnya Erman Safar sebagai wali kota. Soalnya, di zamannya Ramlan Nurmatias wali kota, tidak ada keluhan masyarakat tentang sampah,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi ke Kepala DLH, Syafnir. Ia yang ditemui di kantornya, membantah atas tuduhan sampah sengaja disisakan di titik kumpul belakang Pasar Atas tersebut, agar padangan masyarakat jeleknya ke wali kota yang baru.

Menurut Syafnir, saat ini volume sampah memang mengalami peningkatkan. Sampah biasanya 110 ton se hari, kini mencapai 127 ton se hari.

Kurangnya armada, menurut Syafnir, juga menjadi kendala dalam membawa sampah ke TPA kota Payakumbuh.

“Armada kita ada 15 unit. Butuh dua unit lagi, termasuk tambahan delapan orang petugas, satu sopir dan tiga orang petugas memungut sampah,” katanya.

Sampah tersisa di titik kumpul sampah yang berada di belakang Pasar Atas itu, kata Syafnir, rute mobil sampah yang tadinya mengakut sampah di titik kumpul sampah dilakukan terakhir, akan diutamakan terlebih dulu untuk dipungut.

“Kerja sama masyarakat, khususnya pedagang di Pasar Atas sangat diperlukan. Buang lah sampah secara disiplin sesuai waktu yang ditentukan. Jangan sampah sudah dipungut, lalu baru dibuang ke titik kumpul,” harapannya.

Syafnir mengatakan, pernah ada sampah ditumpuk di dekat salah satu sekolah TK. Kata dia, itu dilakukan ada dugaan disengaja oleh oknum orang tak bertanggung jawab, kemungkinan untuk kepentingan politik.

“Kita punya target, tidak ada lagi titik kumpul sampah di sudut-sudut kota Bukittinggi. Semua sampah dibawa pakai mobil pick up, lalu dikumpulkan di tanah lapang yang berlokasi di belakang kantor DLH,” ucapnya.

“Banyaknya mobil pick up untuk 24 kelurahan, dibutuhkan 30 unit. Satu kelurahan bisa membutuhkan dua sampai tiga mobil pick up, tergantung luas kelurahannya. Kelurahan yang kecil, mungkin butuh satu mobil pick up saja,” paparnya.

Menurut dia, di APBD perubahan 2021, akan dialokasikan dana untuk pembelian mobil pick up sebanyak lima unit. Sedangkan pembelian 25 unit pick up akan dialokasikan di APBD 2022.

Saat ini, menurut Syafnir, untuk pengelolaan sampah di kota Bukittinggi pada 2021, telah menghabiskan dana APBD Rp17 miliar. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)
- Advertisement -

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Saluran Permanen Dibuat di Bypass Bukittinggi, Rahmat: Kita Sudah Bertemu Gubernur

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Keinginan warga Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, agar bahu jalan bypass yang berada dibawahnya terdapat saluran air, sempat...

100 Hari Kepemimpinan Erman Safar – Marfendi, Awal Menuju Bukittinggi Hebat

Bukittinggi, beritasumbar.com - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi mengumumkan 100 hari progres kinerja mereka memimpin Bukittinggi pascadilantik pada 26 Februari...

Mundurnya Sejumlah Pejabat di Pemko Bukittinggi, Qory : Bukti Tak Mampu Laksanakan Tugas

Bukittinggi, beritasumbar.com- Mundurnya sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, tidak mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat. "Pelayanan Pemko terhadap masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Tidak...

Bukittinggi Dapat Hibah Mobil Pustakaan Keliling dari Perpusnas RI

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendapat bantuan hibah 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Mobil dengan fasilitas 3 komputer,...

Satu Mobil Ketua DPRD Diganti Dengan Inova, Tasmon: Mobil-nya Jenis Sama Ada Dua

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Mobil dinas Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Herman Syofyan saat ini jenis Jipp ada dua unit, yakni Fortuner dan Pajero. Untuk Bukittinggi...

Nyali Dinas PUPR Dipertanyakan, Bangunan Tanpa IMB Dibiarkan Berdiri

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Nyali Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bukittinggi dipertanyakan. Bangunan terletak di Luak Anyir, Kubu Gulai Bancah, Mandiangin Koto...

DPRD Bukittinggi Tak Elok Asal Hantam Kromo

Pasca dilantik Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (26/2/2021), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Marfendi terus mendapat sorotan, mulai...

Kwatir Amblas Lagi, Warga Jl Bypass Mohon Pemerintah Bangun Drainase

Bukittinggi, beritasumbar.com — Warga di sekitar Jalan Bypass Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, masih khawatir jika sewaktu-waktu bahu jalan di depan tempat usaha...

Bukittinggi Zona Orange, Plt DKK Ismail: Ingat yang Menentukan Warna Zona Satgas Covid Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Adanya dua pandangan tentang warna zona status covid-19 di Kota Bukittinggi, ditanggapi Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat dengan menyatakan penetapan zona...

Gubernur Sumbar Hadiri Acara Halal Bihalal di SMA 1 Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah serapan pagi di rumah wakil wali kota Bukittinggi Marfendi, Jumat (21/5/2021), Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, SP berkunjung ke...
- Advertisement -