26.2 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Rangkaian HUT Kota Payakumbuh, Wako Riza Minta Jajarannya Siapkan Informasi Pelayanan P3K, Minimalisir Keramaian
R

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi, Rabu (25/11) menyebut telah memberi arahan agar iven peringatan 50 tahun hari jadi Kota Payakumbuh dilaksanakan dengan Pemko lah yang menjadi trigger (pemicu) yang baik dan menjadi contoh dalam menyemarakkan rangkaian kegiatan ulang tahun emas kota Randang itu, apalagi dengan melibatkan masyarakat secara luas.

“Untuk masukan awal kita melihat sekarang sedang marak aktifitas berolahraga seperti bersepeda, kita minta ada informasi petunjuk pelayanan P3K yang perlu disiapkan oleh dinas kesehatan beserta jajaran berupa informasi dan pola pelayanan kesehatan P3K bagi masyarakat kita,” kata Wako Riza.

“Pengunjung pasar, peserta olahraga massal, dan kegiatan massal lainnya harus diberikan layanan informasi pelayanan P3Knya,” pesan Riza.

Biasanya, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh banyak acara kemasyarakatan digelar. Seperti pentas musik, kesenian, bagodang, hingga pameran kuliner. Namun, karena pandemi Covid-19, pemko dituntut kreatif dan inovatif untuk dapat melakukan adaptasi dengan kondisi sekarang, dimana HUT Kota Payakumbuh yang ke 50 tahun pada 17 Desember 2020 nanti dapat dimeriahkan, namun dengan rangkaian kegiatan yang digelar berpedoman kepada Perda Nomor 06 Tahun 2020.

Sementara itu, Sekdako Payakumbuh Rida Ananda menyampaikan adapun resepsi HUT Kota digelar secara virtual di sore hari 17 Desember 2020 dengan penanggung jawab media adalah Diskominfo. Lokasi acara berada di pentas Medan Nan Bapaneh yang disiapkan oleh Disparpora.

Sekda menekankan agar menjadi catatan bagi pelaksana acara resepsi HUT Kota, kehadiran person di lokasi pentas utama cukup hanya 50 orang saja, itu terdiri dari kru dan pengisi acara seperti penari.

Diskominfo dan dinas pendidikan diminta bekerjasama menyiapkan video berdurasi sekitar 3 hingga 5 menit yang menayangkan tentang sejarah Kota Payakumbuh dan testimoni tokoh Kota Payakumbuh, serta keberhasilan Kota Payakumbuh saat ini dibawah kepemimpinan Riza Falepi-Erwin Yunaz.

“Video disiarkan di berbagai media sosial dan saat acara puncak HUT kota secara virtual,” kata Sekda.

Pakaian acara atau dresscode yang dipakai adalah “Taluak balango”, dimana sarana protokol kesehatan disiapkan oleh OPD masing-masing, untuk acara jamuan makan-makan massal ditiadakan.

“Lomba-Lomba baiknya tidak diadakan dulu atau kalau memungkinkan digelar, maka diadakan sesuai protokol kesehatan ketat, sementara ini kita masih menyesuaikan dengan kondisi kasus Covid-19 di Payakumbuh,” kata Sekda.

Anjang sana kepada tokoh masyarakat Kota Payakumbuh seperti mantan wali kota masih dilakukan dan untuk peringatan hari bela negara tanggal 19 Desember 2020 digelar secara virtual. Dinas pendidikan juga diminta untuk menayangkan video seni prestasi siswa Payakumbuh yang juara di Provinsi Sumbar dalam iven HUT Kota Payakumbuh ke 50 nanti.

“Untuk rapat paripurna di kantor DPRD, populasi menghadiri acara dibatasi maksimal 75 orang saja. Terdiri dari anggota DPRD, wali kota, wakil wali kota, Forkopimda dan Ketua KAN 10 Nagari,” jelas Rida Ananda. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Pessel Serahkan Bantuan 8 Ton Beras

Walaupun sedang hari libur, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tetap melaksanakan tugas nya sebagai kepala daerah, kali ini Sabtu (9/1/2021) turun ke kampung Akad, Koto Tangah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan sembako pada warga terkena dampak banjir.
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.
- Advertisement -

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -