29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Peringati Maulid Nabi, Masyarakat Pakan Sinayan Gelar Tabligh Akbar
P

Payakumbuh,BeritaSumbar.com-Ratusan jemaah padati lapangan hijau Kelurahan Pakan Sinayan Kec. Payakumbuh Barat untuk mengikuti tabligh akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar masyarakat setempat. Tabligh akbar yang menghadirkan penceramah DR. Arrazy Hasyim, Lc. MA seorang dosen UIN Jakarta tampak dihadiri langsung Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra Setdako, Ipendi Muis, Kasi Bimas Islam, Endra Rinaldi, Wakil Ketua MUI, Erman Ali, Kanit Sosbud Polres, Rinaldi, Camat diwakili Ujang Mustafa, Lurah, Sandiko Buana dan tokoh masyarakat setempat.

Kepada jemaah tabligh akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (03/12), Ketua LPM Kelurahan Pakan Sinayan, Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada pemko Payakumbuh dan seluruh donatur yang telah berpartisipasi terlaksananya tabligh akbar yang bertujuan untuk mengikat silaturrahim dan meningkatkan ketaqwaan.

Ungkapan bangga juga disampaikan Kepala kankemenag diwakili Kasi Bimas Islam, Endra Rinaldi.

” Tabligh akbar yang diselenggarakan masyarakat kelurahan Pakan Sinayan patut diacungi jempol. Ini merupakan indikasi peningkatan pengamalan syariat islam. Biasanya kegiatan serupa digelar di Mesjid Nurul Falah, namun karena tidak sanggup menampung jemaah, tokoh masyarakat menggelar di lapangan terbuka yang dilengkapi fasilitas kesehatan dan WC umum. Ini pertanda adanya peningkatan. Kita berharap kegiatan ini memiliki arti penting terhadap tumbuhnya motivasi meramaikan mesjid dengan kegiatan keagamaan, khususnya shalat berjamaah,” ujar Endra Rinaldi.

Membuka tabligh akbar, Kabag Kesra Ipendi Muis sangat apresiasi dan menyampaikan ucapan maaf dari pimpinan daerah yang tidak bisa hadir bersama jemaah.

“Pemko Payakumbuh saat ini giat melakukan himbauan dan ajakan kepada warga untuk mendukung program perwujudan ABS/ABK dan pendidikan akhlak mulia di Payakumbuh.

” Kondisi kekinian yang sangat memprihatinkan merupakan tantangan bagi kita bersama yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Posisi Payakumbuh yang berada diperlintasan provinsi membuat kota ini sebagai lahan persinggahan, termasuk persinggahan perilaku munkar. Perilaku yang bisa terlihat saat ini berupa peredaran narkoba, protitusi, lGBT, HIV/AIDS dan perilaku menyimpang lainnya. Ini adalah PR kita bersama. Salah satu benteng untuk menangkal perilaku munkar tersebut salah satunya berupa tabligh akbar yang digelar masyarakat Pakan Sinayan. Sebelumnya masyarakat kelurahan Tiakar juga telah memulainya kemaren,” terang Ipendi.

Program pemerintah untuk mewujudkan ABS/ABK di kota ini berupa dukungan penuh terlaksananya kegiatan agama dan keagamaan, tabligh akbar, shalat berjamaah bersama warga, bersama kemenag melahirkan dan memfasilitasi kampung al qur’an yang bersumber dari komitmen nagari Payobasung. Selain itu pemko giat mendukung pondok al quran. Saat ini sudah ada sekitar 9,8 % siswa kelas VII yang sudah hafidz 1 juzz bahkan sudah ada yang hafidz 30 juz. Insyaallah, cita-cita jangka panjang kita untuk menjadikan Payakumbuh sebagai kampung hafidz, akan terwujud sekitar 10 tahun kedepan,” papar Ipendi.

Tausiyah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, penceramah Arrazy Hasyim memitik beratkan tausiyahnya kepada feedback dari peringatan maulid nabi terhadap perwujudan kekuatan muslim di Payakumbuh.

” Saat ini islam tengah dihadapkan cobaan dari luar dan bahkan dari dalam sendiri. Bid’ah dan beda pemahaman dijadikan sarana untuk memecah belah, termasuk benturan kepentingan sesat. Kami sangat memuji para ulama terdahulu, mereka tidak menyecap pendidikan akademis yang tinggi seperti kita saat ini. Namun mereka dihargai karena jasa dan penguasaan ilmu yang dalam. Dalam mempelajari al quran, ulama terdahulu mengkaji bukan dari kulit tapi mempelajari hingga ke negeri Arab, termasuk pendiri MTI Pakan Sinayan, Syech Alwi.

“Dalam mencapai sebuah kemuliaan, Rasulullah telah meningggalkan 2 pusaka yang akan menuntun kita ke syorga. Orang yang cerdas itu akan mempelajari al quran dengan kajian makna yang dilanjutkan dengan kajian tafsir. Ulama terdahulu belajar al quran, mempelajari makna dan mengamalkan isi kandungannya. Itulah yang membuat mereka dihargai dan tersohor. Ulama terdahulu tidak goyang, mereka istiqamah berislam dan mengajarkan islam. Marilah kita berishlah, demi terwujudnya islam yang kuat. Hilangkan semua perseteruan yang disebabkan hal yang tidak sepatutnya kita hebohkan. Mari kita jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan utuh, untuk mewujudkan islam rahmatan lil’alamin. Kita mulai dari diri dan keluarga,” tukuk Arrazy.

Diterangkan Wakil Ketua MUI, Erman Ali, Arrazy adalah calon ulama sufi Payakumbuh kedepan. Arrazy adalah putra daerah Payakumbuh yang saat ini menjadi seorang intelektual dan agamis muda. Saat ini kita rindu dengan mubalig-mubalig muda sebagai pelanjut ulama,” ucap Erman Ali.

Sesi tanya jawab menggunakan secarik kertas yang disediakan panitia pelaksana belum berjalan maksimal. Karena keterbatasan waktu, seluruh pertanyaan jemaah tidak dapat terjawab secara keseluruhan. tapi Arrazy hasyim berjanji, dilain waktu kita akan lanjutkan pengajian terkait kisah kenabian sebagai modal mengarungi hidup dimasa globalisasi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...
- Advertisement -

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.
- Advertisement -

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -