24 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

MDTA Nagari Guguak VIII Koto Talago berbenah
M

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com,-MDTA Muhammadiyah Jorong Balai Talang, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak terus berbenah. Karena ruang belajar yang ada tidak lagi memadai, masyarakat setempat membangun lokal baru dan mushalla serta merehab bangunan lama.

Pembangunan yang bakal menghabiskan dana sekitar Rp523 juta tersebut telah dilakukan peletakan batu pertamanya oleh berbagai unsur di Jorong Balai Talang, Minggu (5/2).

“Dari perkiraan biaya Rp523 juta, hingga kini sudah terkumpul sekitar Rp210 juta yang berasal dari sumbangan perantau, masyarakat dan donator lainnya. Menariknya, dari dana yang sudah terkumpul itu sekitar 200 juta diantaranya di peroleh dari satu keluarga perantau,” ungkap Ketua Pantia Pembangunan MDTA Muhammadiyah Balai Talang Fakhri Dt. Sumu kepada wartawan di Balai Talang, usai acara peletakan batu pertama itu.

Menurut Fakhri, untuk tahap awal akan dilaksanakan pembangunan  tambahan ruangan belajar sebanyak dua lokal yang masing-masingnya berukuran 7×8 meter. Tahap berikutnya, rehab empat lokal belajar lama yang sudah banyak rusak, terutama pada bagian lantai dan dinding serta loteng.

“Untuk pembangunan dua unit lokal baru dan rehab empat ruang belajar lama diperkirakan akan memakan biaya hingga Rp300 juta,” tutur Fakhri.

Sedangkan tahap ketiga, akan dilanjutkan dengan pembangunan mushalla yang direncanakan berukuran ukuran 9×9 meter yang diperkirakan akan menelan biaya hingga Rp200 juta. Tempat shalat saat ini hanya memanfaatkan salahsatu ruangan belajar yang hanya mampu menampung 80 orang, sedangkan jumlah murid sebanyak 130 orang belum termasuk guru.

Dikatakan, tambahan lokal belajar itu sangat mendesak karena ruangan belajar yang ada tidak memadai untuk menampung murid MDTA yang berjumlah 130 orang dengan 4 tingkatan kelas. Selain tidak mampu menampung jumlah murid yang terus bertambah, lokal belajar yang ada juga sudah kurang layak karena fisik bangunan sudah mengalami kerusakan.

“Sejak dulu hingga sekarang, yang belajar di MDTA ini tidak hanya anak dari Jorong Balai Talang, namun juga murid dari nagari ataupun jorong tetangga. Tak heran, jumlah muridnya mencapai 130 orang dan terbanyak di Kabupaten Limapuluh Kota. Sedangkan  lokal belajar relatif terbatas,” papar Fakhri yang juga Ketua Bamus Nagari Guguak VIII Koto.

MDTA yang pernah menjadi juara pertama lomba MTA tingkat Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2015 dan juara 3 lomba MDTA tingkat Provinsi Sumatera Barat itu memiliki 7 orang tenaga pengajar yang tahun lalu kembali mendapatkan honor dari Pemkab Limapuluh Kota.

“Kita sangat berterimakasih kepada Bupati Limapuluh Kota yang telah merealisir kembali honor bagi guru MDTA ini,” ungkap Fakhri yang dianggukan Kepala Jorong Balai Talang Ansyarullah.

Pada tempat terpisah Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengapresiasi partisipasi masyarakat Balai Talang dalam pembangunan infrastruktur pendidikan agama Islam tersebut. Ia berharap, MDTA itu semakin eksis menjadi pelengkap pendidikan formal terutama bagi anak yang sekolah di sekolah umum seperti SD.

“MDTA ataupun TPA merupakan pendidikan luar sekolah yang memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pengamalan ajaran Islam. Kita sangat mendukung keberadaan pendidikan luar sekolah tersebut, bahkan kita terus berusaha untuk meningkatkannya,” ungkap Irfendi.

Dengan adanya MDTA dan TPA, lanjut Irfendi, ia optimis ke depan generasi di daerah ini akan memiliki pemahaman agama yang lebih baik dan tidak akan adanya lagi anak yang buta membaca serta buta menulis Al-quran.

“Ini sejalan dengan program Pemkab Limapuluh Kota dalam rangka pengembangan aklak dan syiar Islam,” tutur Irfendi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kepala Disdikbud Agam Beberkan Manfaat Literasi Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Isra menyebut literasi digital sebagai sarana mewariskan budaya.
- Advertisement -

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...

LPPKI Selenggarakan Legal Training Buat Insan Perbankan

Solok -BeritaSumbar.com,-Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) menyelenggarakan Legal Training buat insan Perbankan yaitu Bank Prekreditan Rakyat (BPR) yang diikuti oleh perwakilan BPR se Kota dan Kabupaten Solok serta Solok Selatan yang diadakan di hotel Taufina Kota Solok, pada Kamis 23 September 2021.
- Advertisement -

Lapas Sijunjung Gelar Simulasi Cegah kebakaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran Jajaran Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Muaro Sijunjung bekerjasama dengan Dinas Damkar setempat melakukan simulasi memadamkan kebakaran di...

Diduga Abaikan Peringatan Pemerintah,Limbah Hasil Proyek PLTMH Berserakan

Tanah Datar, beritasumbar.com - Pengerjaan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kalo Kalo Lubuk Jantan diduga abaikan surat peringatan pemerintah daerah tentang limbah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.

Didampingi Kadisparpora dan Ketua KONI, Bupati Safaruddin Serahkan Bantuan Atlet dan Pelatih PON XX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Tiga atlet berikut satu pelatih binaan KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dipastikan akan segera berangkat ke Papua untuk memperkuat kontingen olahraga Sumbar dalam ajang PON XX Papua. Selain dukungan moril, ke empat atlit dan pelatih Luak Nan Bungsu itu juga dibekali bantuan transportasi-gizi.

Kepsek SMAN 1 Harau Beberkan Dampak Negatif Media Sosial

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Harau Afrizal menyebut media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialiasi dan berinteraksi, media untuk bermain game, media untuk saling memfasilitasi berbagi file, serta media untuk menuliskan artikel.

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Warga Kampus Bantu UKT Mahasiswa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dampak Pandemi Covid –19 sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani) juga merasakan dampak tersebut, ada sebagain mahasiswa mengalami kesulitan membayar UKT/ SPP di Semester Ganjil 2021/2022 ini.

Masuk 100 Pelaksana, Puluhan Peserta Ikuti Sekolah Kader Pengawasan Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dari 100 titik yang ditunjuk oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sebagai...

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -