24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Lepas Funbike Gadih Angik, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Untuk Jaga Dan Hidupkan Kembali Pariwisata
L

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Dalam rangka memperkenalkan potensi wisata di wilayah Kapalo Koto Ampangan, LPM bersama Karang Taruna gelar kegiatan fun bike gadih angik yang turut dimeriahkan oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, anggota DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Camat Agus Rubiono bersama Sekretaris Camat Selatan Diki Engla, serta tokoh masyarakat Kapalo Koto Ampangan, Minggu (28/3/2021).

Tidak hanya dari pesepeda dari Payakumbuh saja, fun bike gadih angik juga dimeriahkan oleh pesepeda dari Limapuluh Kota, Pariaman serta Bukittinggi.

Dengan mengawali dalam menyerukan “salam olahraga” kepada semua yang hadir di objek wisata panorama ampangan tersebut, wakil walikota Erwin Yunaz mengajak seluruh warga sekitar Kapalo Koto Ampangan agar dapat membuat objek wisata panorama ampangan tersebut kembali menggeliat seperti sediakala.

“Dibalik untuk tujuan wisatanya, kegitan fun bike ini tentu sangat menyehatkan bagi kita semua, dimana dengan bersepeda kita dapat menikmati alam yang indah seperti di panorama ampangan ini”, ujarnya.

Lebih lanjut, Wawako tersebut juga kembali mengajak kepada seluruh warga agar dapat menjaga fasilitas yang sudah diberikan oleh Pemko.

“Mari kita jaga dan tingkatkan inovasi kreatifitas sedemikian rupa, sehingga fasilitas yang ada ini dapat menjadi lebih indah lagi. Dan juga bagaimana tentunya fasilitas ini harus selalu kita gunakan dan jaga sebaik mungkin agar fasilitas ini tidak habis dimakan waktu”, ajak Erwin kepada seluruh warga dan peserta fun bike gadih angik.

Turut juga disampaikan wakil walikota tersebut bahwa saat ini kondisi ekonomi kota Payakumbuh sudah sangat baik dalam menghadapi masa pandemi covid-19, dimana jika dibandingkan dengan daerah lain kota Payakumbuh memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan ini harus selalu kita tingkatkan agar penyetaraan ekonomi bagi warga kota Payakumbuh dapat dirasakan semuanya”, ungkapnya.

Selain wakil walikota, Anggota DPRD YB. Dt. Parmato Alam juga turut memberikan sambutan dalam kegiatan funbike gadih angik yang diprakarsai oleh LPM Kapalo Koto Ampangan.

Dt. Parmato Alam menyampaikan bahwa kegitan funbike ini dapat menjadi momentum yang mempunyai nilai strategis dalam usaha pemerintah kota dalam mengembangkan sektor wisata terutama untuk objek wisata panorama ampangan ini.

“Ini tentu menjadi titik balik bagi pemerintah kota untuk memajukan pariwisata kita, dan dengan majunya pariwisata kita tentu akan berdampak dan dapat dirasakan langsung oleh warga kita. Dan saya yakin pemerintah kota melalui Wawako tentu memiliki rencana-rencana yang strategis untuk memajukan dan menggenjot lagi pariwisata yang ada saat ini”, ujar mantan ketua DPRD Payakumbuh itu.

Dibalik nama kegiatan funbike gadih angik, Dt. Parmato Alam bercerita sedikit tentang awal mula nama tersebut diberikan.

“Gadih angik penamaan salah satu wilayah di kelurahan kapalo koto ampangan oleh orang tuo dahulu dimana dimasa dahulu ada anak gadis yang meninggal karna mengalami musibah terbakar, yang mana tepat lokasinya berada di jalan tuanku lareh yang merupakan areal pertanian dengan pemandangan yang sangat indah. Dimana pada titik tersebut saat cuaca cerah akan nampak pemandangan kota Payakumbuh dengan jelas dari posisi ketinggian, dan bisa dikatakan kita dapat melihat seluruh kota Payakumbuh dari titik tersebut”, ungkapnya.

Sementara itu, lurah Kapalo Koto Ampangan Bima Rahmon juga turut menyampaikan bahwa kegiatan funbike gadih angik bertujuan untuk meningkatkan usaha serta menambah peluang usaha bagi masyarakat setempat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Salah satu sektor yang bisa dimanfaatkan adalah keindahan alam untuk wisata keluarga.

Serta, menurut Bina dalam kegitan funbike ini kelurahan cuma memberikan dukungan, pembinaan dan melakukan pengawasan dalam proses serta pelaksanaan kegiatan bersama babinkamtibmas dan Babinsa.

“Kami mengharapkan ini bisa menjadi kegiatan positif bagi generasi muda dan dapat menciptakan peluang yang lebih baik ke depannya”, harap lurah Kapalo Koto Ampangan tersebut.

Dan untuk rute yang akan dilalui peserta yang berjumlah ratusan tersebut akan dimulai dari simpang sawah Padang, lanjut belok kanan ke jalan tuanku lareh, naik terus melalui daerah padang Solok, kemudian chek poin di gadih angik, terus lanjut naik dan belok kiri ke jalan cocon, lalu belok kanan naik menuju panorama ampangan.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -