29 C
Padang
Selasa, Agustus 9, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kupas Dan Telisik Apa Itu Magang Serta Manfaatnya Bagi Mahasiswa
K

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Silvia Permata Sari,
Dosen Fakulsta Pertanian Unand

Kuliah tidak hanya sebatas duduk dan mendengarkan dosen menerangkan teori di depan ruang kuliah, tetapi masa kuliah merupakan waktu yang tepat bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan mencari berbagai pengalaman. Salah satu kegiatan penerapan teori dan pengalaman baru ketika masih berstatus mahasiswa adalah magang. Makanya pada artikel kali ini, kita akan kulik “kupas dan telisik” apa itu magang, hal apa saja yang perlu kamu perhatikan selama magang, dan manfaat magang tersebut untuk kamu”.

Bagi kalangan mahasiswa, istilah magang sudah tidak asing lagi di telinganya. Itu karena magang dijadikan sebagai salah satu mata kuliah maupun syarat untuk kelulusan menjadi seorang sarjana, dimana kegiatan magang tersebut ada SKS (sistem kredit semesternya) sesuai kampus masing-masing.

Magang sendiri merupakan wadah bagi mahasiswa untuk dapat merasakan secara langsung seperti apa dunia kerja, budaya, dan etos kerja. Meskipun dalam magang tidak mengikat seperti kerja fulltime dan tidak selalu mendapat gaji bulanan seperti pekerja tetap, pada umumnya. Namun, ilmu dan pengalaman saat magang belum tentu bisa didapatkan selama berkuliah. Magang bisa dilakukan di instansi pemerintahan maupun swasta yang legal. Contohnya saja kegiatan magang yang baru-baru ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas, yang secara resmi dilepas oleh Dekan Pertanian Unand tanggal 4 Juli 2020 kemarin.

Dalam kegiatan magang tersebut mahasiswa bisa mempraktekkan ilmu pengetahuan (teori) dan keterampilan (skill) yang diperoleh mahasiswa selama di bangku perkuliahan, sekaligus mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari tempat magang tersebut. Dengan harapan, nantinya setelah magang mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal untuk masuk di dunia kerja yang sebenarnya setelah mereka lulus.

Agar kegiatan magang itu berjalan lancar dan sesuai rencana yang diharapkan, maka ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan :

  1. Kamu Harus Punya Tujuan Jelas.

Setiap kampus tentu saja punya aturan magangnya yang berbeda-beda, walaupun pada prinsipnya tujuan akhir dari magang tersebut adalah sama. Tujuan magang bisa tercapai kalau tempat magang yang kamu pilih sesuai dengan bidang yang kamu tekuni di bangku perkuliahan. Mau magang dimana itu sebaiknya disesuaikan dengan bidang ilmu atau jurusan yang kamu tekuni. Selain tempat magang yang sesuai, tujuan yang jelas juga dicapai jika kamu punya program kerja (proker) yang jelas, baik program kerja kelompok maupun program kerja individu yang akan dikerjakan selama magang sehingga magang kamu bisa maksimal. Misalnya: kamu dari jurusan Pertanian, maka kamu bisa magang di dinas pertanian dan instansi yang berhubungan dengan bidang pertanian, seperti Balai Benih Induk Tanaman Padi Palawija dan Hortikultura Sumatera Barat, PT Perkebunan Nusantara VI Usaha Ophir Kinali Pasaman Barat, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT. Bisi Internasional, Bukik Gompong Organic Garden, Solok, Kebun Raya Cibodas, Balai Penelitian Tanaman Sayuran (BALITSA) Jawa Barat, dan berbagai instansi lainnya yang berkaitan dengan ilmu pertanian. Sebaliknya jika kamu dari jurusan Matematik, kamu bisa magang ke instansi yang ada penerapan ilmu matematikanya seperti Badan Pusat Statistik bahkan ke sekolah-sekolah sebagai guru Matematika.

  • Penampilan Rapi dan Menarik.

Kamu pernah dengar idiom dalam bahasa inggris: “don’t judge a books by its cover”. Kurang lebih artinya adalah: jangan menilai seseorang hanya dengan melihat penampilannya apalagi bila belum mengenalnya. Disisi lain, kalimat idiom itu bisa menjadi pegangan buat kita dalam berpenampilan rapi dan menarik. Pakailah pakaian yang rapi, jangan jeans yang robek-robek atau sandal jepit. Gak perlu kelihatan berpakaian bagai sosialita, tetapi pakailah pakaian yang rapi dan representatif, sehingga orang akan berpikir baik dan positif ke kamu. Meskipun magang, anggap saja kamu udah mulai bekerja beneran.

  • Etika dan sopan santun.

Hal yang tak kalah pentingnya kamu perhatikan ketika magang adalah etika dan sopan santun. Etika dan sopan santun itu wajib kamu terapkan dimana pun berada. Bagaimana kamu berinteraksi dengan semua orang di tempat kalian magang tersebut harus kamu jaga. Mari tanam dan budayakan Budaya 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Manfaat penerapan Budaya 5S seperti: meningkatkan semangat kerja tim, membuat suasana tempat magang menjadi lebih kondusif dan nyaman sehingga etos kerja magang pun meningkat. Selain itu sapa dan salam menjadi salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi dan menjaga atmosfer keakraban antara kita dengan orang lain di tempat kamu magang.

  • Bersikap Bijak

Pepatah bijak mengingatkan kepada kita bahwa yang manis jangan cepat ditelan yang pahit jangan cepat dibuang. Artinya sebelum bertindak mesti dipertimbangkan. Dan pepatah ini memiliki kandungan makna yang luas dan dalam. Tentu berdasarkan konteks yang ada. Contohnya: di tempat magang anda bertemu dengan orang yang malas dan cuek akan lingkungan (sibuk dengan handphonenya saja). Kamu jangan ikutan malas dan cuek, melainkan kamu harus lebih rajin dan peka dengan lingkungan tempat kamu magang. Apalagi jika status kamu sebagai mahasiswa, kamu harus lebih aktif dan koperatif. Tunjukkan jati diri kamu sebagai mahasiswa dengan bersikap bijak akan lingkungan.

  • Jangan Terlalu Perhitungan

Selama magang tentunya kamu akan kenal dan berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari pimpinan, karyawan, hingga cleaning service yang ada tempat magang tersebut. Jangan terlalu perhitungan disini maksudnya jika ada di antara mereka meminta tolong atau minta bantuan ke kamu, apakah itu ide maupun tenaga, kamu jangan pelit atau perhitungan. Bisa saja orang tersebut menguji loyalitas dan integritas kamu selama magang di tempat mereka. Namun jika kamu disuruh-suruh tanpa tujuan yang jelas, juga jangan diikuti, melainkan bersikap bijaksanalah dalam menolaknya. Seperti istilah orang Minangkabau: “bapandai-pandailah”.

Ketika beberapa hal yang disebutkan di atas sudah kamu terapkan di tempat kamu magang, tentunya kamu akan memperoleh keuntungannya. Beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh dari magang tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi

Ilmu yang didapat saat berkuliah tanpa diaplikasikan seakan sia-sia. Program magang hadir agar mahasiswa dapat secara langsung mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari. Wawasan-wawasan baru pun akan diperoleh dari dunia kerja saat magang. Tidak hanya itu, kemampuan non-teknis yang secara alami ada pada diri seseorang pun akan ikut berkembang. Seperti kemampuan berkomunikasi, mengelola kerja tim, berdaptasi pada lingkungan, bersosialisasi dan ketelitian dalam bekerja. Kemampuan non-teknik inilah yang tidak semua bisa didapatkan saat berada di bangku kuliah.

  • Merasakan Pengalaman Kerja Sesungguhnya

Adanya program magang membuat mahasiswa harus beradaptasi dengan jenis pekerjaan yang diampunya. Mulai dari manajemen waktu, disiplin, hingga bertanggung jawab dalam pekerjaan. Kamu juga berkesempatan beradaptasi dengan berbagai kepribadian setiap karyawaan. Pada masa inilah mahasiswa dilatih sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

  • Memperluas networking atau relasi.

Tak dapat dimungkiri, magang menjadi salah satu program untuk menambah relasi baru. Melalui magang kita akan menemui orang-orang baru sekaligus lingkungannya. Dari sinilah kita dapat berbagi pengalaman dan memperluas jaringan yang mungkin akan berguna di kemudian hari. Lingkaran pertemananmu juga tak lagi sebaya, namun juga mereka yang berusia di atasmu.

  • Menambah nilai jual kamu ketika mendaftar kerja

Pengalaman mengikuti magang dapat dicantumkan dalam Curriculum Vitae (CV) yang nantinya menjadi bekal penting saat lulus kuliah. Adanya pengalaman magang ini membuat CV lebih menarik sehingga kesempatan diterima kerja menjadi lebih besar. Dengan arti kata kamu menambah nilai jual kamu ketika kamu sudah lulus kuliah dan melamar suatu pekerjaan nantinya. Sebab, hal utama yang dilihat oleh instansi/perusahan adalah CV dan surat lamaran kerja yang kamu ajukan.

  • Kesempatan Direkrut Setelah Lulus Kuliah

Mahasiswa yang bekerja dengan baik saat magang tentu akan mendapat penilaian bagus dari pihak perusahaan. Hal ini akan memberi kesempatan lebih besar kepada mahasiswa tersebut untuk direkrut secara langsung menjadi karyawan tetap di tempatnya magang ketika lulus kuliah. Tidak sedikit yang sudah merasakannya, itu semua tentu karena performa yang dilakukan saat magang sangat baik dan maksimal. So, sahabat pembaca, sekarang udah tahu ya apa itu magang, apa saja yang harus diperhatikan selama magang, dan apa keuntungan magang buat kamu… Akhir kata, selamat menerapkan tips-tips di atas sehingga magangmu lancar dan kamu akan dapatkan pengalaman yang berharga.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img