29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Kepala Puslitbangtan: Benih Kualitas Buruk yang Beredar Terindikasi Palsu
K

Jakarta, BeritaSumbar.com,- Produksi benih sumber (tetua) varietas unggul padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah terstandarisasi ISO 9001:2015 sehingga kualitasnya tinggi dan terjamin.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan), Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si menyampaikan hal tersebut untuk menjawab adanya berita bahwa kualitas benih jagung hibrida Balitbangtan yang kurang baik.

“Benih bantuan yang disalurkan kepada petani merupakan benih sebar (F1) produksi mitra lisensor. UPBS (Unit Pengelola Benih Sumber) Balitserealia hanya menyediakan benih tetua (parents seed) yang terjamin kualitasnya,” kata Ismail di Jakarta pada Kamis (26/7/2018).

Kepala Puslitbangtan menegaskan benih kualitas buruk yang beredar terindikasi merupakan benih palsu. Hal tersebut berdasarkan laporan verifikasi tim gabungan Balitbangtan, Mitra Lisensor, dan Dinas Pertanian Kabupaten tempat ditemukan benih berkualitas buruk tersebut.

Lebih lanjut Ismail menerangkan, pada rapat kerja antara Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian pada 19 Januari 2017 memutuskan penyediaan benih jagung hibrida untuk bantuan disepakati 40% atau setara 3 juta hektar lahan merupakan hasil karya anak bangsa. Untuk itu, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan memberi amanat kepada Balitbangtan untuk ikut berperan dalam penyediaan bantuan benih jagung hibrida.

Menjawab amanat tersebut, Balitbangtan melalui Balai Penelitian Aneka Tanaman Serealia (Balitserealia) menyediakan benih varietas unggul baru (VUB) jagung hibrida. VUB berproduktivitas tinggi dengan rata-rata hasil 10,1 ton/ha (8,3-12,2 ton/ha) meliputi Bima 3, Bima 9, Bima 10, Bima 14 Batara, Bima 15 Sayang, Bima 16, Bima 19 URI, Bima 20 URI, JH-27, HJ 21 Agritan, dan HJ 22 Agritan.

UPBS Balitserealia memproduksi benih tetua (parents seed), yang selanjutnya diperbanyak menjadi benih sebar (F1) oleh mitra lisensor. Benih tetua yang dihasilkan UPBS Balitbangtan berkualitas tinggi dan terjamin. “Kegiatan produksinya sesuai dengan ISO 9001:2015 dan dikawal langsung oleh peneliti pemulia jagung,” lanjutnya.

Lisensor sebagai mitra Balitbangtan penghasil benih sebar bagi petani akan mengajukan sertifikasi benih jagung kepada Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSB) yang ada di setiap kabupaten. BPSB akan melakukan pengawasan produksi, uji lapangan dan laboratorium sebelum memutuskan benih sesuai standar atau tidak untuk diberi label.

“Balitbangtan sebagai inventor tetap terlibat dalam pengawasan/quality control agar benih diproduksi sesuai SOP Balitbangtan sehingga benih yang dihasilkan terjamin mutu dan kualiasnya,” tegas Ismail.

Benih sebar (F1) produksi mitra lisensor tersebut dibagikan sebagai benih bantuan untuk ditanam petani. Benih jagung hibrida yang diproduksi lisensor dengan standar mutu yang baik sesuai sertifikasi BPSB juga dapat dimasukkan di dalam e-catalog agar dapat mengikuti program bantuan benih dari pemerintah.

Para petani yang akan menerima benih bantuan telah diverifikasi oleh dinas pertanian dan tercantum dalam daftar Calon Petani Calon Lokasi (CPCL). Orientasi pertanaman jagung adalah pengembangan kawasan, sehingga kondisi CPCL bisa beragam dari yang perlu bantuan hingga yang mampu mandiri. Karena itu, ditemukan beberapa kasus petani mampu terdaftar sebagai penerima bantuan benih.

Pada tahun 2017 beberapa masalah teridentifikasi dalam pengadaan bantuan benih jagung hibrida. Berkembang informasi di lapangan bahwa varietas benih jagung hibrida Balitbangtan berkualitas buruk.

Hasil verifikasi bersama oleh tim Balitbangtan, Mitra Lisensor dan Dinas Pertanian Kabupaten menemukan adanya benih palsu yang rusak dan berjamur. Kejadian tersebut terjadi di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Buol, Sulawesi Tengah dengan benih yang berasal dari Jawa Timur.

Benih yang rusak menggunakan nama varietas jagung hibrida Balitbangtan, serta merek dagang dan kemasan yang merupakan mitra lisensor Balitbangtan. (AWA/EDA)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.
- Advertisement -

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.
- Advertisement -

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

Kukuhkan Pengurus Lokal Orari, Wako Sawahlunto: Solusi Sulitnya Jaringan Telekomunikasi

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengukuhkan pengurus lokal Organisasi Radio Amatir (Orari) Sawahlunto Sijunjung, Camping Ground Kandi, Minggu (14/3). Walikota berjanji akan membantu...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...
- Advertisement -