27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Dikunjungi Camat Harau, Usman Minta Bantuan Kursi Roda
D

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Usman (51) tergolek lemah dan terus merintih kesakitan. Badannya terlihat kurus dan tidak kuat berjalan, karena luka pada salahsatu jari kakinya yang ia potong sendiri beberapa hari lalu tak kunjung sembuh.
Warga miskin Jorong Sarilamak Kenagarian Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota yang selama ini selalu mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Dinas Sosial itu, kini berharap bantuan biaya berobat. Sebab ia tidak mempunyai cukup uang untuk membeli obat.
Kendati selama ini ia sudah mendapatkan BPJS gratis dari pemerintah, namun sebagian obatnya tidak termasuk di dalam tanggungan BPJS sehingga ia harus membeli sendiri ke apotek. Selain itu, suami Mardiati ini juga berharap adanya bantuan kursi roda agar bisa beraktifitas kembali.
Mendapatkan informasi kondisi memiriskan yang dialami bapak tiga anak tersebut, Bupati Limapuluh Kota melalui Camat Harau Andri Yasmen, S.Sos didampingi Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya, SE beserta para perangkatnya langsung turun ke kediaman Usman di Jorong Sarilamak, Sabtu (13/6).
“Benar, kami sudah mendatangi kediaman Usman. Kami mendapati beliau merintih kesakitan pada jari kakinya yang sempat ia potong sendiri beberapa waktu lalu” ungkap Andri Yasmen.
Dikatakan, warga miskin yang sudah pernah mendapatkan bantuan rumah layak huni pada tahun 2019 itu, nekat memotong jari kakinya sendiri karena merasa tidak tahan dengan rasa sakit yang amat sangat pada jari kaki tersebut. Ia mengaku tidak memiliki biaya untuk membeli obat di luar BPJS. Sebab, sejak sakit ia tidak sanggup bekerja lagi, sedangkan penghasilan isterinya juga tidak seberapa.
Tidak saja mendera sakit pada kakinya, Usman juga tengah menderita sakit diabetes dan TBC yang mengharuskan ia mengkonsumsi obat rutin selama enam bulan berturut-turut. Penyakit TBC tersebut sedang dalam rawat jalan rumah sakit dan sampai kini Usman sudah empat bulan memakan obat rutin.
“Usman merupakan salah satu warga miskin yang selama ini senantiasa mendapatkan bantuan sosial seperti BPNT setiap bulannya, serta bantuan rumah layak huni dan BPJS gratis.
Namun, sebagian obatnya tidak.ditanggung BPJS sehingga ia harus membeli sendiri,” ujar Andri Yasmen.
Sementara menyoal permohonan Usman untuk mendapatkan bantuan kursi roda, dikatakan sudah dikoordinasikan dengan Dinas Sosial.
“Terkait dengan permohonan kursi roda, sudah kita koordinasikan dengan Dinas Sosial,” ujar Andri Yasmen.
Terpisah Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Akmal, S.Sos juga membenarkan adanya warga Sarilamak yang meminta bantuan tersebut. Ia juga menyebut Usman merupakan salah seorang kepala keluarga penerima bantuan sosial seperti BPNT, BPJS gratis dan juga sudah mendapatkan bantuan rumah layak huni.
“Kita akan fasilitasi kebutuhan Usman seperti kursi roda tersebut,” ujar Akmal.(humas)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.
- Advertisement -

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -