25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Dikunjungi Camat Harau, Usman Minta Bantuan Kursi Roda
D

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Usman (51) tergolek lemah dan terus merintih kesakitan. Badannya terlihat kurus dan tidak kuat berjalan, karena luka pada salahsatu jari kakinya yang ia potong sendiri beberapa hari lalu tak kunjung sembuh.
Warga miskin Jorong Sarilamak Kenagarian Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota yang selama ini selalu mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Dinas Sosial itu, kini berharap bantuan biaya berobat. Sebab ia tidak mempunyai cukup uang untuk membeli obat.
Kendati selama ini ia sudah mendapatkan BPJS gratis dari pemerintah, namun sebagian obatnya tidak termasuk di dalam tanggungan BPJS sehingga ia harus membeli sendiri ke apotek. Selain itu, suami Mardiati ini juga berharap adanya bantuan kursi roda agar bisa beraktifitas kembali.
Mendapatkan informasi kondisi memiriskan yang dialami bapak tiga anak tersebut, Bupati Limapuluh Kota melalui Camat Harau Andri Yasmen, S.Sos didampingi Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya, SE beserta para perangkatnya langsung turun ke kediaman Usman di Jorong Sarilamak, Sabtu (13/6).
“Benar, kami sudah mendatangi kediaman Usman. Kami mendapati beliau merintih kesakitan pada jari kakinya yang sempat ia potong sendiri beberapa waktu lalu” ungkap Andri Yasmen.
Dikatakan, warga miskin yang sudah pernah mendapatkan bantuan rumah layak huni pada tahun 2019 itu, nekat memotong jari kakinya sendiri karena merasa tidak tahan dengan rasa sakit yang amat sangat pada jari kaki tersebut. Ia mengaku tidak memiliki biaya untuk membeli obat di luar BPJS. Sebab, sejak sakit ia tidak sanggup bekerja lagi, sedangkan penghasilan isterinya juga tidak seberapa.
Tidak saja mendera sakit pada kakinya, Usman juga tengah menderita sakit diabetes dan TBC yang mengharuskan ia mengkonsumsi obat rutin selama enam bulan berturut-turut. Penyakit TBC tersebut sedang dalam rawat jalan rumah sakit dan sampai kini Usman sudah empat bulan memakan obat rutin.
“Usman merupakan salah satu warga miskin yang selama ini senantiasa mendapatkan bantuan sosial seperti BPNT setiap bulannya, serta bantuan rumah layak huni dan BPJS gratis.
Namun, sebagian obatnya tidak.ditanggung BPJS sehingga ia harus membeli sendiri,” ujar Andri Yasmen.
Sementara menyoal permohonan Usman untuk mendapatkan bantuan kursi roda, dikatakan sudah dikoordinasikan dengan Dinas Sosial.
“Terkait dengan permohonan kursi roda, sudah kita koordinasikan dengan Dinas Sosial,” ujar Andri Yasmen.
Terpisah Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Akmal, S.Sos juga membenarkan adanya warga Sarilamak yang meminta bantuan tersebut. Ia juga menyebut Usman merupakan salah seorang kepala keluarga penerima bantuan sosial seperti BPNT, BPJS gratis dan juga sudah mendapatkan bantuan rumah layak huni.
“Kita akan fasilitasi kebutuhan Usman seperti kursi roda tersebut,” ujar Akmal.(humas)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).
- Advertisement -

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Optimalkan Pelaksanaan Pembangunan Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Lakukan Monev.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bagian Pengadan Barang Jasa Administrasi Pembangunan (PBJ Dalbang) Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Triwulan I terhadap pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pembangunan tahun 2021 di pemerintahan Kota Payakumbuh, Selasa(6/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -