29 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Boy Rafli Lakukan Orasi Kebangsaan di Malam Anugerah Padang TV Award 2021
B

Kategori -

Padang (BeritaSumbar.com) – Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kerukunan antar warganya. Agar selalu terjaga, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar diminta melakukan orasi kebangsaan untuk kemajuan Sumatera Barat saat menghadiri Malam Anugerah Padang Tv Award 2021 yang digelar pada Jumat,  26 Maret 2021 dari pukul 19.00 – 24.00 WIB di Ballroom – Hotel Pangeran Beach, Jalan Ir. H. Juanda No. 79, Padang.

Pada orasi tersebut Boy Rafli mengatakan hari ini terjadi ancaman global, terutama bencana non alam. Ancaman tersebut adalah transnasional ideologi yang secara tidak sadar pada era globalisasi ini begitu mudah masuk menghampiri masyarakat. Media sosial seharusnya bermanfaat untuk mencerdaskan bangsa, apalagi penggunanya naik pesat di Indonesia pada saat ini, mencapai 80 persen dari jumlah penduduk, dari 274 juta penduduk, 202 jutanya adalah pengguna internet.

Sepeti dijelaskan Boy Rafli, transnasional ideologi juga masuk melalui media sosial, utamanya dilakukan oleh organisasi terlarang dunia yang mengembangkan semangat radikal intoleransi dan berpotensi pada radikal terorisme. PBB menyatakan organisasi terlarang di dunia tersebut, yaitu Al Qaeda dan ISIS. Organisasi tersebut telah berhasil mempengaruhi pola pikir sebagian masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia sebenarnya adalah bangsa yang toleran, bangsa yang sangat menjunjung tinggi semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang menghormati keberagaman, semangat bertoleransi, mengedepankan persatuan, terkandung dalam UUD 1945. Tanpa terasa, pengaruh yang diberikan oleh organisasi terlarang tersebut masuk dalam relung-relung kehidupan masyarakat.

“Contoh nyata, dalam tujuh tahun terakhir ini tercatat 1250 warga negara Indonesia, laki-laki dan perempuan berangkat ke Irak dan Syiria. Ini real, nyata, sebagian mereka sudah ada yang dideportasi, sebagian ada yang meninggal dunia di angka sekitar 100 orang, karena terjebak dalam konflik bersenjata, ibu-ibu dan anak-anak masih ada di camp penahanan, di camp pengungsian. Laki-lakinya harus menghadapi proses hukum Irak dan Syiria. Dari beberapa yang kita wawancara, termasuk juga di antaranya adalah ASN, esselonnya cukup tinggi, esselon dua, katanya ingin mencari kebenaran berangkat ke sana,” kata Boy Rafli. 

Boy Rafli juga menjelaskan bahwa organisasi terlarang tersebut menggunakan narasi agama, seolah-olah mereka sedang berjuang di jalan kebenaran, berjihad, berjalan di atas nilai-nilai agama. Padahal, mereka seratus persen memanipulasi agama, mungkin adalah bagian dari peta politik global mereka yang ingin menghancurkan umat Islam dengan cara membangun narasi-narasi kebencian dan dengan mudahnya menggolongkan orang-orang tertentu yang tidak seiman, tidak sekeyakinan dengannya, tidak sealiran, tidak satu mazhab, sebagai bagian lawan yang harus dimatikan. Mereka mengusung ideologi kekerasan dan kemudian tidak segan-segan membunuh walaupun itu adalah sesama umat Islam. 

Lebih lanjut Boy Rafli mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyatakan bahwa terorisme bukan agama, radikal intoleransi sangat sistematis dilakukan organisasi terlarang tersebut. Mereka didukung oleh dana yang besar, menguasai ladang-ladang sumber daya energi di Timur Tengah dan kemudian membiayai seluruh sel-selnya yang ada di seluruh dunia yang telah tergabung di dalam kelompok ISIS. Mereka telah masuk di lebih dari 40 negara, dengan jumlah orang yang direkrut kurang lebih 40 ribu sampai 50 ribu, mereka telah hadir di Irak dan Syiria. Walaupun hari ini mereka banyak yang relokasi, termasuk Warga Negara Indonesia yang melakukan relokasi ke Yaman, Afghanistan, dan Filipina selatan.

Boy Rafli juga mengatakan, “Keindonesiaan bagi bangsa Indonesia adalah legacy, peninggalan leluhur yang harus kita rawat bersama-sama dan investasi sosial yang telah diberikan oleh tokoh-tokoh Sumatera Barat demikian besar. Oleh karena itu, tentu kami berharap dukungan kita semua, selamatkan anak-anak muda kita, karena kalangan milenial hari ini sangat gandrung dengan media sosial, dimana di dalamnya sangat masif, propaganda yang dilakukan oleh mereka. Yang ke dua, meskipun bukan menjadi bagian dari tugas saya, tapi saya wajib mengingatkan bahaya narkoba. Nah ini, tokoh-tokoh pemerintahan, tokoh adat, ninik mamak, sama-sama harus kompak membersihkan narkoba di tengah masyarakat kita.”

“Ini adalah permasalahan bangsa yang tidak bisa dibiarkan. apa yang dipropagandakan mereka merupakan antitesis dari nilai-nilai luhur bangsa. Jadi pasti, apapun ajaran, atau apa yang mereka sampaikan itu tidak sejalan dengan nilai-nilai luhur bangsa. Perlu gerakan masif menghadapi radikal intoleransi dan virus narkoba yang tentunya kita ingin agar itu dapat kita atasi. Kita yang berkesempatan mendapatkan posisi peran penting dalam masyarakat diberikan kewarasan dalam berpikir, akal sehat oleh Allah SWT, hendaknya kita bantu, mari kita selamatkan generasi muda Indonesia, agar mereka bisa meraih masa depan yang lebih baik dari generasi hari ini, lebih sukses sebagai bangsa yang maju di masa yang akan datang,” kata Boy Rafli.

Malam Anugerah Padang Tv Award 2021 diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Padang Tv ke-14, Boy Rafli jadi salah seorang dari 14 tokoh inspiratif Sumatera Barat yang memperoleh anugerah dalam acara tersebut.

Seusai acara, Boy Rafli memenuhi agenda pertemuan dengan Junaidi Tjoa, Ketua komunitas Sahabat Boy Rafli Provinsi Sumatera Barat (SBR Sumbar) beserta para anggotanya, dilakukan pada salah satu restoran di Jalan M. Yamin, Padang. Pada pertemuan tersebut Boy Rafli menyampaikan harapannya, semoga SBR Sumbar dapat menjadi perpanjangan tangan bagi BNPT dalam menyukseskan progam Salam Indonesia Harmoni.

“Mari kita bijak bermedia sosial, hindari ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat. Bersama-sama kita jaga rasa kebangsaan untuk menangkal radikal intoleransi demi Indonesia harmoni,” kata Boy Rafli.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

LBH Sumbar Desak Kejari Painan Segera Eksekusi Bupati Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Sehubungan dengan ditolaknya permohonan Kasasi Bupati Pesisir Selatan dalam perkara Nomor: 31 K/Pid.Sus-LH/2021 tanggal 24 Februari 2021 oleh Mahkamah Agung RI, sehingga dengan demikian perkara dimaksud telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde)

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...
- Advertisement -