Pekanbaru (24/06) – Permasalahan sampah semakin hari semakin meresahkan. Setiap tahunnya, kota-kota besar di dunia menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton. Bank Dunia memperkirakan pada tahun 2025, jumlah ini bertambah hingga 2,2 miliar ton.

Fakta tentang pengelolaan sampah nasional pun cukup meresahkan. Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara penghasil sampah plastik terbanyak ke laut di dunia sebagai setelah Tiongkok.

Oleh karena itu, upaya-upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan harus segera dilakukan agar tidak memperburuk kondisi lingkungan saat ini. Salah satu upaya ini adalah dengan membuat kampanye-kampanye yang mengajak setiap orang untuk bergerak aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Menindaklanjuti Komitmen Nasional “Indonesia Bebas Sampah tahun 2020” serta menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, PT PLN (Persero) P3B Sumatera melaksanakan Kegiatan Penyelamat Lingkungan.

Kampanye sosial ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Kegiatan Penyelamat Lingkungan ini dilaksanakan di Car Free Day (CFD) Jalan Sudirman, Pekanbaru, Minggu, 24 Juni 2018. Kegiatan yang diinisasi oleh sub bidang LK2 PLN P3BS ini dipimpin langsung oleh Deputi Manajer (DM) sub bidang LK2, P3BS, Soni Irawansjah. Peserta kegiatan sendiri adalah seluruh karyawan PLN P3B Sumatera.

Setelah menerima briefing dari DM LK2, peserta menerima trash bag dari panitia. Di lokasi kegiatan, peserta diajak berkeliling untuk membersihkan limbah padat anorganik seperti plastik, kertas, logam, dll di sepanjang lokasi CFD.

Sambil membersihkan sampah yang berserakan, peserta menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kepedulian mereka terhadap kelestarian lingkungan dengan cara mengajak masyarakat sekitar melestarikan lingkungan mulai dari hal terkecil yakni membuang sampah pada tempatnya.

Berbagai pihak pun mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan semacam ini bagus ya. Kita kan biasa ke CFD cuma olahraga, sekarang sambil bersih-bersih. Jadinya olahraga sambil ibadah. Tapi kedepan harus dilakukan secara rutin,” ungkap salah satu peserta.

Walikota Pekanbaru yang kebetulan sedang berolahraga di CFD turut mengutarakan apresiasinya. “Terima kasih, saya senang ada instansi yang aware pada isu-isu lingkungan seperti ini, ikut berperan aktif menjaga Kota Pekanbaru, mengajak warga peduli lingkungan kita ini,” ungkap walikota.

Sebelumnya, P3BS pernah melaksanakan kegiatan dengan konsep serupa. Bertepatan dengan Ulang Tahunnya yang ke 13, dilaksanakan penanaman 1300 Bibit Pohon di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau pada Kamis, 19 April 2018. Jumlah yang diambil dari usia P3BS ini seluruhnya ditanam di lingkungan UIN Suska.

Kegiatan yang dibuka dengan senam pagi bersama karyawan UIN Suska ini dihadiri Rektor UIN Suska, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA. beserta jajaran. Dari pihak P3BS, hadir General Manajer, Nur Wahyu Dhinianto beserta jajaran Manajemen. Sejumah karyawan P3BS juga turut menghadiri kegiatan yang dimulai sejak pukul 8 pagi ini.

Rektor menyambut baik dan berharap kegiatan serupa sering dilakukan di lingkungan UIN Suska. “Kami sangat berterima kasih perusahaan sekelas PLN memiliki perhatian besar terhadap lingkungan, utamanya di kampus kami. Selain memperbaiki kinerja, semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan,” tutur Munzir.

GM mengaku kegiatan sosial yang fokus pada lingkungan saat ini menjadi prioritas PLN. “Sebagaimana diketahui, isu lingkungan saat ini menjadi isu sentral dalam pembangunan. Hal inilah yang menjadi alasan kami memilih penanaman pohon sebagai bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun P3BS,” ungkap Nur Wahyu.

Secara keseluruhan, Kegiatan Penyelamat Lingkungan ini berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kepedulian pegawai dan masyarakat sekitar terhadap kelestarian lingkungan. Kedepannya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan bentuk kegiatan yang beragam.

(alnd/jak)

Penggiat Lingkungan
CFD Pekanbaru