32 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Tampil Di Pasar Ekraf 2020, Sanggar Kumbang Cari Harapkan Gamaik Diminati Anak Muda
T

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Para pemusik tuo-tuo legend (senior) dari Sanggar Gamaik Kumbang Cari asal Kota Padang yang tampil dalam pasar ekonomi kreatif (Ekraf) 2020 di Agam Jua Art and Culture Cafe, Kawasan Batang Agam pada hari kesepuluh, Selasa (23/11) menyampaikan harapan agar musik gamaik digemari oleh generasi penerus, alias anak muda.

“Seandainya kami yang tua-tua ini sudah tidak ada, bisa tenggelam budaya gamaik kalau anak muda tidak meneruskan estafetnya, mambangkik batang tarandam istilah orang minangnya,” kata pimpinan sangar, Rusli NH diwawancara media disela-sela waktu istirahat mereka.

Menurut Rusli NH, Kumbang Cari menanggapi positif iven Pasar Ekraf 2020 ini, mereka senang dapat menjadi bagian dari kalangan yang mempopulerkan budaya gamaik kepada kawula muda.

“Untuk sekilas Covid-19 membuat kita menjadi berpuasa tampil, padahal iven-iven musik daerah pasti sudah dirancang oleh pemerintah kota, kabupaten, bahkan provinsi sejak beberapa bulan lalu, karena pandemi jadi batal digelar,” ungkapnya.

Menurut Rusli, selama pandemi Covid-19 yang membuat acara-acara pertunjukan kesenian juga berpuasa tampil hampir 7 bulan, mereka sudah jenuh sekali rasanya. Ternyata jawaban itu muncul saat mereka dihubungi panitia dari Masyarakat Peduli Seni Budaya (MPSB) Kota Payakumbuh untuk tampil pada iven Pasar Ekraf 2020 yang diadakan di Payakumbuh.

“Timbul semangat kami kembali dengan bisa tampil di Payakumbuh ini. Istilahnya tabaok sanang. Tentu untuk kedepan iven seperti ini dapat digelar oleh pemda dan pemprov Sumbar,” ujarnya.

Rusli melihat, musik gamaik ini dulunya anak-anak muda tak mau mendekati. Setelah beberapa tahun kemudian ada modernisasi kepada musik gamaik, dan itu membuat anak muda perlahan meminatinya, akhirnya juga mendekati dan menjadi pelaku seni gamaik.

“Modernisasi ini tidak lari dari dasar gamaik, karena ada lagu joged, lagu wajib, dan lagu cacahnya. Inilah yang membuat terpancing anak muda. Kami berharap pemerintah tinggal memfasilitasi saja lagi, seperti adanya Pasar Ekraf ini,” ujarnya.

Grup musik Kumbang Cari berdiri pada tahun 1969, dan sempat beberapa kali tukar nama. Awalnya Cimpago Biru, lalu berganti ke Cimpago Putih, dan akhirnya menjadi Kumbang Cari sejak 1983, diketuai oleh Rusli, NH sejak saat itu.

Bahkan, ada yang paling senior kelahiran tahun 1948, pemain gendangnya sekaligus sebagai penasehat, namanya Amiruddin.

Di Pasar Ekraf, para pemain Kumbang Cari menampilkan lagu Gamad lama, tentu saja bagi para pemain musik senior legend itu dengan ciri khas mereka mampu memberikan pertunjukan apik kepada penonton. Ada 12 ronde mereka tampilkan dari pukul 16.00 hingga malam hari di iven tersebut. Lagu wajib dikombinasikan dengan lagu pecahan dengan tempo langgam, joged, dan cacah.

Kaparinyo Sampai Hati, Sempaya Pambayan dilanjutkan pecahan Serempang Laut, Tampayang dilanjutkan lagu Ya Ya, Sinar Bulan dilanjutkan pecahan Lanser, Ratok Tangiang dilanjutkan pecahan Anak Kala, Siti Payung dilanjutkan pecahan Mak Inang Lenggang, Perak Perak dilanjutkan pecahan Kaparinyo Sampai Hati, Mas Merah dilanjutkan Pecahan Tudung Periuk, Mati Dibunuh dilanjutkan pecahan Tanjung Katung, Ender Lela dilanjutkan pecahan Rosmani, Ekson dilanjutkan pecahan Tanjung Bila, DAN Makan Sirih dilanjutkan pecahan Buayan Buluh.

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat, Novrial mengatakan menyebut pada 1 Juni 2020 lalu, memasuki tatanan new normal, gubernur mengatakan Sumbar tak bisa diselimuti duka dengan terus memikirkan Covid-19, harus pulihkan ekonomi di bidang kepariwisataan karena tidak ada lagi transaksi ekonomi terjadi, maka dinas pariwisata diperintahkan melakukan langkah aktifasi dengan kegiatan berbentuk pasar ekonomi kreatif (Ekraf).

“Sedianya kita menggelar secara konvensional, namun karena masih adanya pandemi Covid-19, kita mengubahnya menjadi kegiatan-kegiatan kecil Pasar Ekraf di beberapa Kota/kabupaten hingga sampai akhir tahun,” kata Novrial. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP
- Advertisement -