28 C
Padang
Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

 PPNP Rintis Go International Lewat Penguatan Kerjasama Dengan Kampus Di Luar Negeri
 

- Advertisement -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- PPNP Terus berbenah dan meningkatkan daya saing. Seperti politeknik lainnya, perguruan tinggi vokasi negeri ini berupaya mewujudkan visi menjadi politeknik pertanian berkelas Internasional. Untuk merealisasikannya, PPNP melakukan penguatan kerjasama dengan Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Teknologi Mara (UiTM), Universiti Selangor (Unisel) dan UMKM Kokoniss serta usaha makanan tradisional Bahulu Bakar Tembaga Negeri Sembilan Malaysia.

Kunjungan Kerja Dosen Program Studi Teknologi PPNP pada tanggal 26-29 Agustus 2024 dengan tim Dr. Rince Alfia Fadri, S.ST, M. Biomed, Rivo Yulse Viza, S.Si. M.P., Ir. Mutia Elida, M. Si, Dr. Rilma Novita, S.TP., M.P, Henny Fitri Yanti, S.TP,M.Sc., yang diawali pelaksanaannya di Halal Products Research Institute (HPRI) UPM yang membahas tentang kolaborasi riset dan Benchmarking Program Studi Teknologi Pangan.   

Rencana kerjasama ini akan membuka pintu bagi peningkatan kualitas penelitian lintas batas yang menghadirkan perspektif global terhadap isu-isu kritis dalam bidang teknologi pangan dan pertanian.

Rencana kolaborasi penelitian, pengabdian masyarakat bidang teknologi pangan dan pertanian berkelanjutan dan penulisan artikel ilmiah. Pihak UPM, khususnya Institut Penyelidikan Produk Halal siap berkolaborasi dengan TP-PPNP dalam kegiatan riset dan penulisan artikel ilmiah serta kegiatan pengabdian masyarakat internasional di HPRI UPM. Kolaborasi ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Biasanya, kerjasama semacam ini bertujuan untuk menggabungkan keahlian dan sumber daya yang ada di kedua institusi, meningkatkan kualitas riset, dan menghasilkan inovasi yang bermanfaat. 

Agenda kedua pada tanggal 27 Agustus 2024 kegiatan dilaksanakan di Universitas Selangor. Tujuan utama dalam pertemuan ini adalah untuk membangun kerjasama antara TP-PPNP dengan UNISEL terutama dalam bidang kolaborasi riset. Kolaborasi ini dilakukan antara tim peneliti dari TP-PPNP dengan peneliti UNISEL yang memiliki bidang focus penelitian yang sama.

Kolaborasi penelitian internasional dapat meningkatkan mutu penelitian dan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah bereputasi internasional. Kegiatan terakhir dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2024 di Universiti Teknologi Mara, Industri minuman kesehatan Kokoniss, dan usaha bahulu bakar tembaga negeri sembilan Malaysia.

Bersama dengan UPM, UiTM, dan Unisel, PPNP akan terlibat dalam penelitian, pengembangan dan komersialisasi teknologi baru atau inovasi pengembangan produk, prototipe, atau solusi teknis yang dapat diterapkan dalam industri kecil dan menengah.

Kegiatan penjajakan kerjasama akan dituangkan pada MoU PPNP dan UPM. Kolaborasi riset antara politeknik dan UPM dapat menghasilkan makalah penelitian atau artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal akademis atau konferensi internasional.

Ini membantu meningkatkan visibilitas dan dampak dari riset yang dilakukan. Rencana kolaborasi dalam bentuk seminar, workshop, atau konferensi yang melibatkan kedua institusi dapat menjadi platform untuk berbagi pengetahuan dan hasil riset terbaru. Ini juga dapat menciptakan peluang jaringan dan kolaborasi lebih lanjut di masa depan. 

Penulis : Dr. Rince Alfia Fadri, S.ST., M. Biomed

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img