28 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DPP PKS Memutuskan, Ini Sosok Pendamping Riza
D

- Advertisement -

 

Payakumbuh-DPP PKS akhirnya memutuskan Erwin Yunaz sebagai bakal calon wakil walikota mendampingi Riza Falepi. Munculnya nama Erwin cukup mengejutkan, pasalnya selama masa penjaringan calon, Erwin tidak ikut mendaftar ke partai partai maupun memasang baliho ataupun spanduk. Wajar saja masyarakat Payakumbuh bertanya-tanya siapakah Erwin?

H. Erwin Yunaz, SE. MM. Itulah nama lengkapnya. Pengusaha muda yang sukses di bidang fleksografi ini dilahirkan di Nunang 45 tahun yang lalu. Erwin adalah putera ketujuh dari delapan bersaudara dengan ayah bernama Nazarudin Dt. Sati Nan Balapiah (alm) mantan ketua KAN Koto Nan Ampek. Seolah bakat yang mengalir dari ayah seorang niniak mamak, Erwin Yunaz mulai merasakan sisi lain kehidupan bermasyarakat dan beragama di kampung halaman.

Perjalanan kehidupan Erwin bukannya tanpa cobaan. Erwin harus menjalani takdir hidupnya menjadi anak yatim ketika mengecap pendidikan dasar di SD 04 Labuah Baru. Sejak itu ia ikut kakak sulungnya Harmon Yunaz ke Asahan, Sumatera Utara. Setelah menjalani pendidikan SMP di Asahan, Erwin kembali ke Payakumbuh untuk sekolah di SMAN 03 Bukik Sitabua sampai lulus tahun 1990.

Setelah lulus dari SMA, keinginan terbesar Erwin Yunaz hanyalah merantau. Dengan tekad untuk kehidupan yang lebih baik, Erwin Yunaz memulai tahapan baru dengan mengambil kuliah di Akademi Grafika Indonesia (non gelar) pagi hari, selanjutnya mengaplikasikan ilmunya di percetakan Cipta Restu Perdana yang didirikan oleh kakak ketiganya Haswan Yunaz. Tidak cukup disitu, Erwin Yunaz juga menimba ilmu Managemen di Sekolah Tinggi Managemen Kosgoro sampai bergelar Sarjana Ekonomi serta Megister Managemen di Universitas DR. Sutomo.

Erwin memulai karir profesionalnya sebagai Print Manager di PT. Courthould Packaging Indonesia Mojokerto tahun 1998. Selanjutnya dengan tugas yang lebih besar yakni menjadi Commercial Manager di tahun 2000. Kemampuan yang menonjol dibidang penjualan serta diplomasi membuat Erwin Yunaz banyak dilirik perusahaan lainnya, sampai akhirnya memutuskan mengambil tugas ditahun 2002 sebagai Branch Manager cabang Kota Surabaya di PT. Edward Keller Indonesia.

Tahun 2003, Erwin diberi kesempatan untuk memperdalam ilmu tentang Packaging and Technology di Ohio, Amerika Serikat. Selanjutnya seperti air mengalir, perjalanan demi perjalanan ke negara negara produsen mesin di Amerika, Eropa dan Asia menjadi aktifitas rutin. Sebagai orang muda yang menjalankan tugas profesionalnya, nama Erwin Yunaz menonjol di tehnology cetak Flexography didalam maupun luar negeri.

Sukses sebagai professional muda, di usia 37 tahun yakni tahun 2008 Erwin memutuskan untuk banting stir menjadi seorang entrepreneur. Ia memulai usaha trading dengan dukungan kerabat kerabat didalam dan diluar negeri yang sudah terjalin dengan baik. Alhamdulillah saat ini usaha yang didirikan dengan nama FLEXOeye Sinergi Indonesia menjadi mitra lokal untuk tehnologi terbaik dunia di Industri converting dan packaging.

Sukses berbisnis di perantauan tidak membuat Erwin lupa dengan kampung halaman. Ayah 3 orang anak ini sangat ingin berkontribusi buat kampung halaman tercinta, Sejak tahun 2008 hingga sekarang Erwin selalu rutin pulang kampung ke Payakumbuh. Lebih lagi kewajiban seorang anak untuk membahagiakan ibunda yang memilih menetap di Payakumbuh terjalani. Menyambung silaturahmi yang ditinggalkan almarhum ayahanda pun terbayarkan serta bertemu sanak famili dan sahabat didapat. Bak pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Pulang haji bersama istri tahun 2012, Erwin mendirikan Yayasan Amal Bhakti Rankminang. Yayasan yang bergerak untuk sosial keagamaan dan pendidikan di ranah minang. Menggerakkan generasi muda Minangkabau untuk bersama-sama berjuang mensyiarkan agama Allah khususnya di kalangan pelajar. Memberikan perhatian ekstra untuk kesejahteraan guru-guru mengaji dan penyelenggara masjid. Dunia masjid dan TPA bukanlah suatu hal yang asing bagi Erwin.

Tak hanya sampai di situ, baru baru ini Erwin bekerja sama dengan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial SAHID JAYA mendirikan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) SAHID Payakumbuh. Alhamdulillah sudah memulai kiprahnya di awal bulan Agustus 2016 dengan support penuh Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, ST. MT.

Kiprah Erwin tentu semakin ditunggu masyarakat untuk kemajuan Kota Payakumbuh. Sebagai tokoh perantau saja, Erwin sudah berkontribusi besar untuk memajukan Payakumbuh. Apalagi kalau Allah mengizinkan sebagai pemimpin Payakumbuh nanti.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img