33 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dipimpin PJ Wako, Tim Safari Ramadhan Pemko payakumbuh Kunjungi Masjid Nurul jannah
D

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tim Safari Ramadhan Pemko payakumbuh pada malam ke tiga Ramadhan 1444 H/2023 kunjungi Masjid Nurul jannah Payolinyam. Rombongan TSR ini dipimpin lansung PJ Wako Payakumbuh Rida Ananda.

Kunjungan Safari Ramadhan Pemko Payakumbuh ke Masjid Nurul Jannah tersebut PJ Wako turut didampingi Ketua TP-PKK Chece Rida Ananda, Kepala Dinas Pendidikan Dasril, Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra, Kepala Dinas PUPR Muslim, Kepala DPMPTSP Meizon, Kalaksa BPBD Erizon, Kepala Bagian Kesra Efrizal, Camat Payakumbuh Utara Joni Parlin, serta Lurah Tigo Koto Dibaruah, Netra.

Safari Ramadhan Pemko Payakumbuh semoat vakum beberapa tahun belakangan karena covid-19 melanda.

Mengawali Ramadan 1444 H, tahun 2023 ini, PJ Wali Kota Payakumbuh melakukan kunjungan Ramadhan di Masjid Nurul Jannah, Payolinyam, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu, (25/03/23).

Usai melaksanakan salat taraweh bersama, dalam sambutan hangatnya nan khas, Wako Rida Ananda menyampaikan salam penghormatan, seraya memperkenalkan satu persatu jajaran yang turut mendampinginya kepada seluruh jamaah masjid yang hadir.

“Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, malam ini kita sama-sama berkesempatan hadir di masjid ini. Diamanatkan sebagai Penjabat Wali Kota Payakumbuh hingga tahun 2024 nanti menggantikan Wali Kota Riza Falepi yang telah berakhir pada bulan September tahun lalu. Saya mohon doa dari kita semua agar dapat melaksanakan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga aspirasi masyarakat dapat kita tindak lanjuti sesuai dengan kemampuan daerah,” tukas orang nomor satu di Kota Payakumbuh itu.

Selanjutnya, Rida Ananda yang terkenal akrab dengan warga itu memilih menyampaikan langsung terkait dana hibah sebesar 300 juta Rupiah yang akan diserahkan untuk pembangunan masjid yang masih tahap renovasi.

“Meski dulu kita telah merencakan hibah ini senilai 500 juta Rupiah, namun dalam pembicaraan di DPRD dan pembahasan yang cukup alot, bahwa saat ini kondisi dana transfer kita sangat jauh berkurang. Akhirnya diputuskan sebanyak 300 juta Rupiah, dan ditambah dari provinsi sebesar 50 juta, alhamdulillah, sehingga total menjadi 350 juta Rupiah. Mudah-mudahan bulan April ini sudah bisa segera di cairkan,” ungkap Wako Rida Ananda.

Kemudian disampaikan Rida kepada ketua pembangunan masjid, Idris Arifin, S.Pd.I untuk menyediakan proposal yang presentative. Melalui jaringan yang dimiliki, barangkali ada para perantau yang ingin menyumbang untuk pembangunan masjid yang secara struktur sudah cukup rapi dan bagus.

Dibagian lain sambutannya, Rida menghimbau masyarakat Payolinyam khususnya, untuk kembali menggeliatkan usaha budidaya jamur tiram.

“Beberapa waktu lalu saya ke Payolinyam ini untuk membesuk salah seorang warga kita yang sakit, tetapi saya tidak ada lagi melihat budidaya jamur kita disini, padahal sebagai kota kuliner, kita sudah ada kampung randang, kampung makanan ringan lainnya. Selaku kota yang memproduksi randang, tentu ini kita harapkan bisa sejalan dengan produksi jamur yang juga menjadi salah satu varian dari randang kita, yakni randang jamur,” beber Rida.

Sebagai salah satu peluang untuk peningkatan ekonomi masyarakat, Rida berharap, Payolinyam bisa menjadi pilot percontohan kampung budidaya jamur di Kota Payakumbuh.

“Ini merupakan salah satu peluang untuk peningkatan ekonomi masyarakat, kita di Pemerintah Kota beserta stakeholder siap mendukung untuk ikut memajukan kegiatan usaha masyarakat ini. Kita siap membantu mulai dari bahan baku, hingga pemasaran. Apalagi saat ini permintaan dari luar daerah seperti Riau cukup tinggi,” tukuk Rida.

Di hadapan jemaah masjid Nurul Jannah itu, Rida Ananda, berharap kepada jemaah Tarwih turut berpartisipasi dalam rangka mengendalikan inflasi negeri ini bagi yang miliki lahan, agar tingkatkan penanaman padi, cabe, bawang dan lain sebagainya, ajak Walikota.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pembangunan masjid Idris Arifin, S.Pd.I, mengucapkan terima kasih atas bantuan dana hibah Pemerintah Kota Payakumbuh, dan telah menyempatkan diri untuk salat bersama masyarakat di Masjid Nurul Jannah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan Wali Kota Payakumbuh bapak Rida Ananda, semoga dengan adanya hibah ini dapat membantu meringankan biaya pembangunan masjid ini, dan hubungan silaturahmi antara masyarakat dan pemerintahan semakin terjalin erat,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan itu unsur niniak mamak, bundo kanduang, pemuda-pemudi masjid, serta para pelajar dari berbagai tingkatan.

Di akhir kegiatan, tampak PJ Wako Rida Ananda berbagi sedikit rezeki ke beberapa anak-anak pelajar SD untuk penyemangat, disertai teriakan suara riang kebahagian anak-anak SD dan di tutup foto bersama.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img