24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Wako Tak Hadir di Paripurna LKPJ, Marfendi: Jangan Dikritisi Berlebihan
W

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Ketidakhadiran wali kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sidang paripurna Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) 2020 di aula sidang utama dewan, tidak bisa disematkan sesuatu hal yang berhubungan dengan sikap atau perilaku.

Pasalnya, berdasarkan PP No. 13 tahun 2019, tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, jika wali kota berhalangan tetap atau berhalangan sementara, LKPJ dapat disampaikan wakil kepala daerah.

“Tidak ada peraturan dilanggar wali kota, ketika tidak hadir mengikuti sidang paripurna LKPJ pada Jumat (7/5/2021), kemarin,” kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, Sabtu malam (8/5/2021).

Ia mengatakan, ketika wali kota berhalangan hadir mengikuti sidang paripurna, seperti paripurna LKPJ boleh diwakilkan kepada wakil wali kota.

“Saya sebagai wakil wali kota, boleh mewakili wako. Itu aturan,” tegas Marfendi.

Marfendi menilai, ketidakhadiran wali kota di paripurna LKPJ tersebut, tidak perlu dikritisi secara berlebihan, yang disangkakan sebagai sesuatu hal yang melecehkan lembaga DPRD atau pun dianggap berhubungan dengan perilaku.

“Pada waktu paripurna berlangsung, ada anggota dewan yang interupsi. Saya jawab wali kota sedang tugas ke Jakarta. Kenapa pula ada anggota dewan dikabarkan meradang dan heboh atas tidak hadirnya wali kota,” ucapnya.

Marfendi mengaku suka dengan sikap anggota DPRD Kota Bukittinggi yang kritis, karena dengan sikap yang kritis tersebut bisa sebagai alat kontrol bagi pemerintahan, sehingga eksekutif bisa bekerja secara maksimal.

“Sayangnya, kritisnya dewan terlihat hanya di pemerintahan sekarang. Di pemerintahan sebelum kami, diam-diam saja,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam PP No. 13 tahun 2019, tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pasal 19 ayat (1), Kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna yang dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Sedangkan ayat (2), Dalam hal kepala daerah berhalangan tetap atau berhalangan sementara, LKPJ disampaikan oleh wakil kepala daerah selaku pelaksana tugas kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna.

Sementara di dalam ayat (3), Dalam hal kepala daerah dan wakil kepala daerah secara bersamaan berhalangan tetap atau berhalangan sementara, LKPJ disampaikan oleh pejabat pengganti kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna.

Masalah ketidakhadiran wali kota Erman Safar di sidang paripurna LKPJ, melalui media dikritisi Rahmi Brisma, anggota dewan dari PAN. Dia mengatakan, seorang kepala daerah yang baru saja dilantik, harusnya menunjukan prilaku yang baik, jangan se-enaknya dan menimbulkan suasana menjadi blunder. Cobalah beretika sebagai mitra kerja, beretika dalam melaksanakan pemerintahan, bukan se-enak-enaknya sendiri seperti sekarang.

Lalu juga ada komentar anggota dewan dari PKS, Syaiful mengatakan, dengan tidak hadirnya wali kota pada acara sekelas sidang paripurna terkesan melecehkan lembaga DPRD.

Atas penilaian anggota DPRD itu, Marfendi menegaskan, tidak seharusnya anggota dewan menyampaikan komentar berlebihan seperti itu, apa lagi aturan dilanggar wako tidak ada.

“Sekali lagi, ketidakhadiran wali kota di paripurna LKPJ, tidak perlu dikritisi secara berlebihan oleh DPRD, karena tidak ada aturan yang dilanggar,” ucap Marfendi. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...
- Advertisement -

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.

Kakankemenag Raih Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA dari Walikota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang hadiri Launching Inovasi dan Pemanfaatan Data Kependudukan program Disdukcapil Kota Padang Panjang yang dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran sekaligus menerima Piagam Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA bersama seluruh jajaran Forkopimda di di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Kamis (17/06/2021)
- Advertisement -

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman berhasil menangkap inisial IS (27) tersangka pencurian kendaraan roda 4 (empat) yang terjadi di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaku IS tersebut diringkus dirumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Pada Jumat 11/6/2021 sekira pukul 22:00 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sampah Membusuk di Titik Kumpul, Tak Pernah Terjadi saat Ramlan Nurmatias Pimpin Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Tumpukkan sampah di titik kumpul sampah belakang Pasar Atas, tak habis dibawa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi, mengeluarkan aroma busuk...

Saluran Permanen Dibuat di Bypass Bukittinggi, Rahmat: Kita Sudah Bertemu Gubernur

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Keinginan warga Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, agar bahu jalan bypass yang berada dibawahnya terdapat saluran air, sempat...

100 Hari Kepemimpinan Erman Safar – Marfendi, Awal Menuju Bukittinggi Hebat

Bukittinggi, beritasumbar.com - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi mengumumkan 100 hari progres kinerja mereka memimpin Bukittinggi pascadilantik pada 26 Februari...

Mundurnya Sejumlah Pejabat di Pemko Bukittinggi, Qory : Bukti Tak Mampu Laksanakan Tugas

Bukittinggi, beritasumbar.com- Mundurnya sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, tidak mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat. "Pelayanan Pemko terhadap masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Tidak...

Bukittinggi Dapat Hibah Mobil Pustakaan Keliling dari Perpusnas RI

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendapat bantuan hibah 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Mobil dengan fasilitas 3 komputer,...

Satu Mobil Ketua DPRD Diganti Dengan Inova, Tasmon: Mobil-nya Jenis Sama Ada Dua

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Mobil dinas Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Herman Syofyan saat ini jenis Jipp ada dua unit, yakni Fortuner dan Pajero. Untuk Bukittinggi...

Nyali Dinas PUPR Dipertanyakan, Bangunan Tanpa IMB Dibiarkan Berdiri

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Nyali Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bukittinggi dipertanyakan. Bangunan terletak di Luak Anyir, Kubu Gulai Bancah, Mandiangin Koto...

DPRD Bukittinggi Tak Elok Asal Hantam Kromo

Pasca dilantik Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (26/2/2021), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Marfendi terus mendapat sorotan, mulai...

Kwatir Amblas Lagi, Warga Jl Bypass Mohon Pemerintah Bangun Drainase

Bukittinggi, beritasumbar.com — Warga di sekitar Jalan Bypass Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, masih khawatir jika sewaktu-waktu bahu jalan di depan tempat usaha...

Bukittinggi Zona Orange, Plt DKK Ismail: Ingat yang Menentukan Warna Zona Satgas Covid Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Adanya dua pandangan tentang warna zona status covid-19 di Kota Bukittinggi, ditanggapi Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat dengan menyatakan penetapan zona...
- Advertisement -