26 C
Padang
Sabtu, Februari 27, 2021
Beritasumbar.com

Tim IP-NA Siap Hadapi Gugatan Ijazah Palsu Dari Tim yang Kalah Pilkada
T

Kategori -

Padang – Tim relawan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno – Nasrul Abit siap menghadapi gugatan terkait ijazah palsu yang dilaporkan pasangan Muslim Kasim – Fauzi Bahar ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Padang, Rabu.

“Kami sebagai tim relawan tidak akan pernah mengusung pasangan IP-NA jika memang ijazah Nasrul Abit (NA) palsu. Kami para pengusungnya ialah kaum akademis yang mempunyai integritas tinggi dan memiliki data, fakta dan penilaian terhadap keaslian ijazah tersebut,” kata Ketua Tim Relawan IP-NA Budi Syukur.

Ia mengatakan NA telah mencalonkan diri sebanyak empat kali sebagai kepala daerah yakni sebagai wakil bupati Pesisir Selatan satu kali, bupati Pesisir Selatan dua kali serta wakil gubernur Sumbar satu kali dan selama empat kali itu ijazah NA telah diklarifikasi ke sekolah asal untuk pembuktian keabsahannya.

“Permasalahan terkait gugatan pihak-pihak tertentu yang menyatakan ijazah NA palsu tidak terjadi kali ini saja, dan terakhir sebelum pencalonan sebagai wakil gubernur Sumbar juga telah diuji kembali dan terbukti tidak ada pelanggaran apapun,” katanya.

Ia menyampaikan pihak manapun termasuk MK-FB mempunyai hak untuk melapor dan tidak masalah untuk pihak IP-NA karena tim relawan mempunyai bukti yang kuat dan dapat diperlihatkan atau dipublikasikan jika suatu saat dibutuhkan.

Tim relawan IP-NA menlai setiap laporan termasuk dugaan pelanggaran ke Bawaslu ialah menyangkut ranah hukum dan semuanya punya konsekuensi tersendiri.

Terkait dengan adanya saksi dari Panwaslu Pesisir Selatan pada 2010 yang akan diperiksa oleh Bawaslu pada Kamis (17/12), ia mengatakan menyerahkannya pada pihak yang berwenang dan akan mengambil langkah hukum jika kesaksian tersebut terbukti tidak benar.

“Kami tidak akan pandang bulu bila terkait permasalahan hukum dan jika kesaksian saksi tidak benar, bisa saja dituntut sebagai pencemaran nama baik,” ujarnya.

Selain itu, laporan MK-FB bahwa IP melakukan pelanggaran dalam mutasi dirut rumah sakit Pariaman sebenarnya merupakan persoalan yang telah lama selesai, namun tim relawan memaklumi jika pihak yang melaporkan tidak mengikuti perkembangan di media.

Sementara pengacara MK-FB, Ibrani mengatakan terkait ijazah yang dimiliki NA ialah palsu dalam artian milik orang lain bernama Nasrul Ajimar dan indikasi ini sebagai salah satu indikator tidak memenuhi syarat dalam pasangan pada pemilu.

“Selain itu, untuk waktu enam bulan IP yang melakukan pelantikan pada kepala rumah sakit Pariaman termasuk dalam sebuah pelanggaran karena yang bersangkutan masih punya jabatan dan menurut undang-undang pelantikan tersebut harus dibatalkan,” katanya.

Bawaslu sebagai badan yang menangani pelanggaran terkait hal tersebut tentu bisa menilai keabsahan calon termasuk dari segi perbuatan agar tidak terjadi pelanggaran demokrasi.

Ia menyampaikan dalam waktu dekat Bawaslu Sumbar akan segera melakukan verifikasi terkait kedua laporan tersebut dan salah satunya tim MK-FB akan mendatangkan seorang saksi terkait ijazah palsu NA yaitu mantan anggota panitia pengawal pemilu (Panwaslu) 2010 Pesisir Selatan. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...
- Advertisement -

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

KH. T. ZULFIKAR ; Penyertaan BUMA Pasca Berakhirnya Kontrak Chevron Jadi Momentum Kebangkitan Riau

Akan segera berakhirnya kontak migas Chevron di blok rokan Provinsi Riau pada bulan Agustus 2021 nanti tengah menjadi atensi yang tinggi dari masyarakat Riau, bahwasanya dengan berakhirnya kontrak migas Chevron di blok rokan Riau merupakan sebuah momentum bagi masyarakat Riau untuk dapat bangkit melalui imbal hasil dari sumber daya alam yang besar sehingga mampu menjadi Provinsi yang lebih maju

Jadi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto Dukung Penuh Program Presisi Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri. Sebelumnya, Agus menjabat Kabaharkam Polri.

Boy Rafli Pakai Kostum Adat Minang Saat Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Acara Salam Indonesia Harmoni

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan nasional terhadap ancaman radikal terorisme...
- Advertisement -