29.2 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Tim IP-NA Siap Hadapi Gugatan Ijazah Palsu Dari Tim yang Kalah Pilkada

Padang – Tim relawan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno – Nasrul Abit siap menghadapi gugatan terkait ijazah palsu yang dilaporkan pasangan Muslim Kasim – Fauzi Bahar ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Padang, Rabu.

“Kami sebagai tim relawan tidak akan pernah mengusung pasangan IP-NA jika memang ijazah Nasrul Abit (NA) palsu. Kami para pengusungnya ialah kaum akademis yang mempunyai integritas tinggi dan memiliki data, fakta dan penilaian terhadap keaslian ijazah tersebut,” kata Ketua Tim Relawan IP-NA Budi Syukur.

Ia mengatakan NA telah mencalonkan diri sebanyak empat kali sebagai kepala daerah yakni sebagai wakil bupati Pesisir Selatan satu kali, bupati Pesisir Selatan dua kali serta wakil gubernur Sumbar satu kali dan selama empat kali itu ijazah NA telah diklarifikasi ke sekolah asal untuk pembuktian keabsahannya.

“Permasalahan terkait gugatan pihak-pihak tertentu yang menyatakan ijazah NA palsu tidak terjadi kali ini saja, dan terakhir sebelum pencalonan sebagai wakil gubernur Sumbar juga telah diuji kembali dan terbukti tidak ada pelanggaran apapun,” katanya.

Ia menyampaikan pihak manapun termasuk MK-FB mempunyai hak untuk melapor dan tidak masalah untuk pihak IP-NA karena tim relawan mempunyai bukti yang kuat dan dapat diperlihatkan atau dipublikasikan jika suatu saat dibutuhkan.

Tim relawan IP-NA menlai setiap laporan termasuk dugaan pelanggaran ke Bawaslu ialah menyangkut ranah hukum dan semuanya punya konsekuensi tersendiri.

Terkait dengan adanya saksi dari Panwaslu Pesisir Selatan pada 2010 yang akan diperiksa oleh Bawaslu pada Kamis (17/12), ia mengatakan menyerahkannya pada pihak yang berwenang dan akan mengambil langkah hukum jika kesaksian tersebut terbukti tidak benar.

“Kami tidak akan pandang bulu bila terkait permasalahan hukum dan jika kesaksian saksi tidak benar, bisa saja dituntut sebagai pencemaran nama baik,” ujarnya.

Selain itu, laporan MK-FB bahwa IP melakukan pelanggaran dalam mutasi dirut rumah sakit Pariaman sebenarnya merupakan persoalan yang telah lama selesai, namun tim relawan memaklumi jika pihak yang melaporkan tidak mengikuti perkembangan di media.

Sementara pengacara MK-FB, Ibrani mengatakan terkait ijazah yang dimiliki NA ialah palsu dalam artian milik orang lain bernama Nasrul Ajimar dan indikasi ini sebagai salah satu indikator tidak memenuhi syarat dalam pasangan pada pemilu.

“Selain itu, untuk waktu enam bulan IP yang melakukan pelantikan pada kepala rumah sakit Pariaman termasuk dalam sebuah pelanggaran karena yang bersangkutan masih punya jabatan dan menurut undang-undang pelantikan tersebut harus dibatalkan,” katanya.

Bawaslu sebagai badan yang menangani pelanggaran terkait hal tersebut tentu bisa menilai keabsahan calon termasuk dari segi perbuatan agar tidak terjadi pelanggaran demokrasi.

Ia menyampaikan dalam waktu dekat Bawaslu Sumbar akan segera melakukan verifikasi terkait kedua laporan tersebut dan salah satunya tim MK-FB akan mendatangkan seorang saksi terkait ijazah palsu NA yaitu mantan anggota panitia pengawal pemilu (Panwaslu) 2010 Pesisir Selatan. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang...

Diusung PKS, Sultani Hadiri Wirid Yasinan Pagaruyung

Calon wakil bupati H. Sultani S.Pt yang diusung serta sekaligus kader PKS, turut hadiri wirid yasinan bersama masyarakat pagaruyung pada sabtu (...

Forkopimda Sumbar Gelar Rakor Criminal Justice System Tentang Penerapan Perda AKB

Padang, - Guna menyamakan persepsi dalam menerapkan sanksi protokol kesehatan yang tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru, Forum Koordinasi...

Satlantas Polres Pessel Tertibkan Kendaraan Yang Parkir di Bahu Jalan

Pesisir Selatan,- Satlantas Polres Pesisir Selatan turun menertibkan kendaraan roda dua dan roda empat, dimana bahu jalan di samping rumah sakit RSUD....
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...
- Advertisement -