24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Tak Lagi Menjabat, Mantan Wako dan Wawako Bukittinggi Tetap Pakai Mobnas…?
T

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Mobil dinas (Mobnas) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi sejatinya ada dua unit, karena dipakai wako dan wawako lama, satu unit yang ada di rumah dinas.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Perlengkapan di Pemerintahan Kota Bukittinggi, Roffie Hendra, SSTP, M.Si mengakui, mobil dinas wali kota dan wakil wali kota Bukittinggi, dulunya ada dua unit.

“Untuk mobil dinas wali kota yang dua unit itu yakni, Pajero Sport dan sedan Honda Accord. Kedua berplat merah BA 1 L. Untuk wakil wali kota, Fortuner dan sedan,” kata Roffie di Bukittinggi, Jum’at (26/3/2021).

Mobil jenis Jeep seperti Pajero Sport dan Fortuner, pengadaannya waktu wali kota, Ismet Amzis. Sedangkan mobil jenis sedan, pengadaan saat wali kota, Ramlan Nurmatias.

“Tadinya mobil dinas wako dan wawako ada dua unit, namun tinggal satu unit lantaran dipakai Ramlan dan Irwandi, merupakan mantan wako dan wawako,” ucapnya.

Ia menyebutkan, mobil dinas dipakai Ramlan Nurmatias jenis Pajero Sport. Sementara dipakai, Irwandi jenis sedan.

“Mantan wako Ramlan memakai jenis Pajero Sport, kenapa tidak jenis sedan lantaran pak Ramlan itu sukanya yang Jeep. Beda dengan mantan wawako, ia lebih suka sedan, makanya sedan yang dipakai,” terangnya.

Ia menyampaikan, mobil dinas dipakai mantan wako dan wawako itu, sudah mereka (Ramlan dan Irwandi, red) pulangkan (beli, red), sesuai Permendagri No. 19 tahun 2016.

Menurut dia, di dalam permendagri khusus pejabat negara, dikecualikan dari lelang mantan Gubernur, wali kota, bupati dan wakil wali kota serta wakil bupati.

“Mobil itu sempat masuk pool. Karena telah dipulangkan, mobil dipakainya kembali. Lantaran sudah dipulangkan mobil keluar dari poolnya,” katanya.

Roffie menyebutkan, tidak mengetahui berapa nilai mobil tersebut dipulangkan oleh mantan wako, Ramlan dan mantan wawako, Irwandi tersebut.

“Setahu saya, mobil sudah diganti rugi mereka (Ramlan dan Irwandi, red) ke negara. Berapa nilai ganti ruginya, tim menentukan. Tim dibentuk oleh badan keuangan,” tegasnya.

Kebijakan wali kota dan wakil wali kota baru, Ermam Safar – Marfendi tidak mau membeli mobil dinas baru meski sudah ada anggaran pembelian mobil di 2021.

Disampaikannya, refocusing sehingga pembelian mobil dinas wako dan wawako dialihkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat, mobil dinas masih ada satu lagi yang bisa dipakai.

“Di Permendagri membolehkan kendaraan dinas dipakai mantan wako dan wawako, dengan catatan masih ada kendaraan untuk wali kota dan wakil wali kota yang baru,” paparnya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022, Berlandaskan ABS – SBK

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi - misi...

Pertahankan Heritage di Bukittinggi, Marfendi: Banyak yang Bisa Dipatenkan di Unesco

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi perlu mempertahankan heritage, dengan membuat pola dan sejarah tertulis sehingga nantinya dapat diusulkan ke Unesco. Demikian disampaikan Wali Kota...
- Advertisement -