29.4 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Sekretris Fatayat NU Perempuan Pertama Menjadi Ketua Panwascam Kabupaten Sijunjung
S

Kategori -

Sijunjung–Di balik perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Pilgub), serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Sijunjung pada tahun 2020. Lembaga Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Kabupaten Sijunjung, telah melantik 24 putra-putri terbaik menjadi Komisioner Panitia Pengawas Kecamatan pada Senin (23/12) di Converention Room Wisma Keluarga.

Salah satu tugas penting yang menjadi tolak ukur keberhasilan Pilkada hari ini, agar peserta pemilu patuh terhadap aturan. Nah, di antara para Panwascam di Kabupaten Sijunjung, ada tiga sosok perempuan yang menjadi sorotan banyak mata, apalagi dari sekian banyak pesaing hanya mereka yang bisa menembus penjaringan, dan ini merupakan salah satu mewakili setiap Daerah Pemilihan di Kabupaten Sijunjung atau sebagai keterwakilan perempuan yang sesuai dengan perundangan.

Keterwakilan perempuan, merupakan hal yang paling diperhatikan dalam sebuah lembaga. Salah satunya sosok permpuan yang mewakili perempuan dari Dapil II (Koto VII dan Sumpur Kudus) sebagai Panwascam Koto VII yakni Mutia Rahmi, S.Pd

Setelah, usainya kegiatan pelantikan dan bimbingan teknis terhadap semua anggota Panwascam. Wanita yang kini menjabat Ketua Panwascam Koto VII. Mutia Rahmi, S.Pd bahkan menjadi satu-satunya Ketua Panwascam Perempuan di Kabupaten Sijunjung

”Seorang perempuan juga bisa memimpin. Saya selalu buktikan dengan kinerja yang selalu berpijak pada aturan main,” ujar aktivis wanita satu anak ini

Perempuan kelahiran Bukit Bual tahun 199, mengaku sebagai Panitia Pengawas kecamatan ini adalah pengalaman pertama kalinya. Karenanya, dengan pengalamam tersebut membuat tantangan kerja yang dilakoninya harus totalitas, apalagi melakoni langsung sebagai ketua dan tidak ada alasan untuk mengemban amanah.

”Saya bekerja sebagai Panwascam baru pertama kali, dan pengalaman baru ini bukan alasan tidak bisa atau tidak mampu. Kalau tidak mampu kenapa mendaftar. Nah, tekad kerja jujur dan berintegritas adalah modal utama untuk mengemban amanah supaya totalitas” tuturnya.

Tantangan yang ia hadapi adalah mengatur waktu. Mutia Rahmi harus putar otak untuk membagi waktu. Sebab selain menjadi ketua Panwascam, ia juga sebagai ibu rumah tangga (IRT) dengan satu orang anak.

”Alahamdulilah, berkat dukungan Suami, mendapatkan keringanan dalam mengatur waktu, hingga saat ini masih terpegang semuanya” ujar dia.

Tak cukup di situ, Mutia Rahmi sosok aktivis perempuan yang memimpin organisasi pemudi Nahdlatul Ulama (Fatayat NU) sebagai Sekretris di Kabupaten Sijunjung, selain itu pernah aktif dan fokus membina nagari atau desa dalam program Inovasi Desa. Hingga hari ini di Nagari Bukit Bual ia juga memimpin ibu-ibu yasinan

”Dengan memiliki pengalaman lintas organisasi dan juga program di kecamatan Koto VII wabilkhusu di Nagari Bukit Bual. Paling tidak ini akan memudahkan saya bertugas di Panwascam, insyallah semua jadi ringan dan bisa terkendali,” pungkasnya ( Rezki Aryendi )

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.
- Advertisement -

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.
- Advertisement -

13 Pelaku Usaha Di Kota Payakumbuh Terima Sertifikat Halal

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Penyerahan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI yang diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen kepada 13 pelaku usaha pangan di Kota Payakumbuh disaksikan oleh Kadis Nakerin Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Dinas Andiko Jumarel dan Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi di Mushala Baiturahman Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Jumat (18/6).

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Sijunjung menyerahkan bantuan Ternak Kambing dalam Program Sijunjung Makmur

Sijunjung, Beritasumbar.com,- Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) kabupaten Sijunjung, tak henti-hentinya untuk berinovasi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Ranah Lansek Manih. Seperti baru saja filakukan pada Hari Jum'at berkah sangat dirasakan oleh masyarakat Nagari Siaur Kecamatan Kamang Baru yang mendapat bantuan ternak Kambing yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Sijunjung Iradattillah pada Jumat (18/6).

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.

Efendri Eka Saputra Sukses Memasyarakatkan Jaksa

Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Meskipun baru menjabat 3 bulan sebagai Kepala Kejari Sijunjung, nama Efendri Eka Putra tidak asing lagi di telinga masyarakat Sijunjung.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.
- Advertisement -