25 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sambil Berbagi Masker, Mahasiswa KKN Unand Edukasi Pentingnya Prokes Di Pasar Padang Lua
S

Kategori -
- Advertisement -

Agam,BeritaSumbar.com,-Dorong Disiplin Prokes, Mahasiswa KKN Unand Bagikan Masker Gratis dan Edukasi Prokes di Pasar Padang Lua sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Melesatnya peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat diakibatkan karena masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya, yaitu minimnya edukasi dan kesadaran tentang Covid-19 yang dapat kita lihat bahwa fenomena masyarakat yang masih banyak percaya stigma yang keliru tentang Covid-19.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kota/kabupaten, tak terkecuali juga di satuan pemerintahan terkecil yakni nagari. Salah satu contoh yang dapat kita lihat yakni edukasi protokol kesehatan di masa pandemi terutama terkait Cara Pemakaian Masker secara Baik dan Benar, edukasi terkait Sanksi bagi Pelanggar Prokes, dan pembagian masker gratis terutama kepada para pedagang di Pasar Padang Lua yang masih minim mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Andalas bekerjasama dengan Pemerintahan Nagari Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam.

Berawal dari pesan yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tim KKN Unand Padang Lua, Ibu Prof. Ir. Nilda Tri Putri, ST., MT., PhD, IPU, “kegiatan KKN Unand kali ini hendaknya juga turut membantu pemerintahan nagari dalam meminimalisir angka penularan Covid-19 dengan menyosialisasikan protokol kesehatan, serta menjadi agen edukasi Covid-19 bagi masyarakat Nagari Padang Lua,” Jumat (09/07/2021)

Pihak nagari dan pihak pasar menyambut dengan baik mahasiswa KKN Unand yang ikut berkontribusi dalam kegiatan pembagian masker gratis kepada pedagang di Pasar Padang Lua, edukasi protokol kesehatan di masa pandemi terutama terkait Cara Penggunaan Masker secara Baik dan Benar, dan edukasi terkait Sanksi bagi Pelanggar Prokes di Masa Pandemi. Kegiatan diawali dengan koordinasi serta pengarahan dari pihak Nagari, Bapak Edison. Dalam pengarahan tersebut walinagari mengingatkan mahasiswa KKN Unand untuk selalu menjaga prokes selama berkegiatan.

Selanjutnya, mahasiswa KKN Unand juga berkoordinasi dan meminta izin kepada Kepala Pasar Padang Lua, Bapak Ade Maulia, untuk melaksanakan kegiatan pembagian masker gratis dan pembagian leaflet Cara Menggunakan Masker secara Baik dan Benar serta leaflet Sanksi bagi Pelanggar Prokes di Masa Pandemi, Sabtu (31/07/2021). Beliau mengizinkan dan mengapresiasi mahasiswa KKN Unand untuk melaksanakan kegiatan tersebut di Pasar Padang Lua.
“Kami mengizinkan dan mengapresiasi mahasiswa KKN Unand untuk melaksanakan program pembagian masker gratis dan pemasangan poster Cara Penggunaan Masker secara Baik dan Benar serta poster Sanksi bagi Pelanggar Prokes di Masa Pandemi, mengingat pentingnya hal ini untuk mengedukasi masyarakat Pasar Padang Lua yang masih minim pengetahuan dan kesadaran pemakaian masker,” tanggapan Kepala Pasar Padang Lua kepada mahasiswa KKN Unand.

Setelah mendapatkan izin dari kepala pasar, mahasiswa Unand melaksanakan kegiatan pembagian masker gratis dan pembagian leaflet di kawasan Pasar Padang Lua secara terpusat, Selasa (3 Agustus 2021). Disamping pembagian leaflet secara terpusat, mahasiswa KKN Unand dibawah bimbingan Ibu Nilda ini, juga melakukan pembagian selebaran leaflet Cara Menggunakan Masker secara Baik dan Benar serta leaflet Sanksi bagi Pelanggar Prokes di Masa Pandemi, dengan datang langsung ke lokasi tempat tinggal warga, terkhusus daerah yang rentan keramaian, seperti warung, toko, masjid, hingga sekolah.

Masyarakat, baik pembeli maupun penjual menjadi sasaran utama pembagian masker kali ini. Berdasarkan informasi di lapangan, masyarakat sangat antusias dalam menerima penjelasan mahasiswa KKN Unand terkait Cara Penggunaan Masker secara Baik dan Benar serta penjelasan terkait Sanksi bagi Pelanggar Prokes di Masa Pandemi, serta sangat senang saat mendapatkan masker gratis pemberian dari mahasiswa KKN Unand ini. ( ABD )

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img