24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani
P

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com – Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku. 

Daunnya berbentuk bulat oval dan bulat panjang-menyerupai jantung pada permukaan bagian atas daun terdapat bulu-bulu dan kasar, berwarna hijau tua keungun-unguan dan mengeluarkan aroma yang unik bila diremas, berbatang segiempat, mempunyai banyak cabang dan tumbuh sehingga satu meter tinggi.

Untuk mendapatkan minyak pati (biang) nilam (patchouli oil),  daun tanaman ini dikeringkan terlebih dahulu selama 3-4 hari di atas rak bambu, sehingga mendapatkan berat kering kurang dari setengah berat semula. Adapun daun yang sudah kering lebih banyak menghasilkan minyak atsiri ketimbang daun yang masih basah.

Ada 3 cara untuk mendapatkan minyak nilam, direbus, dikukus, dan penyulingan dengan cara uap.

Minyak nilam ini memiliki sifat sebagai berikut : sukar menguap dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya, larut dalam alkohol, minyak dapat dicampur dengan minyak eteris-minyak terbang lainnya,  minyak nilam punya banyak kegunaan, mulai dari pembunuh serangga, hingga bermanfaat pula sebagai obat-obatan.

Masa panen pohon ini terbilang singkat dan pemeliharaannya terbilang cukup mudah. Bahkan, di sebagian daerah Indonesia tumbuh liar sebagai tumbuhan semak. Masih sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa kandungan daun ini sangat bermanfaat untuk berbagai bidang industri dan bernilai ekonomi.

Manfaat dan kegunaan minyak nilam yaitu: sebagai bahan campuran untuk parfum, sebagai aroma therapy, anti mikroba, sebagai anti oksidan, dan menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka. Selain itu mencegah kulit kering, bahan baku obat, anti serangga, merangsang hormon, dan menyembuhkan dan menghambat luka dari sengatan racun ular berbisa.

Melansir dari berita Ditjen Perkebunan Kementan RI (4/2020), “Indonesia merupakan negara produsen utama minyak nilam dunia, menguasai berkisar 95% pasar dunia. Saat ini, berkisar 85% ekspor minyak atsiri Indonesia didominasi oleh minyak nilam dengan volume 1.200-1.500 ton/tahun, dan diekspor ke beberapa negara diantaranya Singapura, Amerika Serikat, Spanyol, Perancis, Switzerland, Inggris, dan negara lainnya.” kata Kasdi Subagyono Direktur Jenderal Perkebunan dalam arahannya pada video conference meeting (1/4/2020).

“Prospek ekspor komoditi nilam pada masa yang akan datang masih cukup besar, mengingat tingginya permintaan dunia akan minyak nilam,” katanya. Fungsi minyak nilam adalah sebagai bahan pengikat (fiksator) dalam industri Parfum/Fragrance, kosmetik, farmasi, dan aromaterapi, sampai saat ini belum dapat disubstitusi oleh bahan yang lain.

Beberapa jenis nilam yang banyak dikembangkan di Indonesia diantaranya varietas tapak tuan, varietas sidikalang, varietas lhoksumawe dan varietas Pachoullina 1, dan 2 yang di kembangkan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro).

Agar usaha lebih menguntungkan dan dapat terus berjalan, petani nilam disarankan untuk memiliki alat penyulingan sendiri. Usaha ini dapat dilakukan bersinergi dengan BUMDes/ BUMNag yang ada di desa/ nagari.

Dengan demikian, petani dapat langsung melakukan penjualan secara mandiri kepada pihak eksportir (melalui BUMDes/ BUMNag) atau bahkan melakukan ekspor secara mandiri dengan memanfaatkan platform dagang digital, seperti: IDNStore, PaDi UMKM, TaniHUB, dan lain sebagainya.

Saat ini (2021), harga minyak nilam di Indonesia berada di kisaran Rp600 ribu sampai Rp700 ribuan per kg. Di Aceh Barat Daya misalnya, minyak nilam ditawarkan dengan harga berkisar Rp660 ribuan per kg di tingkat petani dan Rp700 ribuan per kg di tingkat penampung. Tidak jauh berbeda, di Touna, Sulawesi Tengah, minyak nilam dijual dengan harga Rp620 ribuan per kg. Sahabat petani, adakah yang berminat menanam tanaman Nilam ini?  oleh H. Ali Akbar. (Syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.
- Advertisement -

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.
- Advertisement -

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman berhasil menangkap inisial IS (27) tersangka pencurian kendaraan roda 4 (empat) yang terjadi di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaku IS tersebut diringkus dirumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Pada Jumat 11/6/2021 sekira pukul 22:00 WIB.

Menghadapi Pilwana Serentak, Pemnag Ulakan Sosialisasikan Tahapan Pilwana.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Sehubungan dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Padang Pariaman dan sesuai tahapan pelaksanaan Pilwana yang telah berjalan. Nagari Ulakan yang merupakan salah satu peserta Pilwana serentak, melaksanakan Sosialisasi Pilwana yang menjadi kegiatan akhir pada Tahapan Persiapan.

Polres Padang Pariaman Terima Junjungan Tim Puslitbang Polri

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim penelitian Puslitbang Polri kunjungi Polres Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Nagari Seulayat Ulakan yang Tercepat Salurkan BLT DD Bulan Februari 2021 di Ulakan Tapakih

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021, telah ditetapkan prioritas dengan tiga fokus anggaran.

Yusrita Suhatri Bur : Perlu Dukungan Pemnag-PKK Untuk Pengentasan Stunting

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Ketua TP. PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengatakan untuk pengentasan stunting, PPK di masing-masing nagari perlu dukungan dari pemerintah...

Jabatan Kapolsek BIM Diserah Terimakan

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Polres Padang Pariaman melaksanakan upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Kawasan BIM Polres Padang Pariaman yang bertempat di halaman apel Polres Padang Pariaman, Rabu 19/5/2021.
- Advertisement -