24 C
Padang
Sabtu, September 18, 2021
Beritasumbar.com

Presiden Genpro : Program Wirausaha Trinda Farhan Paling Konkret
P

Kategori -

Agam,BeritaSumbar.com,- Debat putaran kedua Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam sudah selesai dilaksanakan pada Jumat (20/11). Dengan mengusung temapembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial, debat dilaksanakan di Studio Padang TV yang disiarkan langsung di stasiun tv tsb.

Presiden Global Entrepreneur Profesional (Genpro) Chapter Agam Wahid Suharto juga ikut berkomentar usai dilaksanakan debat putaran kedua. Beliau menilai hasil debat tadi malam cukup berpengaruh kepada masyarakat Agam untuk melihat siapa calon yang sungguh-sungguh dalam pembangunan ekonomi di Kabupaten Agam.

Sebagai organisasi yang bergerak dibidang entrepreneur, Genpro berharap calon bupati dan wakil bupati punya komitmen dalam menumbuhkan wirausaha di Kabupaten Agam. Dengan semakin tumbuhnya wirausaha, maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan tentu saja perumbuhan ekonomi akan meningkat pula.

Wahid menilai dari berbagai segmen debat, adu gagasan tentang wirausaha antara Taslim dan Trinda Farhan cukup menarik disimak. Saat diberikan pertanyaan oleh moderator apa kebijakan yang diambil dalam menumbuhkan pelaku usaha di Kabupaten Agam,antara Taslim dan Trinda Farhan memiliki jawaban yang berbeda.

Wahid yang merupakan pelaku usaha bidang furniture ini menilai jawaban kedua paslon cukup bagus namun ada kekeliruan dalam memahami dunia usaha dari jawaban yang diberikan oleh calon bupati nomor satu Taslim. Dimana Taslim menjawab menumbuhkan pasar terlebih dahulu agar pelaku usaha semakin meningkat.

“Membangun pasar memang penting, karna pasar yang luas akan meningkatkan produksi dan penjualan. Namun ketika kita bicara enterpreneur, kita bicara soal membangun kemandirian. Ketika mindsetnya bangun pasar dahulu baru tumbuhkan wirausaha, ini memanjakan pelaku usaha dan punya efek negatif terhadap mentalitas para pelaku usaha” ujarnya.

“Saya sependapat dengan jawaban dari calon bupati nomor tiga Trinda Farhan. Beliau menyampaikan yang paling penting bangun jiwa entrepreneurnya terlebih dahulu, maka membangun pasar akan mengikut sesudahnya. Saat ini pasar global terbuka luas. Pelaku usaha bisa membuka pasar sendiri kalau kemampuan entrepreneurnya sudah bagus. Setelah jiwa entrepreneurnya ada, baru pemerintah dapat mensupport dengan melakukan program pembinaan dan pemberdayaan serta bisa membantu dalam memperluas pasarnya”. Lanjut pria yang berasal dari Gadut, Tilatang Kamang ini.

Wahid juga mengapresiasi program menumbuhkan 10.000 entrepreneur baru yang dicanangkan oleh Trinda Farhan. Menurut beliau angka tersebut sangat realistik dan sangat mungkin tercapai apabila Pemerintah bersungguh-sungguh dalam merencanakan dan mengeksekusi programnya.

Menurut wahid kesuksesan Pemerintah dalam menumbuhkan wirausaha tidak boleh dinafikan peran organisasi dan komunitas wirausaha yang ada di Agam. Sinergi antara pemerintah adalah sebuah keniscayaan agar wirausaha di Kabupaten Agam bisa meningkat lebih pesat.(RK)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Partai Gerindra Gelar Vaksinasi Massal, Reki: Dosis untuk 5.000 Orang

Bukittinggi, beritasumbar.com - Menindaklanjuti intruksi DPD Gerindra Provinsi dan pemerintah, DPC Gerindra Bukittinggi gelar vaksinasi massal. Vaksinasi tersebut dipusatkan di kantor Gerindra jl by...
- Advertisement -

Kembali Tinjau Pasar Bawah yang Terbakar, Marfendi: Hari ini Tumpukkan Sisa Kebakaran Diangkat Truk

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi, kembali meninjau Pasar Bawah, yang hangus terbakar pada Sabtu (11/9/2021), dini hari kemarin. Disela-sela peninjauannya, Rabu (15/9/2021),...

Kasus Covid-19 di Bukittinggi Makin Turun

Bukittinggi, beritasumbar.com - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi melaporkan data terbaru perkembangan kasus Corona Virus Diseases - 19 (Covid-19) semakin menurun. Menurut Sekretaris DKK, Vera...
- Advertisement -

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.

Diduga Lakukan Penganiayaan Berat, 4 Pria Ini Dibekuk Tim Gagak Hitam

Padang Pariaman ,BeritaSumbar.com,- Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Batang Anai dan Polsek Lubuk Alung berhasil menangkap pelaku yang diduga melakukan penganiayaan berat yang dilakukan oleh empat orang bersama-sama, pelaku tersebut inisial AJH (30), RAA (23), YA (18), dan RYP (18). Keempat pelaku itu ditangkap di Durian Tarung, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, pada Jumat 17/9/2021 sekira pukul 18:00 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Warga Agam Diminta Pahami Rekam Jejak Era Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Psikolog dan Dosen Universitas Presiden, Grace Amin membeberkan bahwa rekam jejak digital di internet berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Asal Klik di Internet, Ini Penjelasan Pakar Informatika Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Guru Informatika SMAN 1 Lubuk Basung, Wery Milasari, meminta masyarakat untuk tidak asal-asalan dalam membuka situs internet.

Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Pada Kelompok Lansia MELATI di Nagari Sungai Buluh Selatan

Tingkat kematian kelompok lansia yang terinfeksi COVID-19 memang merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok usia lainnya. Populasi lanjut usia, terutama yang berusia di atas 70 tahun, merupakan kelompok yang paling rentan terhadap penyakit COVID-19. Daya tahan tubuh yang melemah dan adanya penyakit kronis bisa meningkatkan risiko lansia terkena COVID-19 serta mengalami gejala yang lebih parah dan bisa berakibat fatal.

Dikukuhkan Sebagai Nagari Konstitusi, Zul Arfin: Jalan Lobi ke Pusat Terbuka Luas

Agam, beritasumbar.com -- Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dikukuhkan sebagai nagari konsitusi, Sabtu (28/8/2021). Penetapan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi, melalui surat...

Mahasiswa KKN Unand Lakukan Pemasangan Lampu PJU Energu Surya di Lokasi Objek Wisata Panorama Balai Balai

Agam,BeritaSumbar.com,- Sebagai Karya Pengabdian Masyarakat , Mahasiswa KKN Unand Melakukan Pemasangan Lampu PJU Energi Surya Pada Objek Wisata “Panorama Balai Balai” di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua

Pengabdian TIM KUKERTA UNRI Nagari Kapau Lakukan Pendampingan Belajar Dengan Media Gameboard

Agam,BeritaSumbar.com,- Tim KUKERTA UNRI melakukan kegiatan pembelajaran dengan Media Gameboard pada jumat (6/8/2021) di Jorong Padang Canting, Kabupaten Agam , Sumatera Barat. Kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dilingkungan sekitar.

Mahasiswa KKN Unand Sosialisasikan Pentingnya Hak Merek Bagi UMKM

Agam,BeritaSumbar.com,- Melek akan Pentingnya Hak Merek, Mahasiswa KKN Universitas Andalas Nagari Padang Lua Melakukan Sosialisasi Terkait dengan Pentingnya Hak Atas Merek Bagi Pelaku UMKM di Banuhampu

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -