24 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Perbaikan Jalan Jalur TdS 2015 Selesai Sebelum Oktober 2015
P

Kategori -

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Sumbar) menjamin seluruh ruas jalan yang dipergunakan dalam Tour de Singkarak (TdS), akan selesai diperbaiki sebelum acara tahunan itu dimulai pada Oktober 2015.

“Sudah rampung 90 persen, tinggal perbaikan di beberapa ruas di Kabupaten Sijunjung dan Solok Selatan,” kata Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman (Disprasjaltarkim) Sumbar, Suprapto di Padang, Jumat.
Menurut dia, secara umum kualitas jalan di Sumbar baik dan aman untuk dilewati.

“Tambal sulam untuk mengantisipasi lubang di jalan sudah selesai hingga pebalap nanti tidak perlu khawatir,” katanya.

Pekerjaan yang tersisa di Sijunjung menurut dia adalah betonisasi di beberapa titik. Sedangkan di Solok Selatan ada peninggian badan jalan yang rawan banjir.

“Peninggian badan jalan untuk antisipasi banjir ini hanya di bebarapa bagian jalan dan tidak terlalu parah. Di Sumbar memang tidak jalan yang tergenang banjir salama tiga hari,? katanya.

Dia menargetkan September 2015 semua sudah selesai 100 persen dan siap untuk digunakan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar Burhasman Bur menginformasikan TdS 2015 dimulai di Pesisir Selatan, 3 Oktober 2015.

“Grand star etape I dilakukan di Pesisir Selatan kemudian para pebalap sepeda akan melewati Padang dan berakhir di Pariaman dengan rute yang dilalui sepanjang 136 kilometer,” kata dia.

Etape kedua, Minggu (4/10), TdS akan melalui rute sepanjang 120 kilometer dimulai dari Pantai Tiram, Padang Pariaman dan berakhir di Danau Singkarak, Solok. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Pantai Tiram – Lubuk Alung – Padang – Sitinjau Laut – Lubuk Selasih – Solok Kota – Sumani – Dermaga Danau Singkarak.

Pada etape ketiga, Senin (5/10), TdS akan melalui rute sepanjang 157 kilometer. Rute dimulai dari Desa Wisata, Sijunjung dan berakhir di Koto Baru, Dharmasraya. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Sijunjung – Air Paneh – Maloro – Kamang – Kiliranjao – Pulau Punjung – Koto Baru.

Etape empat, Selasa (6/10), TdS akan melalui rute sepanjang 160 kilometer. Rute dimulai dari Muara Labuh, Solok Selatan dan berakhir di Taman Wisata Kandi, Sawahlunto. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Padang Aro – Muara Labuh – Surian – Danau Kembar Bukit Sileh – Solok – Muara Kalaban – Sawahlunto – Kandi.

Etape lima, Rabu (7/10), TdS akan melalui rute sepanjang 145 kilometer. Rute dimulai dari Jam Gadang, Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Jam Gadang Bukittinggi – Kapau – Ngarai Sianok – Panta – Malalak – Sicincin – Lembah Anai – Padang Panjang – Rambatan – Tanah Datar.

Pada etape keenam, Kamis (8/10), TdS akan melalui rute sepanjang 135 kilometer. Rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau, Limapuluh. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Ngalau Indah Payakumbuh – Pakan Rabaa – Balai Tangah – Puncak Pato – Batusangkar – Baso – Payakumbuh – Harau Limapuluh Kota.

Kemudian Etape tujuh, Jumat (9/10), TdS akan melalui rute sepanjang 98 kilometer. Rute dimulai dari Equator Bonjol, Pasaman dan berakhir di Simpang Ampat, Pasaman Barat. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Equator Bonjol – Lubuk Sikaping – Rimbo Panti – Talu – Simpang Ampat.

Etape delapan, Sabtu (10/10), TdS akan melalui rute sepanjang 121 kilometer. Rute dimulai dari Simpang Ampat, Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang, Agam. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Simpang Ampat – Kinali – Lubuk Basung – Muko muko – Kelok 44 – Puncak Lawang.

Etape terakhir, Minggu (11/10), TdS akan melalui rute sepanjang 110 kilometer. Rute dimulai dari Secata, Padang Panjang dan berakhir di Pantai Padang. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Padang Panjang – Lembah anai – Sicincin – Padang – Universitas Andalas (Unand) – Pantai Padang.

 

Sumber: Antara/Oleh Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...
- Advertisement -