24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi
P

Kategori -
- Advertisement -

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.

Tetapi yang lebih memprihatinkan pada bidang pendidikan. Karena pendidikan menurut Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Namun pada era pandemi saat ini suasana belajar dan proses pembelajaran menggunakan daring. Kita dituntut untuk dapat mengondisikan atas terjadinya fenomena ini. Bagaimana pembelajaran dapat berjalan lancar dan sukses.

Pembelajaran secara daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat pedagogi atau alat bantu pendidikan yang memungkinkan harus menggunakan akses internet dan teknologi informasi yang baik untuk menjadi fasilitas dalam pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui interaksi yang dilakukan.

Perkembangan teknologi pada zaman era modern ini sangatlah pesat hingga mampu mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia, bahkan sudah masuk hingga ke desa-desa terpencil. Sehingga memberikan banyak manfaat dan kemajuan di berbagai aspek. Perkembangan ini tentu merupakan sebuah keniscayaan karena semakin mudahnya pemanfaatan teknologi ini dapat diakses dan didapatkan oleh masyarakat. karena itu, informasi yang berkembang di masyarakat menjadi sangat cepat didapatkan dan tersebar dengan massif sehingga masyarakat menjadi tercerahkan dan peradaban pun berkembang.

Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam. Bahkan menit atau detik terutama berkaitan dengan teknologi elektronika. Penggunaan teknologi oleh manusia dalam membantu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Penggunaan teknologi pada saat pandemi ini sangat banyak sekali. Seperti yang sudah kita tahu salah satu teknologinya adalah handphone. Handphone merupakan teknologi yang rata-rata semua orang dapat memilikinya. Dengan handphone semua orang dapat mengakses banyak hal. Mengakses tentang bagaimana keadaan di negara-negara lain, informasi-informasi di belahan dunia.

Kita harus bisa menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya saat ini, karena dengan situasi pandemi seperti ini dapat memunculkan ide-ide kreatif, membuka peluang meningkatkan kreativitas bagi kita dengan membuat konten-konten yang menarik. Dengan terinspirasi dari berbagai konten yang unik yang ada di dunia maya, dapat meningkatkan kreativitas.

Yang dulunya tidak bisa menggunakan serta memanfaatkan teknologi yang ada, di masa pandemi ini kita dituntut menggunakan teknologi yang berkembang saat ini, dengan menggunakan berbagai macam aplikasi-aplikasi yang dapat membantu serta mempermudah dalam kegiatan kita.

Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat ini, mampu digunakan dan dimanfaatkan untuk menjadi penunjang di dalam terselenggaranya proses belajar mengajar secara jarak jauh. Karena teknologi memiliki peranan yang mampu menjadikan proses belajar menjadi efektif dan mampu tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi. Dengan teknologi yang ada akan lebih memiliki manfaat yang luas yang tidak hanya kita gunakan sebagai hiburan, namun juga kita gunakan untuk mengakses setiap pembelajaran menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada dengan baik dan tidak kaku akan teknologi.

Seperti dengan pembelajaran daring saat pandemi ini, banyak sekali teknologi media pembelajaran yang dapat kita gunakan, baik itu pada tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, E-Learning, WhatsApp Grup dan lainnya yang mampu menjadi penunjang fasilitas belajar dari rumah.

Media pembelajaran disebut juga sebagai atau atau sumber belajar yang dapat membantu pendidik dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik. Dalam hal ini, jaringan internet menjadi hal yang paling penting dalam proses pembelajaran yang dilakukan karena tanpa adanya jaringan internet peserta didik tidak dapat mengakses media pembelajaran untuk melakukan pembelajaran.

Kemudian seperti berjualan, kita dapat menggunakan serta memanfaatkan aplikasi yang dapat membantu untuk mempromosikan barang dagangan kita.

Dengan itu semua orang nantinya dapat mengaksesnya. Di masa pandemi ini belanja online juga mulai menjadi gaya hidup masyarakat yang baru, dengan mengandalkan teknologi semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan berbagai macam aplikasi-aplikasi tersebut semua orang dapat melakukan pembelian dengan cara online seperti membeli makanan, mengantarkan barang, dan lainnya.

Penulis: Dosen dan mahasiswa IAIN Batusangkar: Dr. Hj. Demina, M.Pd, Intan Diminiqu Sanda dan Nurhafizah

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img