26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi
P

Kategori -

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.

Tetapi yang lebih memprihatinkan pada bidang pendidikan. Karena pendidikan menurut Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Namun pada era pandemi saat ini suasana belajar dan proses pembelajaran menggunakan daring. Kita dituntut untuk dapat mengondisikan atas terjadinya fenomena ini. Bagaimana pembelajaran dapat berjalan lancar dan sukses.

Pembelajaran secara daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat pedagogi atau alat bantu pendidikan yang memungkinkan harus menggunakan akses internet dan teknologi informasi yang baik untuk menjadi fasilitas dalam pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui interaksi yang dilakukan.

Perkembangan teknologi pada zaman era modern ini sangatlah pesat hingga mampu mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia, bahkan sudah masuk hingga ke desa-desa terpencil. Sehingga memberikan banyak manfaat dan kemajuan di berbagai aspek. Perkembangan ini tentu merupakan sebuah keniscayaan karena semakin mudahnya pemanfaatan teknologi ini dapat diakses dan didapatkan oleh masyarakat. karena itu, informasi yang berkembang di masyarakat menjadi sangat cepat didapatkan dan tersebar dengan massif sehingga masyarakat menjadi tercerahkan dan peradaban pun berkembang.

Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam. Bahkan menit atau detik terutama berkaitan dengan teknologi elektronika. Penggunaan teknologi oleh manusia dalam membantu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Penggunaan teknologi pada saat pandemi ini sangat banyak sekali. Seperti yang sudah kita tahu salah satu teknologinya adalah handphone. Handphone merupakan teknologi yang rata-rata semua orang dapat memilikinya. Dengan handphone semua orang dapat mengakses banyak hal. Mengakses tentang bagaimana keadaan di negara-negara lain, informasi-informasi di belahan dunia.

Kita harus bisa menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya saat ini, karena dengan situasi pandemi seperti ini dapat memunculkan ide-ide kreatif, membuka peluang meningkatkan kreativitas bagi kita dengan membuat konten-konten yang menarik. Dengan terinspirasi dari berbagai konten yang unik yang ada di dunia maya, dapat meningkatkan kreativitas.

Yang dulunya tidak bisa menggunakan serta memanfaatkan teknologi yang ada, di masa pandemi ini kita dituntut menggunakan teknologi yang berkembang saat ini, dengan menggunakan berbagai macam aplikasi-aplikasi yang dapat membantu serta mempermudah dalam kegiatan kita.

Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat ini, mampu digunakan dan dimanfaatkan untuk menjadi penunjang di dalam terselenggaranya proses belajar mengajar secara jarak jauh. Karena teknologi memiliki peranan yang mampu menjadikan proses belajar menjadi efektif dan mampu tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi. Dengan teknologi yang ada akan lebih memiliki manfaat yang luas yang tidak hanya kita gunakan sebagai hiburan, namun juga kita gunakan untuk mengakses setiap pembelajaran menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada dengan baik dan tidak kaku akan teknologi.

Seperti dengan pembelajaran daring saat pandemi ini, banyak sekali teknologi media pembelajaran yang dapat kita gunakan, baik itu pada tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, E-Learning, WhatsApp Grup dan lainnya yang mampu menjadi penunjang fasilitas belajar dari rumah.

Media pembelajaran disebut juga sebagai atau atau sumber belajar yang dapat membantu pendidik dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik. Dalam hal ini, jaringan internet menjadi hal yang paling penting dalam proses pembelajaran yang dilakukan karena tanpa adanya jaringan internet peserta didik tidak dapat mengakses media pembelajaran untuk melakukan pembelajaran.

Kemudian seperti berjualan, kita dapat menggunakan serta memanfaatkan aplikasi yang dapat membantu untuk mempromosikan barang dagangan kita.

Dengan itu semua orang nantinya dapat mengaksesnya. Di masa pandemi ini belanja online juga mulai menjadi gaya hidup masyarakat yang baru, dengan mengandalkan teknologi semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan berbagai macam aplikasi-aplikasi tersebut semua orang dapat melakukan pembelian dengan cara online seperti membeli makanan, mengantarkan barang, dan lainnya.

Penulis: Dosen dan mahasiswa IAIN Batusangkar: Dr. Hj. Demina, M.Pd, Intan Diminiqu Sanda dan Nurhafizah

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hari Santri Nasional Tahun 2021, Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Rapat Persiapan

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi Pendi Pontren Editiawarman gelar rapat persiapan pelaksanaan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Aula Kankemenag, Selasa (14/09/2021).
- Advertisement -

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.
- Advertisement -

Ikut Prihatin Atas Kebakaran Pasar Bawah, Partai Gerindra Bantu 200 Nasi Bungkus

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kebakaran menghanguskan ratusan los tempat menjual berbagai macam kebutuhan harian di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sabtu (11/9/2021) dini hari, telah menimbulkan...

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jabatan Itu Amanah, Jangan Kau Minta Apalagi Beli

Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis melarang umatnya untuk meminta jabatan. Rasulullah juga enggan memberikan jabatan kepada orang yang meminta jabatan dan rakus.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Manajemen Kesehatan Diri Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemik merupakan penyebaran luas (mendunia) penyakit baru yang disebabkan agen biologis. Pandemik memiliki beberapa karakteristik yaitu merupakan penyakit baru (paling sering: zoonosis, penyakit akibat virus), penyebaran tingkat global dan sebagian besar mayarakat tidak memiliki kekebalan tubuh.

Gorengan Politik

Pernah mencoba makan goreng pisang? Bagaimana, enak bukan? Apalagi dimakan saat hari hujan ditemani segelas kopi bersama kawan, sensasinya sungguh nikmat sekali. Momen indah, yang ingin terus terulang.

Yang Heboh Sudah Terbiasa Bikin Heboh

Tadi malam agak beda pula informasinya. Pemberitaan di salah satu media online menyebutkan KPK sedang OTT di Sumbar. Bahkan langsung mengarah kepada Pemprov Sumbar. “Bakalisiak” pula semua orang dibuatnya. Sehingga yang tenang jadi heboh.

Buya Mahyeldi Profesional Lantik Pejabat

Agaknya dua puluh empat jam gerak-gerik Buya Mahyeldi selalu di pantau. Diperhatikan betul, tak berkedip mata dibuatnya. Kebijakanya selalu di sorot dan di preteli satu persatu. Sepertinya terlalu berlebihan akan tetapi diambil saja sisi positifnya. Banyak yang perhatian kepada Buya Mahyeldi

Era Industri 4.0 Dikhawatirkan Menggerus Nilai-Nilai Kemanusiaan

Jakarta,BeritaSumbar.com. – Dunia pendidikan saat ini sedang mengalami masalah yang serius. Dengan perubahan Ilmu Pendidikan dan Teknologi (Iptek) yang sangat cepat dan kompleks.

Pemberdayaan PKK Dalam Meningkatkan Self Management Terkait Pandemik Covid-19 Di Jorong Bansa

Pandemik Covid 19 berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan baik dimensi bio, psiko, sosio, ekonomi, spiritual dan kultural. Infeksi virus SARS-CoV-2 (coronavirus) sebagai penyakit infeksi baru yang belum diketahui obatnya, menyerang secara tiba-tiba dengan penularan dan penyebaran progresif yang cepat mengakibatkan kecemasan dan ketakutan hampir diseluruh lapisan masyarakat.

Surat Untuk Pejabat Daerah Kabupaten Solok

Bismillahirrohmanirrahim. Dengan segala ketulusan ketulusan dan kecintaan kepada Kabupaten Solok, demi kesetiaan serta pengabdian kepada Ibu Pertiwi. Semuanya berlalu begitu saja tanpa rasa berdosa merayakan kemerdekaan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Solok 18 Agustus 2021.

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -