30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Siapkan Ranperda Pembentukan Kelurahan Baru
P

Kategori -

Rencana pembentukan kelurahan baru di Kota Payakumbuh bakal terealisir. Pemko melalui Bagian Pemerintahan Setdako sudah menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembentukan Kelurahan Baru tersebut, untuk selanjutnya akan diserahkan ke DPRD, Januari ini. Tahap pertama, 25 kelurahan digabung menjadi 11 kelurahan baru.

Pembentukan kelurahan baru di Payakumbuh, bukan berarti 76 kelurahan yang ada sekarang bakal bertambah. Melainkan, bakal diciutkan atau dikurangi menjadi 40-an kelurahan. “Ya, idealnya kota Payakumbuh dengan penduduk sekitar 120 ribu jiwa, hanya punya 41 atau 43 kelurahan saja,” jelas Walikota Payakumbuh Riza Falepi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (13/1).

Sosialisasi penggabungan kelurahan itu sudah dilakukan, pasca lahirnya Perda Kota Payakumbuh Nomor 7 Tahun 2013, tentang Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Kelurahan, pertengahan 2013. Secara maraton Tim Penggabungan Sosialisasi P3K (Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan), dipimpin Asisten I Yoherman dan Kabag Tapem Erwan, turun ke kecamatan-kecamatan. Menyampaikan rencana penggabungan kelurahan kepada masyarakat.

“Tokoh masyarakat, meliputi unsur ninik mamak, cendiakawan, tokoh agama, pemuda, bundo kanduang dan sejumlah elemen masyarakat lainnya, sudah menerima penggabungan dan nama kelurahan baru tersebut,” jelas Assiten I Yoherman, secara terpisah.

Di Kecamatan Payakumbuh Utara, kelurahan yang telah sepakat digabungkan menjadi satu, Nan Kodok, Payolinyam dan Kaniang Bukik. Nama kelurahannya berubah menjadi Tigo Koto Dibaruah dengan pusat pemerintahan di Nan Kodok.

Kemudian Kelurahan Tambago dan Payonibuang berubah menjadi Kelurahan Taratak Padang Kampuang dengan pusat pemerintahannya di Payonibuang. Tiga kelurahan lainnya, Talawi, Balai Batuang dan Tanjung Anau, berubah nama menjadi Kelurahan Ompang Tanah Sirah dengan pusat pemerintahan di Balai Batuang.

Di Kecamatan Payakumbuh Barat, Kelurahan Nunang dan Daya Bangun menjadi satu dengan nama Kelurahan Nunang Daya Bangun dengan pusat pemerintahan di Nunang. Kemudian Kelurahan Padang Tinggi bergabung dengan Piliang, dengan nama Kelurahan Padang Tinggi Piliang dan pusat pemerintahan di Padang Tinggi.

Di Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kelurahan Kapalo Koto disatukan dengan Ampangan, dengan nama Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, dan pusat pemerintahan di Ampangan. Kelurahan Koto Tuo bersatu dengan Limo kampuang dengan nama baru Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang, dan pusat pemerintahan di Limo Kampuang.

Di Kecamatan Payakumbuh Timur, Balai Batimah, Balai Nan Tuo dan Ranah, setelah disatukan menjadi Kelurahan Tiakar dengan pusat pemerintahan di Balai Batimah. Kelurahan Sicincin Hilia dan Sicincin Mudiak bergabung dengan nama baru Kelurahan Sicincin dengan pusat pemerintahan di Sicincin Hilia. Kemudian, Padang Tiaka Hilir dan Padang Tiaka Mudik disatukan dengan nama baru Kelurahan Padang Tiakar dengan pusat pemerintahan di Padang Tiakar Hilir. Berikutnya, Kelurahan Padang Alai dan Bodi disatukan dengan nama baru Kelurahan Padang Alai Bodi dan pusat pemerintahan di Bodi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -