25.4 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Payakumbuh Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2020
P

Kategori -

Payakumbuh — Pemerintah Kota Payakumbuh siap menyukseskan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Sumatera Barat mendatang. Mulai dari mendukung berjalannya aturan-aturan penyelenggara, menegakkan aturan bagi sarana prasarana pemerintah yang tidak boleh dipakai oleh pasangan calon sebagai sarana kampanye.

“Untuk sekarang ini kita akan melaksanakan monitoring, kemudian melihat dan mengevaluasi benar, baru lah mengambil tindakan. Kita akan membantu KPU sebagai pelaksana dan Bawaslu sebagai pengawas, segala bantuan akan dipandu oleh instansi kita sesuai tupoksinya,” kata Wali Kota Riza Falepi diwakili Asisten III Amriul Dt. Karayiang didampingi Kakankesbangpol Budhy D. Permana kepada media usai rapat koordinasi di Kantor Bawaslu Kota Payakumbuh, Senin (5/10).

Amriul mencontohkan seperti Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar di beberapa titik di Payakumbuh, bila dipasang tinggi maka akan dibantu mobil Crane Dinas PUPR menurunkannya bersama petugas Satpol PP, kemudian juga termasuk Dinas Lingkungan Hidup menegakkan Perda yang berlaku untuk kawasan taman kota dan jalur hijau tidak boleh ada APK yang terpasang.

“Intinya, dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini, meski di tengah pandemi Covid-19 aturan-aturan yang sudah ada jangan sampai dilendo saja, harus dipatuhi demi terlaksananya Pilkada aman, damai, dan sehat,” kata Amriul.

Amriul juga menyampaikan hal penting, terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada. Dimana meski sudah ada undang-undang dan peraturan yang mengikat ASN untuk tidak mengikuti kegiatan kampanye pasangan calon, namun nantinya khusus ada ASN yang harus ikut dalam kegiatan kampanye.

“Contohnya ASN Kesbangpol, Dishub, Satpol PP, termasuk juga organisasi ASN lainnya dalam tugas PPE (Pengamat Pemantau Evaluasi) Pilkada. Jadi ASN harus semuanya netral, tetapi ada beberapa orang yang harus ikut melaksanakan kegiatan Pilkada ini, yang penting, dia tidak menggunakan atribut partai politik dan pasangan calon. Kalau dia memakai itu berarti ada unsur keberpihakan,” kata Amriul.

Sementara itu Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal menambahkan angka partisiapasi pemilih di Kota Payakumbuh berada di angka 84 persen pada Pileg 2019 lalu, target pada Pilkada 2020 kali ini tetap akan dikejar melebihi target yang diminta KPU RI sebesar 77,5 persen.

“Ada 88849 pemilih di Payakumbuh, kita tentu berharap dapat memfasilitasi seluruhnya menyalurkan hak suara mereka dalam pesta demokrasi mendatang,” kata Haidi.

Ditambahkannya, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Payakumbuh saat ini mengalami penurunan karena memang ada pembatasan jumlah pemilih per TPS akibat Pandemi Covid-19.

“Kalau kemarin itu maksimal 300 pemilih per TPS, saat maksimal 500 orang per TPS. Akhirnya jumlah TPS saat ini ada 246 buah, sementara pada Pileg 2019 lalu 341 TPS,” pungkasnya.

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhammad Khadafi turut menyampaikan harapan kepada setiap warga Kota Payakumbuh dalam pemilihan kepala daerah 2020 ikut aktif melakukan pengawasan dengan menunjukkan kepeduliannya melaporkan dan memantau aksi-aksi ataupun tindakan baik itu dari pasangan calon maupun tim pemenangan yang akan menciderai Pilkada aman, damai, dan sehat ini. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -