26 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Lima Puluh Kota Ajukan Dana Rehab Rekon Pasca Bencana 42 Miliar Ke BNPB
P

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com– Untuk penanganan pascabencana yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota sejak beberapa tahun terakhir, Bupati setempat mengajukan anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi ke Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan dibutuhkan anggaran sebanyak Rp.42 milliar lebih untuk rehabilitasi dan rekonstruksi berbagai sektor yaitu perumahan, infrastruktur, sosial, ekonomi dan sektor lintas.

“Untuk menanggulangi kerugian masyarakat dan daerah di berbagai sektor itu, pihak Pemkab Lima Puluh Kota tengah berupaya meminta bantuan kepada BNPB di Jakarta,” ungkapnya baru-baru ini.

Ia mengakui, kunjungan ke BNPB pada Rabu (24/3/2021) dia didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota, Joni Amir dan Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rahmadinol, berhasil bertatap muka langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat di Jakarta, Letjen TNI Doni Monardo di ruang kerjanya didampingi Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Rifai dan dan Kepada Pusdatikom, Radytia.

Kunjungan resmi ke BNPB Pusat tersebut, ulas Bupati berlangsung dengan SOP protokol kesehatan secara ketat.

“Kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat di Jakarta, Letjen TNI Doni Monardo, kami menjelaskan secara detail kondisi Kabupaten Lima Puluh Kota yang tercatat sebagai daerah rawan bencana,” katanya

Ia mengakui, selain menginformasikan dan melaporkan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah rawan bencana, orang nomor satu itu juga melaporkan kerugian masyarakat dan daerah pascabencana alam yang terjadi tahun 2019 lalu di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kita sudah serahkan laporan tertulis terkait bencana alam tanah longsor, puting beliung, tanah bergerak, galodo, banjir bandang, kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah kawasan kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota selama tahun 2019 lalu, yang menyebabkan kerugian harta benda yang luar biasa yang dialami masyarakat dan daerah,” pungkasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota Joni Amir membenarkan kunjungan ke BNPB.

“Kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Bupati Safaruddin melaporkan kondisi daerah Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai daerah yang rawan bencana,” ujarnya.

Menurutnya tidak hanya melaporkan kondisi Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai daerah yang rawan bencana, namun juga menyampaikan harapan kepada Kepala BNPB di Jakarta, Letjen TNI Doni Monardo agar Kabupaten Limapuluh Kota diberikan kucuran dana bantuan rehabilitasi dan rekontruksi sebanyak Rp42 Miliar untuk penanggulangan pascabencana yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota pada tahun 2019 lalu.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo berpesan menyampaikan arahan kepada semua, baik itu masyarakat maupun pemerintah daerah untuk selalu memperhatikan daerahnya masing-masing terutama terhadap lingkungan.

“Mari kita sama-sama peduli terhadap lingkungan. Kuncinya, tentu kebersamaan semua pihak. Menyangkut dengan alam Kabupaten Limapuluh Kota yang indah masih banyak pihak-pihak yang merusaknya, ini sudah kami lihat melalui foto udara. Banyak lahan hutan yang rusak. Berkaitan dengan bantuan pascabencana 2019, tentu kita akan kaji sesuai dengan proposal yang diajukan daerah. Kalau sudah terpenuhi kelengkapannya, kita akan menfasilitasinya,” ungkap Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo seperti ditirukan Bupati Safaruddin Dt Bandari Rajo. (Tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Anggota Satgas TMMD Lakukan Kunjungan Terakhir Ke SDN 01 Talang Maur

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com, - Di hari terakhir penugasan, anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mengunjungi SDN 01 Talang Maur untuk menjalin tali silaturahmi dengan para guru disana, Rabu (14/7/2021).
- Advertisement -