25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Lima Puluh Kota Ajukan Dana Rehab Rekon Pasca Bencana 42 Miliar Ke BNPB
P

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com– Untuk penanganan pascabencana yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota sejak beberapa tahun terakhir, Bupati setempat mengajukan anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi ke Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan dibutuhkan anggaran sebanyak Rp.42 milliar lebih untuk rehabilitasi dan rekonstruksi berbagai sektor yaitu perumahan, infrastruktur, sosial, ekonomi dan sektor lintas.

“Untuk menanggulangi kerugian masyarakat dan daerah di berbagai sektor itu, pihak Pemkab Lima Puluh Kota tengah berupaya meminta bantuan kepada BNPB di Jakarta,” ungkapnya baru-baru ini.

Ia mengakui, kunjungan ke BNPB pada Rabu (24/3/2021) dia didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota, Joni Amir dan Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rahmadinol, berhasil bertatap muka langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat di Jakarta, Letjen TNI Doni Monardo di ruang kerjanya didampingi Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Rifai dan dan Kepada Pusdatikom, Radytia.

Kunjungan resmi ke BNPB Pusat tersebut, ulas Bupati berlangsung dengan SOP protokol kesehatan secara ketat.

“Kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat di Jakarta, Letjen TNI Doni Monardo, kami menjelaskan secara detail kondisi Kabupaten Lima Puluh Kota yang tercatat sebagai daerah rawan bencana,” katanya

Ia mengakui, selain menginformasikan dan melaporkan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah rawan bencana, orang nomor satu itu juga melaporkan kerugian masyarakat dan daerah pascabencana alam yang terjadi tahun 2019 lalu di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kita sudah serahkan laporan tertulis terkait bencana alam tanah longsor, puting beliung, tanah bergerak, galodo, banjir bandang, kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah kawasan kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota selama tahun 2019 lalu, yang menyebabkan kerugian harta benda yang luar biasa yang dialami masyarakat dan daerah,” pungkasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota Joni Amir membenarkan kunjungan ke BNPB.

“Kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Bupati Safaruddin melaporkan kondisi daerah Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai daerah yang rawan bencana,” ujarnya.

Menurutnya tidak hanya melaporkan kondisi Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai daerah yang rawan bencana, namun juga menyampaikan harapan kepada Kepala BNPB di Jakarta, Letjen TNI Doni Monardo agar Kabupaten Limapuluh Kota diberikan kucuran dana bantuan rehabilitasi dan rekontruksi sebanyak Rp42 Miliar untuk penanggulangan pascabencana yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota pada tahun 2019 lalu.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo berpesan menyampaikan arahan kepada semua, baik itu masyarakat maupun pemerintah daerah untuk selalu memperhatikan daerahnya masing-masing terutama terhadap lingkungan.

“Mari kita sama-sama peduli terhadap lingkungan. Kuncinya, tentu kebersamaan semua pihak. Menyangkut dengan alam Kabupaten Limapuluh Kota yang indah masih banyak pihak-pihak yang merusaknya, ini sudah kami lihat melalui foto udara. Banyak lahan hutan yang rusak. Berkaitan dengan bantuan pascabencana 2019, tentu kita akan kaji sesuai dengan proposal yang diajukan daerah. Kalau sudah terpenuhi kelengkapannya, kita akan menfasilitasinya,” ungkap Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo seperti ditirukan Bupati Safaruddin Dt Bandari Rajo. (Tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.
- Advertisement -