29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Peluang Menang Kandidat Bupati Limapuluh Kota
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Proses pelaksanaan Pilkada serentak 2020 sudah mulai berjalan. Berbagai tahap baik dari pelaksana, pengawas maupun peserta sudah dilakukan. Di bagian peserta yang ingin bertarung di pilkada 2020 ini dari sosialisasi sampai uji publik dengan berbagai surveypun sudah nampak di lakukan. Berbagai macam lembagai survey sudah bermunculan hasilnya. Tidak lepas untuk Kabupaten Limapuluh Kota yang tahun ini juga ikut pemilihan kepada daerah.
yuk ikuti: “Polling” Siapakah Menurut Pembaca Yang Layak Pimpin Limapuluh Kota Periode Mendatang?
Bagaimana, peluang menang calon-calon bupati yang ada? Untuk menjawab pertanyaan ini, Indikator Politik Indonesia sebagai lembaga survei berpengalaman, kredibel, dan independen yang dipimpin Burhanuddin Muhtadi, MA, Ph.D, telah melakukan survei tentang peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota pada 1 sampai 7 Februari 2020.
Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia tersebut, anggota DPRD Sumbar yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Limapuluh Kota, Darman Sahladi, unggul atau paling tinggi dukungannya dari calon-calon atau kandidat bupati Limapuluh Kota lainnya. Hal ini diakui oleh Peneliti Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo,Ph.D, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Minggu (15/3/2020).
Hendro Prasetyo menjelaskan,   survei peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 1-7 Februari 2020, merupakan survei sikap dan perilaku calon pemilih Limapuluh Kota. Survei dilakukan untuk mengetahui siapa diantara nama-nama tokoh di Limapuluh Kota yang punya peluang paling kuat untuk menang dalam Pilkada, setidaknya kalau diadakan sekarang (1-7 Februari 2020).
“Selain itu, survei digelar untuk mengetahui faktor-faktor penting apa yang berkait dengan pilihan-pilihan tersebut. Sekaligus, memberikan saran siapa diantara calon itu yang paling mungkin menang dan karena itu perlu didukung” tukuk Hendro Prasetyo yang juga alumnus McGill University, Kanada, Amerika Serikat.
Hendro mengatakan,  populasi survei peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota yang dilakukan Indikator Politik Indonesia adalah seluruh warga negara Indonesia di Limapuluh Kota yang punya hak pilih dalam pemilu. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Sedangkan sampel menggunakan metode multistage random sampling.
” Dalam survei ini, jumlah sampel sebanyak 500 orang. Dengan asumsi metode simple random sampling. Ukuran sampel 500 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar lebih kurang 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional,” kata Hendro Prasetyo.
Sosiolog politik  yang mengajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini memaparkan, responden yang terpilih dalam survei peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota, diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara atau tim Indikator Politik Indonesia yang telah dilatih. Sedangkan huality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot chek). “Dalam quality control ini, tidak ditemukan kesalahan berarti,” beber Hendro.
Berdasarkan hasil survei itu, Indikator Politik Indonesia mendapati dua temuan yang menarik untuk dicatat oleh kontestan Pilkada Limapuluh Kota. Pertama, popularitas merupakan hal mendasar dalam politik elektoral. Tidak mungkin dipilih jika tidak dikenal. Namun, populer juga belum tentu dipilih jika ada calon lain yang yang lebih disukai.
“Sementara, berdasarkan temuan survei Indikator, bupati petahana Irfendi Arbi memiliki tingkat popularitas paling tinggi (85,4 %). Kemudian, wakil bupati petahana Ferizal Ridwan (56,7 %) dan Darman Sahladi (50 %). Sementara, nama-nama lain dibawah 50 %.  Diantara calon-calon terpopuler itu, Darman Sahladi disukai oleh 56 % dari yang mengenalnya. Kemudian, Irfendi Arbi 47,5% dan Ferizal Ridwan disukai oleh 42,9 % dari yang mengenalnya,” beber Hendro Prasetyo.
Kedua, temuan survei Indikator Politik Indonesia, tidak semua pemilih tahu/kenal semua kandidat (calon-calon bupati Limapuluh Kota). Ada kalanya, seseorang memilih kandidat tertentu karena belum mengenal kandidat lain. Untuk itu, perlu dibandingkan antara pilihan seluruh responden yang mengetahui nama yang disimulasikan.
“Suara Darman Sahladi tampak meningkat signifikan di kalangan responden yang tahu/kenal nama yang disimulasikan. Artinya, dengan asumsi linear, Darman Sahladi mendapat efek popularitas paling besar,” kata Hendro Prasetyo.
Selain dua temuan di atas, Indikator Politik Indonesia, dalam survei tentang peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota, juga mendapati temuan lain. Diantaranya, jika pemilihan diadakan ketika survei dilakukan, secara spontan, Darman Sahladi paling tinggi dukungannya (9,4 %). Kemudian, Irfendi Arbi (5,9 %), Rizki Kurniawan (5,5 %), dan nama lain, lebih sedikit, dibawah 5 %. Sementara, kebanyakan belum menyebutkan nama 62,5 %.
“Berdasarkan simulasi daftar 25 nama (kandidat bupati yang dilakukan (terhadap responden) dengan semi terbuka, Darman Sahladi paling tinggi dukungannya, mencapai 20 %. Kemudian, Irfendi Arbi (14 %), Rizki Kurniawan (7 %), Ferizal Ridwan (7 %), dan Maskar Musdar Dt Pobo (5,9 %). Nama lain, lebih sedikit, di bawah 5 %. Sementara, (responden) belum menyebutkan nama, 16,3 %,” beber Hendro Prasetyo.
Selain melakukan simulasi daftar 25 nama semi terbuka, tim Indikator Politik Indonesia juga melakukan simulasi tertutup terhadap responden, dengan menyodorkan 8 nama hingga 2 nama. Berdasarkan simulasi tertutup ini, Darman Sahladi selalu unggul, dengan dukungan berkisar 25-36 %, tergantung jumlah dan nama yang dikombinasikan.
“Namun, massa mengambang masih lebih banyak. Pesaing terdekatnya (pesain terdekat Darman Sahladi-red) saat ini ialah Irfendi Arbi, dengan dukungannya berkisar 21-34 %, tergantung jumlah dan nama yang dikombinasikan,” kata Hendro Prasetyo.
Sementara itu, Darman Sahladi mengaku sudah mengetahui hasil survei Indikator Politik Indonesia terkait dengan Pilkada Limapuluh Kota. “Kita tahulah, Indikator adalah lembaga survei yang berpengalaman, kredibel, dan independen. Ini bisa dilihat dari kemampuan Indikator melakukan hitungan cepat dalam Pemilu dan Pilkada yang mendekati real count,” kata Darman Sahladi.
Mantan Ketua DPRD Limapuluh Kota ini mengaku semakin mantap untuk maju dalam Pilkada Limapuluh, setelah melihat hasil survei dari lembaga yang kredibel. “Dengan melihat hasil survei Indikator Politik Indonesia, saya semakin mantap untuk maju dalam Pilkada. Mohon doa restu dan dukungan dari masyarakat,” kata  Darman Sahladi kepada wartawan. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...
- Advertisement -

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...
- Advertisement -