24 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Nan Jombang Dance Company Akan Bawa SangHawa ke Swedia
N

Kategori -

BeritaSumbar.com, PADANG – Grup tari kontemporer asal Sumatera Barat, Nan Jombang Dance Company akan tampil membawakan tari SangHawa pada acara Uppsala Konsert and Kongress K.R.O.P.P, yang akan dilangsungkan dari tanggal 24 – 31 Januari 2017 di Uppsala – Swedia, dengan tema Mensyukuri Raga. Tari SangHawa hasil karya Ery Mefri ini akan disajikan oleh penari Angga Mefri dan Rio Mefri.

Acara ini merupakan pentas internasional, guna mengetengahkan karya konseptual, tari, film, talkshow, lokakarya, dengan tema yang beragam. Dijadwalkan dua hari untuk penampilan koreografi, tarian, seni pertunjukan dan ekspresi tubuh. Nan Jombang Dance Company akan tampil di hari Sabtu, 28 Januari 2017, pada jam 20.00 – 20.40 waktu setempat.

“Tak mungkin ada peluang lagi yang tersisa saat semua wanita tak ingin lagi bernafas ketika bertahta sebelum subuh,” kata Ery Mefri menjelaskan sinopsis dari tari SangHawa, ketika kami wawancarai, 16/1/2017.

Di luar negeri, selain tari SangHawa, Nan Jombang Dance Company juga pernah menampilkan tari kontemporer Minangkabau lainnya, masih karya dari Ery Mefri, seperti; Rantau Berbisik, Sarikaik, Garih ka Pintu, Cangka, Sangketo Kato, Tarian Malam, dan lainnya.

Nan Jombang Dance Company adalah grup tari yang didirikan oleh Ery Mefri. Tarian yang dibawakan oleh Nan Jombang Dance Company biasanya adalah tarian kontemporer Minangkabau hasil karya Ery Mefri.

“Karya-karya tari kontemporer saya berangkat dari kesenian silat dan randai milik Minangkabau, dengan tujuan untuk melestarikan dan mengenalkannya pada nasional dan internasional. Karena saya sangat mencintai Sumarera Barat dengan Minangkabau-nya. Bisa saja pada penampilan Nan Jombang akan membuat para penonton menangis, karena karya yang saya angkat adalah tentang penderitaan-penderitaan yang biasa dialami oleh para wanita,” kata Ery Mefri menambahkan.

Dan Ery Mefri juga mengatakan, “Meskipun Nan Jombang Dance Company berasal dari Padang, Sumatera Barat, ketika kami tampil, negara-negara luar mengakuinya sebagai kekayaan seni tradisi dan budaya milik Indonesia.”

Tari SangHawa sudah sembilan kali ditampilkan pada beberapa negara, di acara; Festival Theater Der Welt di Mulheim An Der Rurhr Und Essen – Jerman (Juni 2010), Darwin Festival – Australia (Agustus 2010), Caims Festival – Australia (September 2010), Brisbane Festival – Australia (September 2010), OzAsia Festival – Australia (September 2010), Malay Culture Fest – Singapura (Oktober 2014), Asean Performing Arts Markest – Jepang (Juli 2016), Galeri Indonesia Kaya – Jakarta (November 2016), dan juga baru saja ditampilkan pada acara @merika – Jakarta (November 2016).

Selain Nan Jombang Dance Company, acara ini juga akan menampilkan Project O dari Inggris, Tove Sahlin / Shake It Collaboration dari Stockholm, VestAndPage (Verena Stenke and Andrea Pagnes) dari Italia, dan SU-EN dari Jepang.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).
- Advertisement -

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...
- Advertisement -

Cek Posko Operasi Ketupat Singgalang 2021, Ini Imbauan Forkopinda Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sijunjung melakukan pengecekan kesiapan Posko Sekat Operasi Ketupat Singgalang 2021 di perbatasan Sumbar Riau, tepatnya di...

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -