28.4 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang
M

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Pada hari jum’at (27/11) Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari Pasar Rabu Tani – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (PRT – KMDM), Tim Pusat Tanggap Bencana (PTB) LPPM Unand, serta dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang.  Berdasarkan data di Instagram  @pandemictalks pada tanggal 27 Nov 2020 Indonesia berhasil memecahkan dua rekor sekaligus terkait jumlah kasus harian COVID-19 yang telah menembus angka 5.828 kasus dalam sehari dan angka kematian harian sebanyak 169 orang. Sehingga apabila di kalkulasi berarti setiap jam ada 242 kasus baru ada 7 orang Indonesa meninggal karena COVID-19.

Data tersebut membuktikan masih sangat diperlukannya menumbuhkan kesadaran berbagai elemen masyarakat agar lebih peduli terhadap COVID-19 baik kepada dirinya sendiri dan orang lain dalam mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19. Salah satu kelompok yang berisiko tinggi tertular infeksi COVID-19 adalah anak usia sekolah/TPA.  Berdasarkan hasil observasi langsung di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Amanah Bandarasah, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, hampir sebagian besar anak TPA tidak memakai membawa dan tidak memakai masker.

Data ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Mansur dkk (2020), yang menyatkan bahwa kurangnya pemahaman masih menjadi permasalahan pada anak usia sekolah mengenai gejala COVID-19 dan masih rendahnya sikap anak dalam  upaya perlindungan diri terhadap pandemic. Kondisi ini berpotensi meningkatkan risiko penularannya terhadap anak-anak. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa edukasi adaptasi kegiatan baru dalam menghadapi COVID-19 bagi anak TPA  sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pencegahan terhadap COVID-19 pada anak-anak.

Sebelum melakukan kegiatan pengabdian, tim datang sebelum waktu solat ashar, sebelumnya tim juga berdiskusi dengan salah satu ustadzah di TPA tersebut tentang kondisi masyarakat di sekitar TPA. Tim kemudian melaksanakan ibadah solat ashar terlebih dahulu. Setelah itu acara dibuka oleh Virtuous Setyaka dari PRT KMDM, kemudian dilanjutkan dengan edukasi tentang virus korona, tanda dan gejala, cara pencegahannya yang meliputi mencuci tangan, memakai masker.

Pengabdi menggunakan metode bercerita sambil diselingi kegiatan tanya jawab untuk meningkatkan keterlibatan santri dalam kegiatan penyuluhan.  Penyajian materi dilakukan dengan media banner.  Para Santriwan dan santriwati juga diajak untuk mendemonstrasikan cara mencuci tangan dengan benar.  Edukasi New Normal yang disampaikan oleh Said seorang Mahasiswi Prodi S-1 Keperawatan Unand dengan mengajak para Santri TPA untuk menerapkan gaya hidup baru di era new normal yanitu dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau yang dikenal dengan istilah 3 M. Santri TPA terlihat sangat senang mengikuti kegiatan pendidikan kesehatan tentang COVID-19, santri terlihat sangat antusias.  Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pembagian Paket Sedekah Pangan segar, sehat, dan ramah lingkungan untuk  54 Santri, lima orang Guru, dan seorang Kepala TPA yang dihimpun dari para donatur. 

Ketika mulai dibagikan, diiringi doa dari para Santri untuk para donatur agar senantiasa dilapangkan rezkinya, diberikan kesehatan, serta keselamatan. Sebelum acara ditutup, salah seorang dosen dari Bagian Maternitas Anak yaitu Ns. Arif Rohman Mansur, S.Kep., M.Kep memberikan beberap quiz untuk para Santri, bagi yang berhasil menjawab akan diberikan “Komik Edukasi COVID-19”, sebanyak lima eksemplar komik berhasil didapatkan oleh lima orang Santri TPA. Komik tersebut juga sebagai salah satu media edukasi yang terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan COVID-19. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengingatkan semua pihak tanpa terkecuali agar tetap waspada terhadap penyakit COVID-19 karena virus korona masih ada dan nyata walupun saat ini kita sudah masuk di era new normal.

Penulis: Arif Rohman Mansur

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Mulai Lebih Awal Tender Pengadaan Barang Dan Jasa Tahun Anggaran 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Memulai tender pengadaan barang dan jasa untuk tahun anggaran 2021 lebih awal yaitu sejak Desember lalu, Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), Bagian PBJ & Dalbang Kota Payakumbuh menjadi tempat study tiru beberapa daerah di Pulau Sumatera.
- Advertisement -

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).

Pemko Payakumbuh Mulai Lebih Awal Tender Pengadaan Barang Dan Jasa Tahun Anggaran 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Memulai tender pengadaan barang dan jasa untuk tahun anggaran 2021 lebih awal yaitu sejak Desember lalu, Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), Bagian PBJ & Dalbang Kota Payakumbuh menjadi tempat study tiru beberapa daerah di Pulau Sumatera.
- Advertisement -

Sekda : Jangan Biarkan Warga Menunggu Di Jam Istirahat, Berikan Servis Optimal Kapanpun

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- "Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis bahkan disaat jam istirahat, jangan biarkan meja pelayanan kosong".

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

SIKOCI Helat Festival Mentari

Hari ini Selasa (6/4) sekitar pukul 10.00 WIB, Festival Mentari yang ditaja oleh Serikat Koreografer Cinta Indonesia (Sekoci) akan dibuka di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang. Sepuluh koreografer muda Sumbar siap menampilkan karya terbaik mereka dalam iven tersebut

Boy Rafli Lakukan Orasi Kebangsaan di Malam Anugerah Padang TV Award 2021

Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kerukunan antar warganya. Agar selalu terjaga, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar diminta melakukan orasi kebangsaan untuk kemajuan Sumatera Barat saat menghadiri Malam Anugerah Padang Tv Award 2021 yang digelar pada Jumat, 26 Maret 2021 dari pukul 19.00 - 24.00 WIB di Ballroom - Hotel Pangeran Beach, Jalan Ir. H. Juanda No. 79, Padang.

Gema Keadilan Sumatera Barat Ajak Pemuda Bergerak Bersama Membangun Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,- Bertempat di Kupi Batigo, Gema Keadilan Sumatera Barat mengadakan kegiatan talkshow dengan tema Bergerak Bersama Membangun Sumbar dan Indonesia. Kegiatan ini di hadiri oleh Organisasi Kepemudaan (OKP) dan aktivis mahasiswa yang ada di Sumatera Barat. Adapun pembicara pada kegiatan ini Yanuar Arif Wibowo Pembina DPP Gema Keadilan, Reido Deskumar Ketua DPW Gema Keadilan Sumatera Barat, dan Marta Suhendra Sekretaris KNPI Sumatera Barat.

DPN LPPKI Teken MoU Dengan Universitas Slamet Riyadi

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) yang berkantor pusat di Kota Padang Sumbar menandatangani perjanjian kerjasama (MOU) dengan Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta Propinsi Jawa Tengah, pada hari Rabu 24 Maret 2021

Para Penerima Beasiswa Cendikia Baznas Gelar Pertemuan Dengan Gubernur Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan program temu tokoh Beasiswa Cendekia BAZNAS, para penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS aktivis muda Universitas Andalas bersama Reido Deskumar sebagai mentor mengadakan pertemuan dengan orang yang sangat berpengaruh di Sumatera Barat yaitu Buya Mahyeldi yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat.

DPN LPPKI Menandatangani Perjanjian Kerja Sama Dengan Universitas Nadhlatul Ulama Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) melakukan Perjanjian kerjasama dengan Fakultas Sosial dan Humaniora Univerisitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat dalam Bidang pendidikan pengajaran dan pelatihan tentang pemberdayaan dan perlindungan konsumen. Penandatanganan MOU Kerjasama tersebut berlangsung di Kota Padang Sumbar, Pada hari Sabtu 13/3/ 2021 kemaren.

Gubernur Mahyeldi Minta ASN Dukung Konversi Bank Nagari Menjadi Syariah

Padang,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka percepatan konversi Bank Pembangunam Daerah Sumatera Barat (Sumbar) atau Bank Nagari menjadi bank syariah, Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, meminta dukungan kepada seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

Menjabat diperiodesasi Berat, DPRD Berharap Gubernur Punya Terobosan dan Sinergitas

Padang,BeritaSumbar.com,-Menjadi Gubernur dimasa pandemi dan minimnya anggaran bukanlah suatu yang mudah. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, berharap pasangan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan Audy Joinaldy memiliki terobosan dan sinergitas dengan pelaku usaha serta masyarakat di ranah maupun di rantau.

Pantun Karya ‘Lifya’ Guru SLB Negeri 1 Padang Masuk Buku Rekor MURI Dunia

Padang, - BeritaSumbar.com - Lifya kesehariannya adalah seorang guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang. Dari kebiasaan menulis, ia telah merilis puluhan...
- Advertisement -