24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa KKN Unand Lakukan Pemasangan Lampu PJU Energu Surya di Lokasi Objek Wisata Panorama Balai Balai
M

Kategori -
- Advertisement -

Agam,BeritaSumbar.com,- Sebagai Karya Pengabdian Masyarakat , Mahasiswa KKN Unand Melakukan Pemasangan Lampu PJU Energi Surya Pada Objek Wisata “Panorama Balai Balai” di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua

Banyak daerah di Indonesia yang belum teraliri listrik dengan baik, penyebab hal tersebut dikarenakan beberapa hal seperti kepadatan penduduk yang rendah, sulitnya transportasi , perekonomian yang belum berkembang di daerah tersebut serta lain sebagainya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, dengan meningkatkan tingkat elektrifikasi didaerah tersebut serta upaya pengembangan teknologi energi terbarukan untuk menyelasaikan masalah tersebut. Salah satu energi terbarukan yang sudah mulai banyak digunakan yaitu energi surya, dimana energi ini tidak akan habis ketersediaannya dan juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang dapat diubah menjadi energi listrik, dengan menggunakan Panel surya.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Universitas Andalas Nagari Padang Lua ikut serta membantu pemerintah, dengan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Prof. Ir. Nilda Tri Putri ., ST ., MT., Ph.D., IPU . Maka kami sepakat, untuk melakukan pemasangan Lampu PJU energi surya sebagai salah satu karya pengabdian masyarakat.

Selanjutnya, mahasiswa KKN Unand berkoordinasi serta meminta izin kepada Wali Nagari, Bapak Edison mengenai pemasangan lampu PJU tersebut, Beliau mengizinkan dan mengapresiasi mahasiswa KKN Unand serta memberikan saran untuk pemasangannya yaitu pada rencana objek wisata “Panorama Balai Balai” yang sedang direncanakan di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua.

Setelah melakukan survey tempat dan mendapatkan izin, mahasiswa Unand melakukan pemasangan Lampu PJU Energi Surya tersebut sekaligus serah terima kepada pihak jorong salimpariak pada hari Sabtu tertanggal 21 Agustus 2021 pada objek wisata “Panorama Balai Balai “ yang sedang direncakan di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua.

“Saya wali jorong Salimpariak mewakili masyarakat jorong Salimpariak Nagari Padang Lua mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa/i KKN UNAND atas pemasangan lampu PJU energi surya di lokasi objek wisata “Panorama Balai Balai”.

Pemasangan lampu PJU energi surya ini akan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat maupun pengunjung objek wisata yang berkunjung terutama pada malam hari” ujar Wali Jorong Salimpariak Roni Indra Saputra.

Selain pemasangan lampu PJU energi surya ini, terdapat beberapa program unggulan lainnya dari kelompok KKN Universitas Andalas sebagai karya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan selama 40 hari tersebut.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img