27.1 C
Padang
Kamis, Agustus 11, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi
K

Kategori -
- Advertisement -

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Kuliah Daring mengharuskan mahasiswa beraktivitas dari rumah,agar tidak merasa lelah dan jenuh dengan berbagai kegiatan perkuliahan menggunakan metode Daring, mahasiswa berusaha melakukan hal yang bermanfaat, salah satunya kuliah sambil bekerja guna menambah pengalaman,menambah uang saku, serta menambah link kerja yang pastinya untuk mengisi waktu senggang saat berkuliah.

Pemahaman Kuliah daring sendiri dapat di artikan sebagai, pendidikan formal yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang peserta didiknya serta instruktur (dosen) berada di lokasi terpisah, sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan didalamnya.

Aktifitas kuliah sambil kerja merupakan satu alternatif mahasiswa untuk menambah kegiatan yang memiliki banyak manfaat, namun juga tetap harus bisa membagi antara kuliah dan kerja.tidak lepas dari sosial media,mahasiswa sangat butuh aplikasi sosial media,sebab merupakan bagian untuk bekerja seperti, menjual barang online/online shop dengan menyediakan berbagai barang yang saat itu diminati oleh para konsumen. Tidak hanya itu mahasiswa juga bekerja sebagai penyedia tenaga jasa seperti, tukang ojek, guru private.

Di Indonesia mahasiswa yang kuliah sambil bekerja bukanlah suatu hal yang baru,Bahkan beberapa universitas memiliki program pemberian peluang kerja paruh waktu (part – time) untuk mahasiswanya dengan kriteria tertentu.

Mahasiswa yang memiliki hobi atau kemampuan yang sekiranya akan mereka pikir menghasilkan uang maka banyak mahasiswa yang menjual makanan online dengan sistem Pre-Order yaitu konsumen harus memesan terlebih dahulu beberapa hari sebelum makanan tersedia,Bahkan untuk menarik para konsumen mahasiswa tersebut berinisiatif untuk mengantarkan makan yang di pesan oleh konsumen langsung ke alamat.

Mahasiswa tidak perlu pandang bulu dalam memilih pekerjaan,karena yang mereka pikirkan agar mendapatkan uang saku dan mengisi waktu luang, setelah kuliah mereka mulai bekerja bahkan ketika kuliah pun mereka tetap bekerja karena kuliah dilakukan secara Daring ibarat sambil menyelam minum air. Kuliah tetap dilaksanakan kerja tetap jalan.

Tugas mahasiswa adalah menuntut ilmu setinggi tingginya di perguruan tinggi. Hal ini bertujuan guna mempersiapkan diri untuk memiliki karir yang mempunyai konsekuensi ekonomi dan finansial. Salah satu bentuk persiapan karir yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan bekerja sambilan.

Kuliah sambil kerja biasanya dialami oleh mereka yang fokus untuk belajar dan mengembangkan diri namun belum memiliki pekerjaan tetap yang memadai. Mereka yang kuliah sambil bekerja biasanya memiliki semangat tinggi dan empati yang tinggi kepada orang tua mereka. Meski belum memiliki pekerjaan tetap namun mereka tetap berusaha untuk membiayai pendidikan mereka sendiri.

Setidaknya dengan begitu ia akan meringankan beban orang tua disamping pengalaman kerja tentunya. Dan biasanya baik mereka yang kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja, keduanya memiliki motovasi yang kuat untuk belajar.

Meskipun sebelum adanya Covid 19 dan diberlakukannnya sistem perkuliahan Daring ada mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja namun hal tersebut belum banyak yang melakukannya semenjak terjadinya pandemi Covid 19, dikarenakan sebelumnya mereka masih aktif ke kampus dan melakukan kegiatan di kampus maupun akademik dan non akademik, bagi mahasiswa yang telah kuliah sambil bekerja sebelum perkuliahan Daring sangat bisa di apresiasi karena mereka dapat membagi waktu antara kuliah di kampus dan menyelesaikan segala tugas kuliah dengan waktu mereka bekerja.

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dituntut untuk mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, mulai dari manajemen waktu, kedisiplinan, dan memperhatikan kesehatan fisik.

Kuliah sambil bekerja tentunya akan memberikan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang diperoleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja adalah Dampak positif yang diperoleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja adalah dapat menyalurkan hobi, memiliki pengalaman di luar kelas, memperoleh keterampilan, pengetahuan tentang berbagai macam pekerjaan, dan bertanggung jawab. Selain itu, juga dapat melatih kemandirian dan memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan kuliah.

Dampak positif yang diperoleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja adalah dapat menyalurkan hobi, memiliki pengalaman di luar kelas, memperoleh keterampilan, pengetahuan tentang berbagai macam pekerjaan, dan bertanggung jawab. Selain itu, juga dapat melatih kemandirian dan memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan kuliah.

Oleh sebab itu tak ada salahnya kuliah sambil kerja,apa lagi di masa pandemi Covid 19 dengan sistem perkuliahan Daring,karena sangat banyak memiliki manfaat dan pastinya itu tidak hanya dari segi financial atau keuangan saja namun juga segi kemempuan dan pengalaman, disamping itu mahasiswa juga harus dapat memperhatikan prestasinya dalam perkuliahan,karena sejatinya kuliah tetaplah prioritas tujuan utama,ilmu pengetahuan dan kerja hanya bonus sebagai pengisi waktu luang dan merasakan manfaat dari kuliah sambil bekerja tersebut.

Penulis : Alya Yukha Winona
(Mahasiswi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img